Jumat, 19 Apr 2024 13:17
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Menelisik Rp1,5 M Anggaran Hari Jadi Ke-13 Kabupaten Batu Bara

Batubara (utamanews.com)

Oleh: Muchlis Aci

Senin, 09 Des 2019 21:49

Muchlis Aci
Lapangan, stand pameran Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, peserta mengisi kegiatan menggunakan pakaian adat dan dokumen KAK/RAB Hari Jadi Batu Bara.
Serangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Batu Bara ke-13 berlangsung selama lima hari, sejak Kamis 5 Desember hingga berakhir hari ini, Senin 9 Desember.

Hari jadi yang diperingati pada setiap tanggal 8 Desember ini ditutup dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batu Bara, Senin (9/12) pagi.

Dari pantauan Utamanews.com, sidang paripurna yang digelar tahun ini tergolong lancar dan aman.

Terkait hal di atas, menelisik anggaran hari jadi Batu Bara sebesar Rp1.599.859.250, diduga banyak kejanggalan. Pasalnya, melihat semua rangkaian kegiatan di lapangan kesannya biasa-biasa saja tidak ada yang permanen. Walaupun berjejer stand pameran yang diisi oleh 43 OPD, namun pengunjung dapat dihitung jari.
Terkait penggunaan anggaran Rp1,5 M lebih itu, harus mengacu kepada Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang tertuang di dalam kontrak. Lalu, harus menganut azas tranparansi, agar tidak menjadi temuan dalam laporan pertanggungjawaban keuangan.

Terpisah, sumber lain mengungkapkan, harus lebih memperhatikan apa saja beban biaya yang dibelanjakan, seperti belanja jasa kantor, belanja jasa pihak ketiga, tenaga ahli, Instruktur, dan jasa nara sumber. Menyusul biaya hiburan artis lokal per-grup Rp25 juta, sementara biaya hiburan artis ibu kota sebesar Rp150 juta.

Kemudiannya lagi, biaya belanja sewa perlengkapan stand pameran, yang dibutuhkan di situ, kursi plastik, kursi sofa VIP, meja serta dekorasi, sampai dengan mesin generator 3 buah.
"Kesimpulannya, panitia Even Organitation (EO) di bawah komando Perusahan CV. Yohara Gemilang gak boleh curang, walau sekecil apapun, harus jujur", ujar nara sumber yang enggan disebut namanya kepada wartawan, di Lima Puluh, Senin (9/12).

Menjawab konfirmasi utamanews.com, tentang biaya stand, dan biaya perlengkapan lainnya, oleh Dinas Pendidikan Batu Bara menjelaskan, ada sebesar Rp6.500.000. "Anggaran tersebut, bersumber dari SMP, biaya itu digunakan untuk ongkos sewa pickup, sewa tambahan tenda belakang, beli deklarasi, termasuk beli makan minum kawan-kawan yang jaga stand", terang Incekli lewat pesan WhatsApp-nya, Minggu (8/12) malam.

"Kito tak paksakan, bervariasi, ado 200, ada 100, trus kawan-kawan dari Disdik, termasuk sayapun (Ilyas) ikut pak," terang Incekli. 

Kembali ditanya, aneh, kenapa OPD ikut terlibat mendanai stand pameran, serta menambah perlengkapan matrial stand, itu kan tak wajar, padahal segala biaya sudah di fasilitas EO.

"Ada bapak (wartawan) dongar yang aneh dari lapangan tentang pameran Disdik.. bagi infonyo yo pak..", jawab ilyas sambil menutup pesannya.
Editor: Ade

T#g:AnggaranBatubaraDisdik
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Rabu, 27 Mar 2024 19:57

    Pj Gubernur Sambut Baik Kejuaraan Golf Amatir di Sumut

    Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyambut baik kejuaraan golf North Sumatera Open yang akan digelar pada 23-25 April 2024. Selain pegolf nasional, kejuaraan ini juga akan diik


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️