Senin, 09 Des 2019 20:14
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pemberitaan media yang konstruktif dan solutif menentukan suksesnya kebijakan pembangunan Nasional

Pemberitaan media yang konstruktif dan solutif menentukan suksesnya kebijakan pembangunan Nasional

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Rabu, 27 Nov 2019 22:27
Istimewa
Forum Jurnalis Pesantren (FJP) bersama media Kataindonesia, menggelar Diskusi Bareng insan Media bertajuk "Peran Media Mengawal Suksesnya Kebijakan dan Kerja Kabinet Indonesia Maju 5 Tahun Kedepan" di Resto Mega Menteng 1, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (27/11) siang. 

Sebagai upaya membangun optimisme bangsa melalui berbagai pemberitaan yang bersifat konstruktif dan solutif. Tidak saja bagi masyarakat namun juga bagi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf yang saat ini sedang menjalankan masa kepemimpinannya untuk periode kedua.

"Maka saat ini bukan lagi masalah infrastruktur yang jadi prioritas program pembangunan nasional yang harus dibangun namun harus memulai inovasi-inovasi baru demi tercapainya percepatan menuju Indonesia maju, hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran Media dan insan pers serta pegiat media lainnya," ujar Hafyz Marshal selaku Koordinator Forum Jurnalis Pesantren.

Dalam pandangannya, Staff Khusus Presiden dari generasi Milenial Gracia Billy Mambrasar mengatakan generasi milenial harus bisa menjadi gerbang ilmu dan informasi kepada khalayak luas. 


"Mencermati pesatnya teknologi yang berkembang serta prioritas program dan kebijakan di era pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, maka terkait penggunaan media sosial yang masif, menjadi perhatian utama untuk kiranya terus dioptimalkan upaya literasi bagi kebutuhan informasi masyarakat sekaligus meminimalisir maraknya informasi hoaks yang justru kontraproduktif untuk membangun optimisme di tengah masyarakat dalam keterlibatannya atau berkontribusi terhadap keberlanjutan pembangunsn nasional, Inilah yang harus menjadi perhatian dan dibutuhkan peran serta generasi Milenial," kata Billy.

Terkait dengan hal tersebut, Anggota DPR RI F-PDIP Selly Andriany mengatakan, media massa harus memiliki tanggung jawab merespon hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat.

"Media harus menjadi penyeimbang dan memberikan edukasi serta harus menjadi pelayan publik untuk memberikan informasi-informasi yang relevan dan bisa di nikmati masyarakat. Informasi konstruktif dan solutif seharusnya menjadi unggulan bagi media dalam menyajikan berbagai pemberitaan tanpa harus mengenyampingkan peran kontrolnya, artinya media tidak hanya terus mengkritik sebuah kebijakan tapi juga harus jujur menyampaikan sebuah fakta keberhasilan dari sebuah program atau kebijakan, hal ini akan berdampak pada tumbuhnya optimisme ditengah masyarakat", kata Selly.

Sedangkan menurut redaktur pelaksana Liputan6.com Luqman Rimadi, pers punya tanggung jawab kepada masyarakat sebagai agent control dan mendidik serta memberikan kepada masyarakat untuk mendapatkan berita yang murni dan benar.


"Ada berbagai regulasi yang melarang pers memberikan berita yang tidak sesuai fakta, karena jika pers memberikan berita yang tidak sesuai dengan fakta atau hoax maka itu akan mendapatkan sanksi dari regulasi yang ada. Dalam hal ini, Pers memiki pelayanan informasi dengan berbagai kode etik yang harus dijalankan oleh semua jurnalistik, disisi lain pers juga harus ikut berkontribusi untuk suksesnya kepentingan nasional bangsanya", papar Luqman.

Sementara itu, terkait dengan peran millenial dalam kontribusinya terhadap kebijakan program pemerintahan Jokowi, pegiat media sekaligus Tokoh Muda NU Gus Sholah memaparkan hampir di seluruh belahan dunia manapun, anak muda selalu mengambil peran penting dalam setiap momentum perubahan maupun pembangunan di negaranya.

"Kaum muda harus bisa menjadi orang-orang yang selalu berfikir solutif karena dalam diri kaum mudalah, benih-benih intelektualitas itu tumbuh subur dan segar. Kaum muda harus bisa mengkaji setiap permasalahan yang ada supaya bisa membantu bangsa dan Negara, menghadapi bonus demografi harus dimaknai sebagai sebuah peluang yang harus terkelola dengan baik agar tujuan pembangunan nasional tercapai berkat marak dan masifnya keterlibatan kaum muda berkontribusi dalam pembangunan dengan cara cara kreatif dan cepat," ucap Gus Sholah.

Selain berdiskusi, kalangan pegiat media bersama insan pers juga mendeklarasikan gerakan mengawal suksesnya agenda dan kebijakan pembangunan nasional untuk Indonesia Maju yang berisi sebagai berikut:

PERTAMA, Siap Menjaga Persatuan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila Dan Undang- Undang Dasar 1945 serta Kebhinekaan Indonesia.

KEDUA, Siap Melawan Hoax Dengan Memposting Konten Narasi Positif Di Berbagai Lini Media, Guna Menumbuhkan Optimisme Bangsa Mewujudkan Indonesia Maju.

KETIGA, Siap Bergotong Royong Menjaga Kondusifitas Di Ruang Media Publik Demi Suksesnya Kebijakan Pemerintah dan Keberlanjutan Pembangunan 5 Tahun Kedepan Menuju Indonesia Maju.
Editor: Budi

T#g:jurnalis
Berita Terkait
  • Senin, 21 Okt 2019 21:01

    Apresiasi Kinerja Media, Dandim 0209/LB Komsos Dengan Awak Media

    Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso didampingi Pasi Intel Lettu Inf Dedi M Sibarani, Pasiter Kapten Inf Bahdi Siagian, S.Ag, Bamin Unit Intel Sertu Rasyidin Berutu, Bati Komsos Serka Agus Winarko dan

  • Minggu, 20 Okt 2019 13:30

    Dandim dan Bupati Labuhanbatu Mengupah-upah Anak- Anak Kurang Mampu Peserta Sunat Massal

    Sebanyak 78 orang anak yang kurang mampu, yang berdomisili di kecamatan Rantau Utara mengikuti kegiatan sunat massal yang diadakan sekelompok wartawan yang tergabung dalam komunitas Jurnalis Peduli So

  • Kamis, 10 Okt 2019 17:10

    Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso Respon Baik Kegiatan Baksos Jurnalis Peduli Sosial Labuhanbatu

    Komandan Distrik Militer (Dandim) 0209/LB, Letkol Inf. Santoso, sangat merespon dengan baik kegiatan bakti sosial sunat massal dan santunan kaum dhuafa yang akan dilaksanakan panitia Jurnalis Peduli S

  • Kamis, 03 Okt 2019 17:33

    Panitia Kegiatan Jurnalis Peduli Sosial Sambangi Kantor Dispora Labuhanbatu

    Dalam rangka hari jadi Pemkab Labuhanbatu ke 74 dan menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun 2019, Ketua dan Sekjen panitia Jurnalis Labuhanbatu peduli sosial menyambangi Kantor Disporabudpar kab

  • Kamis, 15 Agu 2019 20:15

    Lomba Karya Jurnalistik "Panglima TNI Award 2019"

    Kolaborasi TNI dengan Media Massa banyak memberikan manfaat positif hingga institusi TNI semakin dikenal dan dicintai rakyat. Oleh karena itu, sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih kepada Wartaw

  • Selasa, 13 Agu 2019 14:33

    Sambut HUT RI Ke 74 Pewarta Labura Melaksanakan Diksar Jurnalis

    Dalam Rangka menyambut HUT RI ke 74 , Persatuan Wartawan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Pewarta Labura)  melaksanakan pelatihan dasar jurnalistik dengan mengusung tema "Pelatihan jurnalis untuk sem

  • Jumat, 07 Jun 2019 15:07

    Sodorkan Tautan Berita Online, Prabowo-Sandiaga Melakukan Blunder

    Feri Amsari selaku pengamat hukum tatanegara menilai, bahwa penyertaan link berita daring sebagai bukti gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) tentu akan sangat lemah jika tanpa disertai bukti lain.Tidak

  • Sabtu, 25 Mei 2019 13:45

    FJD Indonesia Peduli, Anak Yatim Piatu Muhammadiyah Dapat Santunan

    Forum Jurnalis Deliserdang (FJD) Indonesia melakukan kegiatan sosial bertajuk FJD Indonesia peduli dengan berbagi bersama anak yatim piatu Umar bin Khatab Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lubuk Pakam, Jum

  • Rabu, 27 Feb 2019 12:47

    Dianggap Kurang Sinergi, Awak Media Boikot Pemberitaan Polres Deli Serdang

    Dianggap kurang bersinergi, sejumlah awak media yang bertugas di Unit Polres Deli Serdang telah memboikot pemberitaan yang dirilis Polres Deli Serdang. Sehingga saat dilakukan paparan kasus di Polres

  • Jumat, 22 Feb 2019 15:12

    AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Jurnalis Saat Munajat 212

    Sejumlah jurnalis menjadi korban kekerasan, intimidasi, dan persekusi oleh massa yang menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak