Rabu, 20 Mar 2019 15:03
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Panglima TNI dan Kapolri Beramah-Tamah dengan Pengurus MUI Provinsi Riau

Panglima TNI dan Kapolri Beramah-Tamah dengan Pengurus MUI Provinsi Riau

RIAU (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Kamis, 14 Mar 2019 19:14
Puspen TNI
Di hari terakhir kunjungan kerja bersama di Provinsi Riau, pada Kamis pagi, (14/3/2019), Panglima TNI dan Kapolri melaksanakan ramah-tamah dengan jajaran pengurus MUI Provinsi Riau.

Dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Pangeran, Pekanbaru tersebut, Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan berbagai strategi dan capaian yang diraih dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

"Saya masih ingat tahun 2015 saya datang ke Riau, waktu itu asapnya luar biasa pekat. Tebal sekali. Jika kita menyaksikan bersama bagaimana kondisi hari ini, tentu kita harus bersyukur. Alhamdulillah kondisi Riau sekarang sudah sangat baik. Kebakaran hutan dan lahan dapat kita cegah sedini mungkin. Jika terjadi Karhutla pun dapat kita tangani dengan cepat sehingga tidak meluas seperti dulu sebelum tahun 2015", urai Panglima TNI.

Panglima TNI kemudian membeberkan berbagai strategi yang diterapkan TNI dan Polri bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.


Mulai dari edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, mendorong peran aktif masyarakat setempat dalam penanganan Karhutla, mengoptimalkan pelibatan perusahaan pemilik lahan untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan Karhutla, pembuatan kanal air dan sumur di lahan gambut sebagai upaya pencegahan sekaligus untuk mendukung upaya pemadaman, menerapkan berbagai teknologi modifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan buatan, melakukan pemadaman melalui jalur udara, mengoptimalkan peran satelit deteksi Karhutla, sampai dengan menyiagakan personel TNI dan Polri di lokasi-lokasi rawan karhutla untuk mempercepat pemadaman.

"Alhamdulillah upaya kerja keras TNI dan Polri bersama dengan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat tersebut, memberikan hasil yang sangat baik", jelas Panglima TNI.

"Pengalaman dan keberhasilan dalam penanggulangan karhutla tersebut menjadi pengetahuan yang siap ditularkan kepada negara-negara tetangga yang menghadapi permasalahan serupa", tambah Panglima TNI.

Para tokoh agama yang hadir pun sepakat dengan penyampaian Panglima TNI, bahwa penanganan Karhutla telah berjalan dengan sangat baik. Sejak tahun 2016, pencegahan dan penanganan Karhutla di Riau sudah sangat bagus. Sangat jauh jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Kita sangat bersyukur atas capaian tersebut", sambung KH. Mustafa Aqil Siroj.

Sebagai penutup ramah-tamah pagi itu, Panglima TNI menyampaikan harapan kepada para tokoh agama agar turut menyampaikan upaya dan keberhasilan penanggulangan karhutla kepada masyarakat. "Peran tokoh agama menjadi sangat penting di tengah derasnya sebaran berita bohong dalam kehidupan masyarakat. Sampaikan informasi dan kebenaran tersebut kepada masyarakat", pungkas Panglima TNI.

Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Drs. H. Mahyudin M.A., Wakil Ketua MUI Provinsi Riau Prof dr. Akbarizan, didampingi Dr. Saidul Amin, KH. Zulhusni Domo, Drs.Taslim, H. Amri MZ, Dr. Elfiandri. Turut hadir Habib Alwi, KH Mustafa Aqil Siroj, dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto.

Panglima TNI hadir didampingi oleh Waasops Panglima TNI, Waaster Panglima TNI, Danpusbintal TNI, Danrem 031 Riau serta Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Sedangkan Kapolri didampingi oleh Kapolda Riau, Kadivpropam Polri, Dankorbrimob Polri, dan Wakabaintelkam Polri.
Editor: Tommy

T#g:MUI
Berita Terkait
  • Kamis, 06 Des 2018 21:06

    Wali Kota Tebingtinggi Himbau Camat Jadikan MUI Sebagai Mitra Strategis

    Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan mengimbau para Camat di kota Tebingtinggi agar menjadikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan sebagai mitra strategis dalam rangka membangun prinsip-

  • Sabtu, 17 Nov 2018 11:07

    "Ngopi" dengan Aktivis Islam, Kadis Kominfo Labuhanbatu: Bijaklah Dalam Bermedsos

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap, ST, menjadi pembicara pada acara Diskusi Ekslusif 'NGOPI' (Ngobrol Perkembangan Islam) bers

  • Kamis, 26 Jul 2018 19:06

    Kasum TNI Hadiri Tasyakuran Milad MUI ke-43

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI  Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri Tasyakuran Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) k

  • Kamis, 08 Feb 2018 19:28

    MUI Rantau Utara Adakan Kegiatan Kajian Rutin Ke Masyarakat

    Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Kecamatan Rantau Utara berperan aktif di masyarakat dalam membina dan membentuk ummat khususnya masyarakat Labuhanbatu, Rabu (7/2/2018).Ketua MUI Kecamatan Rantau U

  • Kamis, 18 Jan 2018 10:58

    Bupati-Wabup Deliserdang Hadiri Seminar MUI

    Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati H Zainuddin Mars menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deliserdang yang bertemakan "Refleksi MUI De

  • Selasa, 26 Des 2017 12:26

    MUI Komentari Sikap Toko Kue menolak tuliskan Selamat Natal

    Zainut Tauhid Saadi selaku Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), menyatakan MUI tidak dapat melarang ataupun mendukung sikap dari toko kue yang menolak menuliskan ucapan Selamat Natal."MUI t

  • Minggu, 29 Okt 2017 17:09

    MUI Pusat Puji Tengku Erry

    Koordinator Wilayah Sumbagut Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Dr KH Basri Barmanda menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sumut (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, Pemprov Sumut dan

  • Rabu, 30 Agu 2017 16:30

    Fatwa MUI Nomor 24 tahun 2017 nyatakan tindakan Saracen haram

    Majelis Ulama Indonesia(MUI) menyatakan bahwa tindakan sindikat penyebar berita bohong atau "hoax" Saracen di media sosial melanggar syariah dan haram sebagaimana Fatwa MUI.

  • Jumat, 04 Agu 2017 10:14

    Kodim 0824 Kawal dan Sukseskan Imunisasi Measles Rubella

    Bertempat di berbagai Posyandu maupun Puskesmas dan sekolah-sekolah di seluruh wilayah jajaran Kodim 0824 Jember, sejak beberapa minggu yang lalu, telah dilaksanakan pemberian imunisasi measles rubell

  • Rabu, 02 Agu 2017 08:22

    Maruf Amin Minta Dzikir di Istana jadi Agenda Rutin

    Maruf Amin, Ketua Majelis Ulama Indonesia mengharapkan agar Dzikir Kebangsaan rutin diselenggarakan oleh pemerintah di Istana Kepresidenan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak