Selasa, 16 Apr 2024 11:51
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Pemerintah Bersama Insan Pers Saling Dukung Atasi Pandemi di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

JAKARTA (utamanews.com)

Oleh: Iman

Jumat, 28 Agu 2020 11:28

Istimewa
Hal yang paling penting saat ini adalah menjaga kesehatan dan keselamatan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kepentingan bersama khususnya demi keluarga.

"Menjaga kesehatan dan keselamatan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kepentingan bersama khususnya keluarga dalam menjalankan profesi menjadi prioriltas. Selain itu, pers diharapkan terus memberitakan hal yang berbobot seputar Covid-19, namun kritik terhadap pemerintah juga perlu dilakukan asal tidak berlebihan", tutur anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo, Kamis (27/8).

Selanjutnya Dewan Pers berharap pemerintah segera melakukan langkah konkret untuk menyelamatkan industri media sebagai pilar keempat demokrasi sekaligus institusi bisnis yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid19.

"Dewan Pers berusaha meyakinkan pemerintah untuk segera membantu industri pers yang terdampak Covid19. Kondisi pers saat ini sangat berat, jika tidak diselamatkan akan terjadi PHK. [bulan] Agustus menjadi titik kritis," ungkap Agus Sudibyo.
Harapan tersebut disampaikankan dalam ajang seri diskusi virtual Forum PWI Jaya bertajuk "Peran Jurnalisme Membangun Optimisme Masyarakat Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru" yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia DKI Jaya (PWI Jaya) dengan dukungan Uzone.id.

"Sejauh ini media berkontribusi positif dalam konteks pandemi. Mungkin menjelang Oktober, di masa Pilkada serentak akan ada sejumlah media yang menyajikan pemberitaan yang condong pada sikap tertentu," sambung Agus.

Selain Agus Sudibyo acara ini juga dihadiri oleh dua pembicara PWI Jaya yakni Irmanto, Wakil Bidang Organisasi PWI Jaya dan Budi Nugraha, kandidat Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Sahid, Jakarta.

Dalam kesempatannya, dua pembicara dari PWI Jaya menegaskan pekerja pers wajib memperhatikan dan menjalankan langkah untuk melindungi wartawan sebagai garda terdepan mencari dan menyusun informasi bagi masyarakat.

"Pers dalam kondisi saat ini, dengan kapasitasnya harus memperhatikan langkah-langkah melindungi wartawan dalam mencari berita, menyusun dan menyajikan berita yang sesuai kaidah jurnalistik sekaligus memupuk optimisme," tutur Budi Nugraha.

Era Adaptasi Baru

Budi Nugraha mengingatkan peranan media massa sangat berpengaruh dalam memberikan edukasi bagi masyarakat karena media sebagai sumber informasi yang aktual diharapkan bisa membangun opini masyarakat untuk tetap menjaga jarak dalam bersosialisasi.

"Media sebagai agen perubahan harus giat mensosialisasikan kebiasaan baru bagi masyarakat sehingga masyarakat membiasakan diri meskipun awalnya awam. Hal ini harus terus menerus disuarakan oleh media," ujarnya.

Tidak bisa dipungkiri, lanjutnya, insan media massa sebagai pekerja profesional juga turut mengkhawatirkan sikap sebagian masyarakat yang masih terkesan kurang peduli dengan situasi pandemi COVID-19.

Senada dengan hal tersebut, Irmanto menuturkan adaptasi kebiasaan baru ini bisa disikapi masyarakat dengan melakukan aktivitas seperti biasa tetapi harus mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan. "Artinya kita dapat melakukan aktivitas seperti sebelum adanya virus ini tetapi dengan cara yang baru dan sedikit berbeda dimana harus menghindari penularan COVID serta menjaga imunitas tubuh," katanya.

Para pembicara kegiatan ini menyoroti banyak hal yang berubah dengan situasi COVID-19 dan era adaptasi kebiasaan baru ini. Kegiatan banyak yang dikurangi sebagai upaya mencegah penularan virus corona. Kebijakan ini turut mempengaruhi cara kerja wartawan dalam mencari berita.

Irmanto mengingatkan dalam kondisi saat ini wartawan seharusnya memperhatikan langkah-langkah dalam memperoleh informasi secara aman di tengah pandemi Covid. "Dengan adanya teknologi saat ini, proses pencarian informasi dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan keamanan diri", tambahnya.

Dia tidak menampik wartawan dituntut mencari berita namun dengan tetap mentaati protokol kesehatan, dan didukung dengan teknologi yang memadai mulai dari work from home (WFH), absen digital, hingga penerapan gaya hidup sehat di masa new normal ini.

Forum PWI Jaya berlangsung selama dua jam diikuti peserta dengan antusias yang menanyakan berbagai hal terkait berbagai kebijakan pemerintah yang telah berupaya keras mengatasi pandemi Covid19 dan upaya media massa dalam menjalankan tugas dan fungsinya di era adaptasi kebiasaan baru.
Editor: Budi

T#g:Pers
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Rabu, 27 Mar 2024 21:07

    Aspers Panglima TNI Membuka Rakornis Bintal 2024

    Aspers Panglima TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., didampingi Kapusbintal TNI Laksma TNI Drs. Ian Hariyawan, CHRMP., membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bintal Tahun 2024, berte


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️