Senin, 10 Agu 2020 00:39
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Masyarakat Desa Bagan Dalam Unjuk Rasa Protes Hasil Pilkades, Bupati Zahir Minta Lengkapi Data Kecurangan

Masyarakat Desa Bagan Dalam Unjuk Rasa Protes Hasil Pilkades, Bupati Zahir Minta Lengkapi Data Kecurangan

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Muchlis Aci
Senin, 18 Nov 2019 17:28
Istimewa
Ratusan Warga Desa Bagan Dalam Kecamatan Tanjung Tiram berunjukrasa di kantor Bupati, Jl. Perintis Kemerdekaan Lima Puluh, Batu Bara, Senin (18/11).

Terlihat hari ini, ada sekelompok massa warga masyarakat mendatangi kantor Bupati Batu Bara, terkait adanya indikasi kecurangan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Bagan Dalam.

Sebelumnya, Kamis 14 November 2019, dilaksanakan Pilkdaes Serentak, yang tersebar di 109 Desa, 12 Kecamatan se-kabupaten Batu Bara. Meskipun dikatakan aman, ternyata usai Pilkades serentak, kini  terungkap, ratusan warga desa Bagan Dalam mendatangi kantor Bupati, terkait adanya ditemukan kecurangan Pilkades di desanya.

Ratusan warga berunjuk rasa, langsung disambut oleh Bupati. Orasi mereka mendesak Bupati Zahir segera mengevaluasi kembali hasil kemenangan calon kepala desa Bagan Dalam bernama Drs. Zulkifli.


Menurut salah satu pengunjukrasa, Rozali, kecurangan Pilkades itu dilakukan secara terstruktur, sistematis, masif. "Dan dapat dibuktikan ketika pelaksanaan di hari H, telah terjadi dugaan pelanggaran Undang-Undang, dan peraturan penyelenggaraan Pilkades, beber rozali di hadapan Bupati.

Lalu, bebernya lagi, kami melihat ada warga eksodus dari desa Suka Maju ikut mencoblos, kuat dugaan warga eksodus itu pendukung Cakades incumben. "Dan terus terang, lampiran pembuktian data kecurangan tersebut sudah kami serahkan kepada Kadis PMD", imbuhnya.

Bukan hanya itu, dia menuding, pihak panitia dan penyelenggara diduga lalai menjalankan tugas pokok dan fungsi. Disinyalir ada praktek pengkondisian menjurus kepada pihak Inchumben. "Padahal warga masyarakat rela antrian untuk pencoblosan, walaupun menunggu sampai larut malam dan hingga pukul 3 pagi," pungkasnya.

Dari hasil perolehan suara Pilkades Desa Bagan Dalam, yaitu ;
1) - Zulkifli 566 suara
2) - Abdul Jalil 519 suara
3) - Riswanda 196 suara
4) - Parida Wati 205 suara, dan 
5) - Delvi Ariana 312 suara.


Jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT) Desa Bagan Dalam yang terdaftar sebesar 3133 surat suara. Jumlah suara sah 1797, jumlah surat suara batal ada 5, sisanya ada yang tidak datang.

Di hadapan ratusan warga uang berunjukrasa, Bupati Zahir meminta kepada warga, untuk dapat melengkapi data serta bukti-bukti adanya dugaan kecurangan dalam Pilkades.

"Lengkapilah data dan bukti indikasi kecurangan yang di lakukan oleh cakades yang dimaksud. Berikutnya, ketika sudah dilengkapi adanya temuan tersebut, serahkan kepada yang membidanginya, (PMD). Nanti kita minta agar diproses sesuai aturan yang berlaku", terang Zahir kepada rakyatnya yang berunjuk rasa.

Setelah mendengarkan apa yang disampaikan oleh Bupati, Kemudian masa membubarkan diri dengan tertib tanpa ada menimbulkan kerusuhan.

Sewaktu mau membubarkan diri, massa sempat berucap, "Apabila hasil keputusan laporan adanya dugaan kecurangan yang dilakukan Cakades tidak segera diproses dalam waktu dekat, maka kami warga desa Bagan Dalam akan membawa massa yang lebih besar lagi."
Editor: Ade

T#g:PilkadesZahir
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jun 2020 08:17

    Bupati Batu Bara Menjawab Pandangan Umum Fraksi Terkait Nota Keuangan APBD 2019

    Rapat Paripurna dalam rangka jawaban dan tanggapan Bupati Batu Bara atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Batu Bara terhadap penyampaian nota rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang p

  • Senin, 20 Apr 2020 19:20

    77 TKI Ilegal dari Malaysia mendarat di pesisir pantai Sejarah, Batu Bara

    Kedatangan 77 TKI Ilegal dari Malaysia melalui pesisir pantai sejarah Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir. Setelah diketahui oleh pemerintah setempat, para TKI diamankan lalu dibawa menuju loka

  • Jumat, 17 Apr 2020 18:47

    Lantik 46 Pejabat ASN, Bupati Zahir: Maknai Sudut Kepentingan Organisasi

    Bupati Batu Bara, Zahir, melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Sakti Alam Siregar, Jumat (17/4/2020), melakukan pelantikan 46 pejabat eselon III dan IV, di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Jalan Perintis Ke

  • Senin, 13 Apr 2020 20:43

    Bupati Batu Bara Full Time Dalam Menghadapi Covid-19

    Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir. M.AP mencurahkan sepenuh waktunya dalam menghadapi situasi mewabahnya Covid-19.

  • Selasa, 17 Mar 2020 21:37

    Bupati Zahir Buka MTQ Ke-XIII Tingkat Kabupaten Batu Bara, Ketua DPC FERARI Ingatkan EO

    Musabaqah Tilawatil Qu'ran (MTQ) fundamennya adalah untuk menegakkan nilai- nilai Al Quran dalam kehidupan manusia, sehingga dapat membangun daya kreasi generasi yang Qur'ani dan berakhlakul

  • Rabu, 18 Mar 2020 05:18

    Danramil 0824/05 Sumberjambe Jadi Tim Penyeleksi Kepala Dusun

    Dalam rangka mengisi kekosongan jabatan Salah Satu Kepala Dusun (Kasun) di Desa Sumberpakem Kec Sumberjambe  Kabupaten Jember, dilakukan seleksi perekrutan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. 

  • Senin, 16 Mar 2020 20:16

    Bupati Batu Bara Terima Kunjungan Investor Korea, Mr. Kwanyoung

    Pemerintah Kabupaten Batu Bara, akan memberikan perhatian ekstra terhadap proses perizinan, apa lagi berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi di Batu Bara.

  • Senin, 16 Mar 2020 17:36

    Zahir: Enggan Berjabat Tangan Bukan Berarti Sombong

    Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, M.AP, yang juga politikus PDI Perjuangan menghimbau agar para tenaga pendidik dan kependidikan sebisa mungkin menghindari  kontak langsung. "Bukan berarti kita sombon

  • Sabtu, 29 Feb 2020 05:49

    Kalah Pilkades, Hotber Situmorang Pimpin Unjuk Rasa Dukung Bupati Asahan Tidak Melantik Pemenang

    Hotber Situmorang calon kepala desa yang kalah dalam pemilihan kepala desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang Asahan, memimpin aksi unjuk rasa mendukung Keputusan Bupati Asahan H. Surya, B Sc untuk m

  • Sabtu, 29 Feb 2020 05:29

    Bupati Zahir Teken Penlok di Hadapan Gubsu dan Dirut Pelindo I

    Bupati Batu Bara Ir.H. Zahir, M.AP Tandatangani Penetapan Lokasi (Penlok) pengembangan Pelabuhan Hub Internasional dan Kawasan Industri Kuala Tanjung di hadapan Gubsu Edy Rahmayadi dan Direktur Utama

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak