Minggu, 19 Sep 2021 15:56
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Oknum Bawaslu ZS Alias AT Terendus Diduga Tidak Netral Dalam Pilkada Labuhanbatu

Oknum Bawaslu ZS Alias AT Terendus Diduga Tidak Netral Dalam Pilkada Labuhanbatu

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 08 Mei 2021 21:58
Istimewa
Mulai terkuak pembocor dokumen resmi Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu yang diterima kuasa hukum Paslon ASRI Nomor urut 03 H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.,MT - Faizal Amri Siregar, ST yang sempat viral di media sosial facebook.

Dimana dokumen tersebut, sebelumnya di terima kuasa hukum ASRI Nomor urut 03, Nasir Wadiansan Harahap dari staf Bawaslu Labuhanbatu saudara Pahmi, Jum'at (7/5/2021) di Kantor Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara.

Menurut, Nasir Wadiansan Harahap kepada awak media ini menuturkan, setelah dokumen resmi itu diterimanya dari Pahmi, selang 2 menit sudah ada yang memposting di media sosial. Anehnya lagi yang memposting foto salinan dokumen itu diduga orang-orang Paslon 02 ERA. Tentunya hal itu membuatnya terkejut dan bertanya-tanya kok bisa dokumen itu beredar di facebook, sementara surat baru diterimanya.


Kejanggalan itu membuatnya curiga, jangan-jangan orang Bawaslu Labuhanbatu yang membagikan dokumen itu kepada orang lain. Praduga Nasir Wadiansan Harahap saat wawancara dengan awak media ini.

Atas kejadian itu Nasir Wadiansan Harahap coba menelusuri dan tidak berselang beberapa lama menemui titik terang, dari data informasi yang dihimpunya diketahui bahwa oknum orang dalam Bawaslu Labuhanbatu yang telah membocorkan dokumen resmi tersebut ke publik melalui whastapp grub Dari Kita Untuk Kita sekira pukul 22:15 Wib.

Dari data yang diperoleh awak media ini, Sabtu (8/5/2021) dari kuasa hukum ASRI Nasir Wadiansan Harahap, diketahui diduga oknum Bawaslu Labuhanbatu yang membagikan dokumen tersebut ke Whastapp grub berinisial ZS alias AT Kordiv Penyelesaian Sengketa yang menjabat sebagai PLH Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Labuhanbatu.


Adapun dokumen resmi yang bocor dan viral dimedia sosial adalah Pemberitahuan Permohonan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Tidak Dapat Di Terima, dengan nomor tanda terima permohonan 001/PS PNM/LG/12 1207/V/2021 yang diajukan oleh Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT dan Amri Siregar, ST.

Terkait temuan data yang diberikan kuasa hukum ASRI Nasir Wadiansan Harahap, ditambah lagi dengan informasi dokumen yang terpublis di media sosial menjadi dasar awak media ini kembali meminta konfirmasi ZS alias AT salah satu oknum Bawaslu kabupaten labuhanbatu yang diduga orang pertama yang membocorkan ke publik melalui pesan whastapp grub

Melalui selulernya ZS alias AT saat dikonfirmasi mengatakan, "Itukan status yang memang harus kita sampaikan ke pemohon dan kita umumkan di papan pengumuman, terkait dengan laporan cepat itu kita berikan ke atas ke pimpinan bawaslu provinsi dan pimpinan bawaslu RI," Jelas ZS


Saat ditanya awak media mengapa dokumen resmi tersebut baru 2 menit diterima kuasa hukum ASRI sudah terpublis dimedia sosial, ZS alias AT mengatakan, "Yang pasti sementara itulah yang bisa kami informasikan, bahwa dokumen itu adalah' kalau teman-teman itu bilang rahasia sebenarnya itu bukan rahasia, karena memang itu status yang sudah dikeluarkan oleh bawaslu, jadi yang pertama diserahkan ke pemohon, kemudian kita publis di papan pengumuman bawaslu dan media SIPS online."

"Ya terhadap itu ya apa namanya itu yang bisa kita sampaikan bahwa tidak ada yang rahasia setelah itu dijadikan status," Ucap ZS seperti berkilah atas pertanyaan awak media ini."

Ditanya kembali lebih dalam oleh awak media, dokumen resmi itu baru diterima kuasa hukum ASRI baru berselang 2 menit, itu sudah terpublis dimedia sosial dan yang yang mempublis itu bukan orang bawaslu, artinya orang diluar bawaslu, jadi yang jadi pertanyaan ini kenapa dokumen itu bisa secepat kilat diterima orang sehingga terpublis?

AZ alias AT mengatakan, "Ya beritanyakan sudah ada, makanya itu yang bisa kita berikan dulu informasinya ya kan, nanti kalau apa kita kabari lagi," Tukas AZ

Adakah abang menfoto dan membagikan salinan surat tersebut ke whastapp grub, Tanya awak media ini, ZS mengatakan kita lagi mendalami itu juga, Ujar ZS menutup komunikasinya.


Diberitakan sebelumnya, "Netralitas Bawaslu Di Pertanyakan, Dokumen Resmi Di Terima Kuasa Hukum ASRI 2 Menit Sudah Beredar Di Facebook"

Netralitas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu di Pertanyakan dalam Pilkada Bupati-Wakil Bupati Labuhanbatu, Pasalnya baru 2 menit surat pemberitahuan di terima kuasa Hukum Paslon ASRI Nomor urut 03 H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.,MT dan Faizal Amri Siregar, Nasir Wadiansan Harahap di Kantor Bawaslu Labuhanbatu sudah beredar di Media Sosial. Anehnya yang memposting surat tersebut diduga orang-orang dari Paslon 02 Era, Jum'at (7/5/2021).

Informasi yang diperoleh awak media ini dari kuasa hukum ASRI Nasir Wadiansan Harahap pertama kali yang memposting foto salinan surat pemberitahuan tersebut akun facebook Bersama Era Kita Bisa dikolom komentar postingan akun Facebook Sugianto, hanya berselang kira-kira 2 menitan waktunya sejak surat itu ada ditangan saya, Kata Nasir di Rantauprapat.


Nasir Wadiansan Harahap kepada awak media ini menuturkan, "Jadi saya sekitar pukul 22:03 wib, ditelepon salah seorang petugas di Bawaslu bernama Fahmi, kata beliau ada surat yang mau disampaikan. Kemudian dipukul 22:14 Wib kita bertemu, dan suratnya kita terima, lalu saya teken surat tanda terima dokumen, terus kita berfoto sekitar pukul 22:20 Wib.

"Setelahnya pihak Bawaslu yang bernama saudara Pahmi dan rekannya itu keluar pulang, Kemudian saya lihat lah isinya ternyata ada surat dari Bawaslu untuk tim kuasa hukum ASRI itu bentuknya permohonan penyelesaian sengketa pemilihan Bupati ditolak." Sambungnya

Alangkah terkejutnya saya ketika teman saya bernama Sugianto melihat ada surat yang baru saya lihat, suratnya itu sudah di posting di Facebook oleh akun yang bernama Bersama Era Kita Bisa dikolom komentar postingannya, jadi Sugianto mengirim sama saya surat yang barusan saya terima tadi yang sudah di posting di Facebook melalui pesan Whastapp, terang Nasir


Katanya lagi, Pada saat menerima surat itu saya bersama teman saudara Azhar Harahap, dia yang ikut dan memfoto waktu serah terima dokumen tersebut, dan Saya tunjukkan surat yang dikirim sama Sugianto ini dengan surat yang saya terima itu sama isinya, kemungkinan sebelum surat ini saya terima sudah ada yang memfoto dokumen ini dan sudah beredar di facebook.

Lebih lanjut Nasir mengatakan, "Terkait postingan tersebut, sangat merugikan ASRI dan ini kita mempertanyakan netralitasnya Bawaslu kenapa ini bisa bocor dan kenapa kok Bawaslu teledor padahal ini dokumen resmi."

Atas kejadian tersebut, Kita akan membahas ini bersama tim kuasa hukum ASRI dan kita akan menempuh jalur hukum karena menurut kita pihak ASRI dirugikan dengan kebocoran dokumen itu, Tegas Nasir.

Terpisah terkait dokumen resmi Bawaslu yang bocor dan beredar di media sosial Facebook awak media ini mengkonfirmasi Ketua Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu, Makmur Munthe melalui pesan Whastappnya mengatakan, "Ijin ketua. Saya lagi dimedan...coba konfirmasi ke Kordiv Sengketa...Zuliandi Simatupang..ini kukirim no hp nya," Sebut Makmur Munthe.

Menindak lanjuti arahan Ketua Bawaslu Makmur Munthe, selanjutnya awak media ini mengkonfirmasi Andi Simatupang selaku Kordiv Sengketa lewat pesan Whastapp. Hingga berita ini diterbitkan redaksi Andi Simatupang belum memberikan jawaban atas pertanyaan awak media walau terlihat tanda centang biru sudah dibaca yang bersangkutan.
Editor: Budi

T#g:Pilkada Labuhanbatu
Berita Terkait
  • Senin, 13 Sep 2021 17:13

    Lantik Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Gubernur Edy Rahmayadi Minta Percepat Serap Anggaran

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan

  • Minggu, 20 Jun 2021 10:10

    Dandim 0209/LB Dinginkan Kapolres Labuhanbatu Saat Marah Di PSU TPS 09

    Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E.M.Tr (Han) sempat mendinginkan emosi Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K., M.H saat marah di lokasi pemungutan suara ulang (PSU) d i

  • Sabtu, 19 Jun 2021 22:49

    Kapolda Sumut: PSU di Labuhanbatu Berjalan Aman dan Kondusif

    Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Pangdam I / Bukut Barisan meninjau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) jilid II Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Sabtu (19/6

  • Jumat, 18 Jun 2021 08:28

    Jelang PSU Pilkada Labuhanbatu, Polsek Kualuh Hulu Lakukan OPS Yustisi

    Personil Polsek Kualuh Hulu melakukan Razia dan Ops Yustisi penyekatan terhadap pengguna jalan yang keluar masuk di Wilayah Polsek Kualuh Hulu dengan sasaran kelompok Masyarakat, OKP, dan Ormas lainny

  • Senin, 14 Jun 2021 06:14

    Jelang PSU Jilid II Pilkada Labuhanbatu Paslon ASRI Diterpa Fitnah Dan Berita Hoaks

    Pemilihan kepala daerah (Pilkada atau Pemilukada) dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif setempat yang memenuhi syarat. Pemilihan kepala daerah dilakukan satu paket bersama denga

  • Minggu, 13 Jun 2021 00:53

    PSU Jilid II, KPU Dan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Harus Profesional Dan Netral

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Labuhanbatu selaku penyelenggara Pilkada Labuhanbatu akan penggelar PSU (Pemungutan Suara Ulang) Jilid II di dua Tempat Pemungutan Suara yakni di TPS 007 d

  • Jumat, 04 Jun 2021 22:44

    KPU Sumut Hanya Melakukan Supervisi Pada Penyelenggaraan PSU Jilid 2 Pilkada Labuhanbatu

    Terkait penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Jilid 2 Pilkada Kabupaten Labuhanbatu di TPS 007 dan TPS 009 di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan berdasarkan keputusan sela Mahkamah

  • Jumat, 04 Jun 2021 15:04

    KPU Labuhanbatu Akan Selenggarakan PSU Jilid 2 Gunakan Sisa Anggaran Yang Ada

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, Wahyudi tegaskan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS yakni TPS 007 dan TPS 009 di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau S

  • Kamis, 03 Jun 2021 21:33

    Mahkamah Konstitusi Putuskan PSU Jilid 2 Pilkada Labuhanbatu, Bukti Penyelenggara Tidak Profesional

    Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar lanjutan sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Serentak Tahun 2020 Pasca Pemungutan Suara Ulang (PSU) 24 April 2021 dengan nomor 141/PHP.BUP-XIX/

  • Minggu, 30 Mei 2021 20:50

    KPU Labuhanbatu Hadirkan Alat Bukti Surat Di MK Salahi Ketentuan

    Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu dalam mengambil alat bukti dari dalam kotak suara tidak melibatkan saksi paslon nomor urut 03 H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T dan Faizal

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak