Jumat, 14 Mei 2021 11:34
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Maraknya Kapal GT 30 di Belawan, Tim Investigasi DPN LKLH Minta Ditpolair Poldasu Menangkap

Maraknya Kapal GT 30 di Belawan, Tim Investigasi DPN LKLH Minta Ditpolair Poldasu Menangkap

Belawan (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Jumat, 01 Jan 2021 07:31
Istimewa
Sejumlah pukat trawl masih marak beroperasi di perairan Belawan, Sumatera Utara. Ironisnya Kapal-kapal tersebut menangkap ikan di zona tangkapan nelayan skala kecil, Sabtu (31/12/2020).

Dalam keterangan persnya Rahmadsyah, Tim Investigasi DPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) mengatakan, belum ada tindakan tegas dari Badan Keamanan Laut (Bakamla RI ) maupun aparat berwenang lain terhadap kapal-kapal pukat trawl tersebut.

Selain itu dia menilai tindakan dari pejabat Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB) selaku Dermaga PPSB di Gabion, yang menjadi tempat bersandar kapal-kapal pukat trawl milik para pengusaha itu setiap harinya.

Kondisi ini menurut dia membuat para aktifis lingkungan sangat resah. Sebab jika terus dibiarkan, biota dan ekosistem laut di perairan Belawan akan berdampak buruk khususnya nelayan kecil menjadi semakin sulit mendapatkan ikan.

"Bagaimana jika kondisi ini terus dibiarkan, ekosistem laut akan rusak dan kehidupan nelayan kecil di wilayah Belawan dipastikan akan sengsara berkepanjangan," tegasnya.


Oleh karena itu saat ini Tim Investigasi DPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) meminta aparat penegak hukum bersikap tegas terhadap kapal pukat trawl yang beroperasi menangkap ikan di perairan Belawan.

"Kami meminta pemerintah bersikap tegas menegakkan Undang-Undang Perikanan, jangan hanya kapal ikan asing saja yang ditangkap, karena pukat trawl pun termasuk illegal fishing," katanya.

Berdasarkan Peraturan Menteri KP No. 71 Tahun 2016 tentang zona dan alat tangkap nelayan, seharusnya berpihak kepada nelayan tradisional atau berskala kecil demi tercapainya kesejahteraan para nelayan. Bukan malah berpihak pada kepentingan para pemodal atau pengusaha kapal pukat trawl.

Selain persoalan pukat trawl nelayan kecil juga masih dihadapkan dengan sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak solar bersubsidi yang hingga kini instansi terkait belum bisa mengatasinya.

"Sementara para nelayan berskala besar pengguna alat tangkap yang salah, justru sangat mudah mendapatkan minyak solar bersubsidi," kesalnya.


Tim Investigasi DPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup ( LKLH ), mengharapkan kepada Ditpolair Polda Sumut, PSDKP Gabion Belawan serta Dinas Perikanan Provinsi Sumatera Utara untuk menindak tegas kapal-kapal pukat trawl, yang menghancurkan biota dan ekosistem laut Selat Malaka sehingga merugikan kaum nelayan kecil.

Pihaknya meminta aparat berwenang menindak tegas terutama terhadap kapal-kapal penangkap ikan 30 GT ke atas yang rata-rata diduga memanipulasi Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Laik Operasi (SLO), dan Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

"Aparat Bakamla jangan hanya menangkap kapal-kapal nelayan asing saja, karena ratusan kapal ikan pukat trawl diduga memanipulasi surat izin, setiap harinya juga menangkap ikan secara ilegal. Di surat izinnya memang tidak menggunakan pukat trawl, kenyataannya saat menangkap ikan di perairan Belawan, kapal-kapal milik pengusaha itu menangkap ikan menggunakan pukat trawl," ungkapnya.

Diketahui, per 1 Januari 2017 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) resmi melarang pukat harimau atau trawl. Berdasarkan Permen KP No 2/2015, penggunaan alat penangkapan ikan trawl dan seine nets yang lebih dikenal sebagai cantrang atau pukat harimau tidak lagi diperbolehkan.

Khusus di wilayah perairan Sumatera Utara, pelarangan penggunaan alat tangkap ikan pukat harimau (trawl) dan pukat tarik (seine nets) tidak lagi diperbolehkan sejak awal tahun 2018.
Editor: Budi

T#g:belawan
Berita Terkait
  • Selasa, 11 Mei 2021 10:51

    Bangun Benteng Cegah Rob, Bobby Ingin Warga Kampung Nelayan Bersuka Cita Rayakan Idul Fitri

    Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan Benny Iskandar dan Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi, mengunjungi warga Lingku

  • Minggu, 02 Mei 2021 12:01

    Wali Kota Medan Dampingi Menteri Perdagangan dan Gubsu Tinjau Pasar Tradisional Belawan

    Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM dampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Muhammad Lutfi dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau pasar tradisional Belawan di Jalan Jawa, Kelurahan Bahari II, Sabtu (1/5/2021) pagi.

  • Minggu, 18 Apr 2021 23:18

    Posko PPKM Berbasis Mikro Terbaik di Wilayah Polres Pelabuhan Belawan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM. mengapresiasi pemberian penghargaan kepada Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Terbaik di wilayah Polres Pelabu

  • Rabu, 07 Apr 2021 14:07

    Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Merupakan Momentum Bangun Sinergi TNI-Polri Dengan Komponen Bangsa

    Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara merupakan sebuah momentum untuk membangun sinergi TNI, Polri dan masyarakat. Latsitarda Nusantara menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa kejuangan,

  • Senin, 05 Apr 2021 21:25

    1.200 Taruna Akpol dan Akmil Tiba di Belawan Ikuti Latsitarda Nusantara

    Sebanyak 1.200 Taruna Akpol dan Akmil setelah berlayar selama empat hari dengan KRI Makassar dari Pelabuhan Semarang akhirnya tiba di Pelabuhan Belawan, Senin (5/4/2021).

  • Sabtu, 27 Mar 2021 07:57

    Medan Dapat Tambahan Kuota 40 Ribu Penerima Bantuan Sosial, Data Muktahir Diperlukan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengatakan, Medan mendapat tambahan kuota 40 ribu keluarga tidak mampu penerima bantuan dari Kementerian Sosial untuk dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

  • Kamis, 18 Mar 2021 19:48

    Perkuat Soliditas, Kapolda Sumut Kunjungan ke Lantamal I Belawan

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi melaksanakan kunjungan ke Lantamal I Belawan yang berada di Jalan Serma Hanafiah Belawan, Kamis (18/03/2021).

  • Jumat, 12 Mar 2021 23:02

    Wali Kota Medan Minta Camat, Lurah dan Kepling Lebih Peduli dengan Kondisi Warganya

    Usai menyerahkan laptop dan modem untuk Pelajar SMP, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengunjungi rumah salah seorang warga yang berada di dalam gang kecil di Jalan Pusara, Sicanang,

  • Selasa, 09 Mar 2021 06:49

    Bobby Nasution Tinjau Vaksinasi Khusus Lansia di Medan Tuntungan dan Belawan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM terus melakukan peninjauan guna memastikan kelancaran dan kesuksesan program vaksinasi di ibu kota Sumatra Utara ini, Senin (8/3), Wali Kota meninjau

  • Senin, 01 Mar 2021 15:01

    Oknum Polisi Polres Belawan Tersangka Pembunuhan Diancam 15 Tahun Penjara

    Polisi akan profesional dalam menangani kasus pembunuhan terhadap wanita muda Rizka Fitria dan Aprilia Cinta dengan tersangka oknum anggota polisi Polres Belawan berpangkat Aipda."Kita tegas dan profe

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak