Selasa, 07 Apr 2020 14:31
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pemerintah Tak Berdaya Hadapi Preman Penguasa Lahan Eks HGU Di Deli Serdang

Pemerintah Tak Berdaya Hadapi Preman Penguasa Lahan Eks HGU Di Deli Serdang

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Tony
Sabtu, 14 Des 2019 16:14
Istimewa
Ratusan kios liar dibangun preman di Simpang Jodoh Tembung, Gubsu harusnya panggil Bupati.

Ratusan kios liar dibangun dengan pengawasan para preman di kawasan Simpang Pasar 7 (simpang jodoh) Tembung dan Simpang Pasar 8, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang tutup mata terhadap menjamurnya pembangunan ratusan kios liar tersebut. Para preman tersebut seperti penguasa yang tidak perduli dengan melanggar aturan yang ada.

Beberapa waktu lalu, dengan alasan untuk pelebaran jalan dan melanggar roiland jalan. Tim terpadu Pemkab Deli Serdang yang dipimpin Camat Percut Sei Tuan menurunkan dua unit excavator untuk menggusur dan merubuhkan puluhan kios-kios pedagang di kawasan pasar 7 dan pasar 8 tersebut. Tetapi, pasca penggusuran itu, para preman dengan leluasa menguasai kawasan yang digusur tersebut dan membangun lagi kios-kios dengan melanggar roiland jalan.

"Dulu katanya kios kami digusur karena untuk pelebaran jalan dan melanggar roiland jalan, tetapi sekarang dibangun lagi oleh tukang diawasi oleh para preman di bekas penggusuran itu dan di atas roiland lagi," ujar salah seorang pedagang kiosnya ikut tergusur di kawasan itu kepada wartawan Sabtu (14/12/2019).


Camat Percut Sei Tuan Khairul Azman tidak mau komentar saat dikonfirmasi wartawan terkait munculnya lagi kios-kios baru yang dibangun dengan pengawasan para preman itu.

Saat ditanya kenapa tidak diturunkan lagi excavator untuk menggusur bangunan baru ratusan kios-kios liar di kawasan simpang Pasar 7 dan Simpang Pasar 8 Tembung, Khairul Azman enggan menjawab SMS wartawan.

Dengan penguasaan para preman dan menjamurnya kios- kios liar yang dibangun tanpa ada IMB dan tidak menghasilkan PAD di kawasan simpang Pasar 7 dan Pasar 8 Tembung, para kalangan pun berkomentar miring terhadap kinerja Pemkab Deli Serdang dan khususnya kinerja Camat Percut Sei Tuan Khairul Azman.

Pemkab Deli Serdang khususnya Camat Percut Sei Tuan Khairul Azman Harahap menurut para kalangan jangan melakukan pembiaran pembangunan kios-kios liar yang tanpa IMB di kawasan Pasar 7 dan Pasar 8 Tembung itu.

"Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut harus turun tangan dalam penguasaan para preman di lahan eks HGU di simpang Pasar 7 dan simpang Pasar 8 Tembung, karena kalau ini dibiarkan akan terjadi konflik di lapangan, apa lagi itu tanah eks HGU, yang harus jelas peruntukannya berdasarkan RUTRK," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) Azhari AM Sinik kepada wartawan Jumat (13/12/2019).

Gubernur bisa memanggil Bupati Deli Serdang terkait hal tersebut. Bupati juga harus mengevaluasi kinerja Camat Percut Sei Tuan Khairul Azman yang dinilai tebang pilih terhadap penggusuran puluhan kios pedagang beberapa waktu lalu dan melakukan pembiaran munculnya lagi kios-kios baru di lahan yang baru digusur tersebut.

"Ratusan kios baru di kawasan Simpang Jodoh Tembung harus digusur dan para preman yang mengusai lahan di simpang Pasar 7 dan Pasar 8 Tembung juga harus ditangkap, karena lahan eks HGU yang dikuasai para preman tersebut adalah tanah negara, jadi ada aturannya, jangan main rampas begitu saja," tandasnya.
Editor: Budi

T#g:Eks HGUpasarpremanPtpn2Tembung
Berita Terkait
  • Minggu, 29 Mar 2020 17:29

    Tiga Pilar Jember Sidak Pasar Tanjung, Masyarakat belum patuh imbauan pencegahan Covid-19

    Dalam rangka mengantisipasi meluasnya penularan covid-19 di Kabupaten Jember, Satuan Tugas Percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Jember dipimpin Bupati Jember Faida, didampingi Dandim 0824/Jembe

  • Jumat, 27 Mar 2020 11:27

    Dandim 0824/Jember Pantau Sosialisasi dan Penyemprotan Disinfektan Di Pasar Tegal Besar

    Ragam upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Jember bersama instansi terkait dalam memerangi penularan virus Covid-19.

  • Minggu, 16 Feb 2020 12:16

    Prajurit TNI Yonif 411 Kostrad Bantu Dinas Ketahanan Pangan Merauke Gelar Pasar Murah

    Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG membantu Dinas Ketahanan Pangan Merauke dalam penyelenggaraan pasar

  • Sabtu, 15 Feb 2020 12:15

    Menduga berpotensi korupsi sebesar Rp26 triliun, 6 Warga Sumut adukan Gubernur ke KPK

    PTPN 2 tidak berhak jual lahan eks HGU hanya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur dan dan perhitungan kantor penilai publik (KJPP).

  • Rabu, 12 Feb 2020 09:12

    Tampung Aspirasi Pedagang, Ketua DPRD Sergai Blusukan Ke Pasar Tradisional Bedagai

    Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM meninjau lokasi Pasar Bedagai, Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Selasa siang (11/2/2020).Politi

  • Minggu, 26 Jan 2020 17:36

    Diduga Palak Supir Truk, Pian Nyangkut Di Polsek Bilah Hilir

    Diduga memalak pengemudi truk bermuatan cangkang, Alpian Nasution alias Pian (45), warga Dusun Pekan Kampung Padang, Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, diamankan Polsek Bi

  • Sabtu, 18 Jan 2020 05:18

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Gelar Pasar Murah di Papua

    Dalam rangka menyediakan kebutuhan rumah tangga dengan harga murah dan terjangkau bagi masyarakat yang berada di perbatasan RI-PNG, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (

  • Kamis, 16 Jan 2020 06:36

    Tokoh Masyarakat Wan Helmy Apresiasi Peresmian Pasar Tradisional Simpang Dolok

    Wan Helmy, tokoh masyarakat Simpang Dolok menyambut baik dan merasa bangga dengan keberadaan bangunan pasar tradisional di desanya. Hal itu disampaikannya kepada Utamanews.com saat acara proses peresm

  • Kamis, 09 Jan 2020 18:39

    Masyarakat Pertanyakan Bangunan Pemprovsu Senilai Rp 4 Miliar Di Lahan PTPN II

    Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara telah membangun Unit Sekolah Baru (USB) SMA Negeri I Beringin di Kecamatan Beringin kabupaten Deliserdan

  • Selasa, 07 Jan 2020 15:27

    Satgas Yonif 755 Kostrad Bangun Kembali Pasar Dolog Asmat

    Personel Satgas Yonif 755/Yalet/20/3 Kostrad membangun kembali Pasar Dolog di Kota Agats, Kab. Asmat, Provinsi Papua, yang mengalami kebakaran sangat besar pada tahun lalu. Dalam peristiwa kebakaran d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak