Senin, 01 Jun 2020 22:01

Pagi tadi Jamaah Al Muhdlor Tulungagung gelar Shalat Id

Jatim (utamanews.com)
Oleh: Dito
Jumat, 22 Mei 2020 12:12
Antara
Jamaah Al Muhdlor yang berpusat di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (22/5/2020), menggelar Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah, dua hari lebih awal dibanding mayoritas muslim lain di Indonesia maupun ketetapan pemerintah.

Kanit Binmas Polsek Sumbergempol, Aiptu Mujito, menyatakan bahwa Shalat Id digelar di Masjid Nur Muhammad di Desa Wates dan menjadi pusat dakwah Al Muhdlor Indonesia. Shalat Id itu diikuti sekitar 40 orang jamaah.

"Kami hanya memantau dan mengamankan jalannya ibadah Shalat Id untuk memastikan pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Jamaah yang datang tidak hanya berasal dari sekitar Desa Wates, namun sebagian juga berasal dari luar daerah.

Jamaah Al Muhdlor sebelumnya juga melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Seperti tradisi NU di pedesaan, para pengikut ajaran Habib Sayyid Ahmad Bin Salim Al Muhdhor ini merayakan Lebaran pertama mereka dengan menggelar kenduri bersama usai Shalat Id yang dilakukan pada pukul 05.30 WIB.

Shalat Id diimami langsung oleh Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor, pengasuh pondok pesantren yang juga putra almarhum Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor dan mengklaim diri memiliki garis turun langsung dengan Nabi Muhammad SAW.

Dalam sesi wawancara dengan Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor, sebelumnya, dijelaskan bahwa perayaan Idul Fitri mereka lakukan lebih awal setelah menjalani puasa Ramadhan selama 30 hari penuh.

"Kami melaksanakan puasa dua hari lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," kata Habib Hamid.

Ia menegaskan pelaksanaan Shalat Id maupun puasa Ramadhan lebih awal itu bukan diputuskan sembarangan.

"Sudah ada hitung-hitungannya berdasar petunjuk ahli Falaq. Keyakinan ini juga sudah diikuti jamaah Al Muhdhor sejak lama, sejak masa Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor masih hidup," kata Habib Hamid.

Namun, ia menegaskan bahwa dirinya dan para jamaah yang menggelar Shalat Id awal tak berkenan diliput media.

"Ibadah itu urusan yang sangat pribadi. Kami ingin menjalani ibadah dengan tenang dan tidak perlu menjadi sorotan yang nantinya justru memicu perdebatan di masyarakat karena kami menjalani ibadah Shalat Id lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," katanya.

Habib Hamid mengatakan penganut ajaran Al Muhdhor tidak hanya ada di Tulungagung dan sekitarnya. Tetapi juga tersebar di sejumlah daerah di Indonesia dan berjejaring hingga di Mesir, Timur Tengah.

"Barometer kami (ajaran Al Muhdhor) dari sana (Timur Tengah)," katanya. 
Editor: Budi

Sumber: Antara

T#g:Al MuhdlorSholat Ied
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Mei 2020 14:04

    Presiden Jokowi Salat Idulfitri di Halaman Wisma Bayurini

    Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Negara Iriana melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (24/5).

  • Jumat, 22 Mei 2020 19:32

    MUI: Jakarta belum aman untuk sholat idul fitri berjamaah

    Kawasan Jakarta masih belum aman untuk pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri secara berjamaah di masjid atau lapangan.

  • Jumat, 22 Mei 2020 17:52

    Forkopimda Tebing Tinggi Rapat Menyikapi Hari Raya Idul Fitri 1441 H Di Tengah Pandemi Covid-19

    Walikota Tebing Tinggi, Kapolres Kota Tebing Tinggi, Dandim 02/04 DS, Sekda Kota Tebing Tinggi, Kepala OPD, Kemenag Kota Tebing Tinggi, MUI Kota Tebing Tinggi, dan Pimpinan Daerah Ormas Islam di Kota

  • Jumat, 22 Mei 2020 17:02

    MUI minta warga yang Mudik tidak ikut sholat berjamaah di masjid

    Jika ada warga yang mudik atau pulang kampung, sebaiknya tidak ikut sholat idul fitri di Mesjid maupun di lapangan terbuka. Ini demi kebaikan bersama.

  • Jumat, 22 Mei 2020 12:22

    Gubernur Gorontalo Shalat Id di rumah

    Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku bahwa ia bersama keluarganya akan melakukan Shalat Idul Fitri 1441 H di rumah saja.

  • Kamis, 21 Mei 2020 15:41

    Terkait Salat Id di tengah pandemi, MUI Sumut minta umat pahami kondisi setempat

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) memperbolehkan umat Islam di Sumut menyelenggarakan Salat Id berjamaah di masjid-masjid.Ketua MUI Sumut Prof H. Abdullah Syah menyatakan bahwa ia m

  • Kamis, 21 Mei 2020 14:01

    Selamatkan Umat dari Wabah Covid-19, MUI minta perayaan hari kemenangan dengan Protokol Kesehatan

    Wabah Kesehatan Covid-19 berdampak pada pembatasan di seluruh sendi kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada perayaan hari kemenangan umat Islam di tahun 2020 atau Idul Fitri 1441 H ini.Menyikapi

  • Rabu, 20 Mei 2020 13:00

    MUI Deli Serdang persilahkan masyarakat sholat idul fitri di masjid

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang mendukung imbauan pemerintah untuk tidak mengadakan sholat idul Fitri berjamaah di lapangan masjid, namun di dalam masjid.

  • Selasa, 19 Mei 2020 20:19

    Dewan Masjid Indonesia minta pengurus masjid di zona merah tak paksakan Salat Id berjemaah

    Pengurus masjid di zona merah penyebaran virus Corona diminta untuk tidak memaksakan diri menggelar salat Idul Fitri berjemaah dan mengikuti anjuran dari pemerintah dan MUI.

  • Rabu, 28 Jun 2017 07:48

    Bashar al-Assad kunjungi pangkalan militer Rusia di Suriah

    Presiden Suriah Bashar al-Assad didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov, mengunjungi sebuah pangkalan udara Rusia di Hmeymim, Suriah barat, Selasa (28/6/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak