Rabu, 03 Jun 2020 23:09
  • Home
  • Sosial Budaya
  • LSM Minta Para Kades Transparan & Berdayakan Masyarakat Miskin Dalam Pengelolaan Dana Desa

LSM Minta Para Kades Transparan & Berdayakan Masyarakat Miskin Dalam Pengelolaan Dana Desa

Labura (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 13 Sep 2019 07:13
Istimewa
Darwin Marpaung
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Anggaran (DPD LSM PERKARA)  Kabupaten Labuhanbatu Utara, Darwin Marpaung, meminta para kepala desa se-Labuhanbatu Utara (Labura) agar mengikutsertakan dan memberdayakan  masyarakat miskin dan pemuda yang memiliki SDM dan pengangguran dalam pengelolaan dana desa.

"Hal itu tertulis dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa", tuturnya saat ditemui di kantornya di Perumnas Minimalis Tahap 2 Blok C. No.11 Damuli Pekan. 

Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa.


"Pada Pasal 14 dan Pasal 15 ayat (2) Pelibatan masyarakat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dapat dilakukan melalui musyawarah dusun dan/atau musyawarah khusus unsur masyarakat. (3) Unsur masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (2), antara lain:
a. tokoh adat; 
b. tokoh agama;
c. tokoh masyarakat;
d. tokoh pendidikan;
e. kelompok tani;
f. kelompok nelayan;
g. kelompok perajin;
h. kelompok perempuan;
i. kelompok pemerhati dan pelindungan anak; 
j. kelompok masyarakat miskin;dan
k. kelompok-kelompok masyarakat lain sesuai dengan kondisi sosial 
budaya masyarakat Desa", paparya. 


"Untuk menghindari tuduhan yang tidak pada tempatnya kami berharap para kepala desa transparan dalam pengelolaan anggaran dan menyediakan informasi publik", tambahnya.

Masyarakat boleh meminta data dan informasi yang berkenaan dengan desa, pengelolaan dan realisasi keuangan desa sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Komisi Informasi No.1 Tahun 2018 tentang Informasi Publik Desa.

Masyarakat boleh meminta datanya ke PPID Desa, sebab setiap orang kedudukannya sama di depan hukum dengan alasan untuk meningkatkan pengawasan terhadap Anggaran yang ada di desa dan agar tidak terjadinya kebocoran anggaran desa dan praktek menguntungkan diri sendiri oleh Kepala desa dan perangkat desa.

"Dalam hal ini  masyarakat harus menggunakan haknya sebagaimana telah diatur dalam peraturan tertulis tersebut", tutupnya.

Editor: Budi

T#g:Dana DesaLSMlabura
Berita Terkait
  • Rabu, 03 Jun 2020 18:43

    Besok, Ombudsman RI Kunjungi Dinas PMD Labura Terkait Perekrutan Perangkat Desa

    Tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut akan mengunjungi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk meminta klarifikasi terkait laporan pengaduan masyarakat perih

  • Selasa, 02 Jun 2020 15:12

    DPRD Labura Gelar RDP Bahas Data Bantuan Covid-19

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemerintah Kabupaten Labura pada hari Selasa (2/6/2020) di Aula Rapat Paripurna Kantor DP

  • Jumat, 29 Mei 2020 16:09

    1.081 KK Se-Sosa Terima BLT DD Dampak Pandemi Covid19

    Sebanyak 1.081 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 16 desa se-Kecamatan Sosa di Kabupaten Padang Lawas, dipastikan telah menerima dana Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD)

  • Kamis, 28 Mei 2020 18:48

    Cak Min-Bung Rahmad Debata Raja usung konsep 'new normal' di Pilkada Labura

    Pandemi Covid-19 di Indonesia menyadarkan dan mengajarkan masyarakat bahwa Tahun 2020 adalah lingkungan laboratorium baru dan pengalaman sebagai guru baru yang menghasilkan konsep baru dalam bertahan

  • Rabu, 27 Mei 2020 22:47

    63 Orang Warga Tanjung Bale Terima BLT DD Covid-19

    Sebanyak 63 orang warga Desa Tanjung Bale Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, yang terdampak Pandemi Covid 19, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020.Pr

  • Minggu, 24 Mei 2020 02:24

    Kapolres Sergai: Penyaluran BLT Dana Desa Tahap-I Berjalan Aman dan Kondusif

    Polres Serdang Bedagai kembali mengawal seluruh proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap Pertama di sejumlah lokasi Kantor Desa di wilayah hukum Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat

  • Jumat, 15 Mei 2020 16:05

    Update terbaru kasus Covid-19 di Labuhanbatu Utara

    Saat ini jumlah PDP di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) sebanyak 8 orang, 4 orang sembuh dan  4 orang meninggal dunia. 2 Orang meninggal dalam proses mau dirujuk 1 Orang  meninggal dalam

  • Kamis, 14 Mei 2020 21:04

    LSM Proletar: Dinas PPKB Provsu Diduga Beli NIKE Palsu

    Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Proletar melakukan Investigasi atas pengadaan 60 pasang sepatu olahraga pada dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara Tahun Ang

  • Kamis, 14 Mei 2020 05:14

    DPRD Labura Rekomendasikan W, Kades Perk. Halimbe Diberhentikan Tidak Hormat

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), membuat surat rekomendasi kepada Bupati Labura untuk memberhentikan Sdra. W Kades Perk. Halimbe secara tidak hormat.

  • Selasa, 12 Mei 2020 15:52

    Bupati Labura Himbau Umat Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

    Bupati H. Khairuddin Syah, SE menghimbau umat Islam di Labuhanbatu Utara agar khusuk menjalankan ibadah puasa dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak