Jumat, 14 Mei 2021 10:04
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pasca Bom Katedral, GMKI Pematangsiantar- Simalungun imbau masayarakat tidak terprovokasi

Pasca Bom Katedral, GMKI Pematangsiantar- Simalungun imbau masayarakat tidak terprovokasi

Pematang Siantar (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 29 Mar 2021 14:19
Istimewa
Ketua dan Sekretaris GMKI Pematangsiantar- Simalungun
Minggu, 28 Maret 2021, telah terjadi aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Bom meledak setelah jemaat gereja melakuakan misa kedua. Hal ini Merupakan tindakan terorisme yang menimbulkan perpecahan dan menebar rasa ketakutan di tengah-tengah masyarakat.

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Pematangsiantar- Simalungun mengecam segala tindakan terorisme yang terjadi.

Juwita Theresia Panjaitan selaku Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun menyatakan, bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja katedral tersebut adalah bentuk tindakan Radikalisme dan terorisme. "Oleh karena itu, Gerakan Mehasiswa Kristen Indonesia Cabang Pematangsiantar- Simalungun meminta aparat kepolisian untuk segrera menangkap kelompok pelaku-pelaku yang sudah berani-beraninya melakukan aksi bom bunuh diri tersebut", ujarnya, Senin (29/3).


GMKI juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi atas kejadian tersebut serta tidak menyebarluaskan konten atau berita yang membuat kalangan masyarakat takut serta tidak menyangkutpautkan kejadian Bom bunuh diri ini ke dalam bentuk agama manapun.

GMKI Pematangsiantar juga mengajak seluruh elemen tokoh-tokoh  masyarakat  yang ada di indonesia untuk bersama-sama menjaga dan merawat kebersamaan serta kerukunan di tengah-tengah masyrakat agar tidak terjadi pecah bela antar umat masyarakat pasca aksi bom bunuh diri ini.

"Saya menilai kepolisian serta BIN dan BNPT perlu bekerja keras dan progresif dalam mengusut tuntas kasus ini. Oleh karena itu saya mengingatkan secara tegas kepada yang bersangkutan untuk kerja keras dan progresif  dalam mengusut tuntas kasus terorisme ini. Menjelang merayakan hari perayaan Paskah dan Puasa agar pihak-pihak kepolisian nantinya memberikan pengamanan yang ketat saat merayakan hari perayaan paskah dan Puasa agar masyarakat dapat melakukan Ibadah dengan khusuk dan tenang," tutup Juwita Theresia Panjaitan Ketua GMKI Pematangsiantar- Simalungun.
Editor: Bungaran Saragih

T#g:GMKImakassarPematangsiantar
Berita Terkait
  • Jumat, 14 Mei 2021 09:24

    Kapolda Sulsel Pantau Pengamanan Gereja pada Perayaan Kenaikan Isa Al-Masih

    Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Merdisyam menyambangi Gereja GPIB Immanuel Makassar Jl. Arief Rate dan Gereja YKI Jl Andalas, Makassar, untuk memantau pengamanan Perayaan Kenaikan Isa Al-Masih, Kamis (13/05/2021).

  • Kamis, 13 Mei 2021 20:03

    AKBP Boy Siregar Pimpin Patroli Skala Besar di Pematang Siantar

    Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dan Kenaikan Isa Almasih Tahun 2021, TNI-Polri menggelar patroli skala besar di wilayah hukum Polres Pematang Siantar, Rabu (12/5/2021).

  • Rabu, 12 Mei 2021 23:52

    AKBP Boy Salurkan Bingkisan Lebaran Kapolda Sumut Kepada Tokoh Agama di Pematangsiantar

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK didampingi oleh Kasat Intelkam AKP Basri Lubis SH menyalurkan bingkisan lebaran Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak

  • Rabu, 12 Mei 2021 08:32

    Polri, TNI, dan Pemko Pematang Siantar Gelar Penyemprotan Disinfektan Skala Besar

    Guna mendukung pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19, bersama unsur 3 Pilar Polri, TNI, dan Pemko Pematang Siantar lakukan penyemprotan Disinfektan Skala Besar dan serentak di beberapa l

  • Senin, 10 Mei 2021 22:40

    GMKI Turun Ke Jalan Tolak Perwa Pematangsiantar No 04 Tahun 2021

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun mengadakan aksi turun kejalan terkait kenaikan Nilai Jual objek Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan tahun 2021-2023, Senin 10 Mei 2021

  • Senin, 10 Mei 2021 21:20

    Kapolres & Forkopimda Kota Pematang Siantar Kunjungi Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK dan Forkopimda Kota Pematang Siantar mengunjungi dan melakukan pengecekan Pos Pengamanan Ops Ketupat Toba 2021 di Wilayah Hukum Polres Pematang Siantar, Senin (10/5/2021).

  • Minggu, 09 Mei 2021 22:19

    Kapolda Sumut dan Kapolres Pematang Siantar Tinjau Pos PAM di Jalan Parapat

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi melaksanakan pengecekan Pos Pam V di Jalan Parapat Simpang Dua, Kelurahan Nagahuta, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (09/05/2021).

  • Minggu, 09 Mei 2021 20:09

    Satresnarkoba Polres Pematang Siantar Ringkus Samuel di Cafe Alaniho

    Satresnarkoba Polres Pematang Siantar meringkus seorang Pria bernama Samuel (23) warga Jalan Handayani, Kota Pematang Siantar, Sabtu (8/5/2021).Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar

  • Minggu, 09 Mei 2021 12:09

    Miliki Sabu-Sabu, Anju Diringkus Polres Pematang Siantar

    Seorang pria yang memiliki 1 paket Narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,40 Gram bernama Anju (28) warga Sibatu-batu diringkus Satresnarkoba Polres Pematang Siantar, Sabtu (8/5/2021).

  • Kamis, 06 Mei 2021 18:16

    AKBP Boy Sutan Siregar dan Ketua Bhayangkari Bagikan Bingkisan Paket Lebaran Idul Fitri

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar Ny. Fifi Boy Siregar menyerahkan Bingkisan Paket Lebaran kepada perwakilan Polres, Pol

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak