Senin, 19 Apr 2021 10:21
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pematang Siantar Terlempar dari 10 Besar Kota Toleran, Cipayung Sarankan Ini

Pematang Siantar Terlempar dari 10 Besar Kota Toleran, Cipayung Sarankan Ini

Pematang Siantar (utamanews.com)
Oleh: Sam
Minggu, 28 Feb 2021 09:48
Istimewa
Kelompok Cipayung Pematangsiantar
Seperti yang diketahui bersama bahwa pada 2018 Kota Pematangsiantar menempati urutan ke-3 kota toleran yang ada di Indonesia menurut Setara Institute. 

Seiring berjalannya waktu, Kota Pematangsiantar mengalami kemerosotan dengan terlempar dari 10 besar kota paling toleran di Indonesia.

Merespons hal tersebut, Kelompok Cipayung yang terdiri dari GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), dan PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), menyatakan bahwa hal ini tidak terlepas dari beberapa peristiwa intoleran yang terjadi di Kota Pematangsiantar.

Cipayung melalui Ketua GMKI Pematangsiantar- Simalungun, Juwita Panjaitan menyampaikan bahwa kita harus berefleksi dari kemunduran ini. 


"Melihat persoalan yang terjadi saat ini, penting bagi kita selaku masyarakat untuk tetap menjaga nilai-nilai toleransi dengan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang mampu memperkeruh suasana bermasyarakat," ujar Juwita, dalam siaran pers bersama, Minggu (28/2).

Juwita juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kekondusifan dan keharmonisan sebagai bagian dari tanggung jawab masyarakat itu sendiri.

Senada dengan yang disampaikan Juwita, Liharman Sipayung selaku Ketua Presidium PMKRI Pematangsiantar menyampaikan untuk mengembalikan label 'Siantar Kota Toleran' diperlukan tindakan tindakan konkret bersama pemerintah guna meningkatkan situasi yang damai dan rukun.

"Menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai mahasiswa dan pemuda untuk menjunjung tinggi perbedaan dan toleransi. Oleh karena itu untuk menciptakan suasana yang damai dan rukun, Cipayung tengah menggagas upaya-upaya kampanye toleransi, sembari berharap masyarakat dapat mendukung upaya itu," ungkapnya.


Sementara Ketua GMNI Pematangsiantar, Hexa Hutapea mengungkapkan keprihatianan terhadap kemunduran prestasi ini dan menilai kemunduran tak terlepas dari tanggung jawab pemerintah.

"Ini tak sekedar penurunan peringkat atau ranking, tapi bakal berdampak terhadap kondusivitas di masyarakat, maka dari itu pemerintah harus menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi mahasiswa, dan organisasi kepemudaan," ungkapnya.

Rifky Pratama, Ketua PMII Pematangsiantar mengimbau kita sebagai umat beragama tetap menjaga dan merawat keutuhan NKRI serta kesatuan sikap toleransi dan sikap saling menghargai satu sama lain. "Karena masyarakat Pematangsiantar terdiri dari berbagai suku agama dan budaya, marilah kita bersama merawat Kota Pematangsiantar agar terhindar dari perpecahan," ujar Rifky.

Kelompok Cipayung Pematangsiantar juga mengajak seluruh elemen masyarakat kota Pematangsiantar untuk menjaga kondusifitas, serta meminta tokoh masyarakat membangun komunikasi satu sama lain. Cipayung juga berharap pemerintah Kota Pematangsiantar dapat membuat program yang bisa meningkatkan toleransi.
Editor: Bungaran Saragih

T#g:cipayungNakesPematangsiantarintoleran
Berita Terkait
  • Minggu, 18 Apr 2021 20:48

    2 Pengedar Sabu-Sabu Diringkus Polres Pematang Siantar

    Polres Pematang Siantar meringkus Debok (51) warga Jalan Bola Kaki Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, memiliki Narkotika jenis sabu-sabu, Jumat (16/4/2021).Kapolres Pema

  • Jumat, 16 Apr 2021 17:26

    AKBP Boy Sutan Binanga Siregar Pimpin Wanjak Rikmin Awal Casis Bintara dan Tamtama Polri

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK selaku ketua Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Panda Polda Sumut melaksanakan sidang kelulusan pemeriksaan administrasi awal penerima

  • Jumat, 16 Apr 2021 08:36

    Kantongi Ganja, Putra Diamankan Polres Pematang Siantar

    Seorang Pria bernama Putra (21) warga Nagahuta yang memiliki 2 paket Ganja, diamankan Satresnarkoba Polres Pematang Siantar, Selasa (13/4/2021).

  • Kamis, 15 Apr 2021 15:05

    Polres Pematang Siantar Gelar Operasi "Keselamatan Toba 2021"

    Polres Pematang Siantar melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan Toba 2021 bersama dengan Gabungan TNI di Jalan Mardeka simpang Sudirman Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangs

  • Selasa, 13 Apr 2021 14:13

    Polres Pematang Siantar Ringkus 9 Orang Dari Karaoke Anda

    Satresnarkoba Polres Pematang Siantar melakukan pengerebekan di Karaoke Anda yang diduga kerap dijadikan tempat mengkonsumsi Narkoba jenis Pil Ekstasi dan penari Sexy di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Mer

  • Senin, 12 Apr 2021 18:52

    AKBP Boy SB Siregar Resmikan Posko Pelayanan Publik Terpadu

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK meresmikan Posko Pelayanan Publik Terpadu, yang bertempat di ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pematang Siantar, Se

  • Sabtu, 10 Apr 2021 13:40

    Polres Pematang Siantar Ringkus Indra, Barang Bukti Pil Ekstasi

    Satresnarkoba Polres Pematang Siantar kembali meringkus tersangka bernama Indra (28) warga Jalan Murai, Kota Pematang Siantar kedapatan membawa Narkotika jenis Pil Ekstasi, Kamis (8/4/2021).Berdasarka

  • Jumat, 09 Apr 2021 08:39

    Polres Pematang Siantar Ringkus 2 Pria Pengedar Sabu-Sabu

    Dua pria pengedar Narkoba jenis Sabu-sabu berhasil diringkus oleh Satresnarkoba Polres Pematang Siantar dari dua tempat yang berbeda, Rabu (7/4/2021).

  • Sabtu, 03 Apr 2021 17:03

    Polres Pematang Siantar Ringkus 2 Pria Pemilik Sabu di Belakang Warung Burger

    Polres Pematang Siantar meringkus 2 pria yang memiliki Narkoba jenis Sabu-sabu di Jalan Kartini Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Kamis (1/4/2021).Kapolres Pema

  • Sabtu, 03 Apr 2021 16:03

    Bantu pengamanan ibadah Jumat agung, GMKI Pematangsiantar- Simalungun sebar anggota ke rumah ibadah

    Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun menerjunkan puluhan kadernya untuk membantu kelancaran proses ibadah Jumat agung, 2 April 2021, di beberapa ger

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak