Sabtu, 06 Mar 2021 17:32
  • Home
  • Sosial Budaya
  • LSM CIFOR Apresiasi Kejaksaan Negeri Padanglawas Berani Tetapkan 2 Tersangka BOS Afirmasi

LSM CIFOR Apresiasi Kejaksaan Negeri Padanglawas Berani Tetapkan 2 Tersangka BOS Afirmasi

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Minggu, 10 Jan 2021 07:20
Istimewa
Dewan Pimpinan Pusat LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign "CIFOR" melalui Sekjennya, Ismail Alex, MI Perangin-Angin mengapresiasi informasi diperoleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Lawas akhirnya berani tetapkan dua tersangka dugaan tindak pidana korupsi penyuapan dan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian Negara.

 "Atas penetapan tersangka oleh Kajari Padang Lawas, semua pihak harus menghormati setinggi tingginya. Namun, LSM CIFOR mengingatkan walaupun penetapan kedua tersangka telah memenuhi unsur dengan lebih dari dua alat bukti tapi perlu juga melakukan penyidikan lain apakah ada tersangka lain nantinya," kata Ismail Alex saat berada di Rantauprapat. Minggu (10/1/2021).

Ditanya, Terkait Kasus Dugaan Korupsi Bos Afirmasi di Dinas Pendidikan Padang Lawas menjadi perhatian masyarakat (publik), Apakah LSM CIFOR juga ikut melaporkan ?

Ismail Alex enggan menjawab alasanya penegak hukum tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun dan mereka bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ia mengalihkan pembicaraan bahwa Tim Investiagasi dan Monitoring LSM CIFOR mendapat informasi dalam kasus pelaksanaan pengadaan Bos Afirmasi di Dinas Pendidikan Padang Lawas menjadi perhatian masyarakat (publik) sudah beberapa kali didemo mahasiswa, meminta Kejari Padanglawas tidak mendiamkan kasus ini dan usut tuntas sesuai perundang-undangan.


Lanjut, sekedar mengingatkan kembali pernyataan pekan lalu oleh Jaksa Agung R.I Sanitiar Burhanuddin mengancam akan mengganti kepala kejaksaan tinggi dan kepala kejaksaan negeri jika tak mau mengusut kasus korupsi. Peringatan itu disampaikan karena selama memimpin korps Adhyaksa, Burhanuddin banyak melihat anak buahnya yang belum menangani kasus korupsi. Terkait dengan hal itu, Jaksa Agung menegaskan bahwa pihaknya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas kepada jajarannya yang tidak memenuhi target kinerja.

"Masih ditemukan adanya satuan kerja yang belum atau tidak melakukan penanganan perkara tindak pidana korupsi. Sebagai bentuk komitmen atas instruksi dan arahan yang telah saya buat, saya akan mengambil tindakan tegas berupa evaluasi atas jabatan pada satuan kerja yang sama sekali tidak atau belum ada penanganan perkara tipikor," kata Jaksa Agung kepada seluruh peserta Raker Kejaksaan RI 2020.


Kejaksaan Negeri Rantauprapat

Ditanya kembali, bagaimana pendapat Anda, Informasi dihimpun tim wartawan, sebanyak 67 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Sekolah Dasar (SD) Swasta di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2020, mendapat kucuran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan dana BOS Kinerja dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Yang mana Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja tersebut dikucurkan ke rekening sekolah masing-masing sebesar Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) dan data sekolah yang menerima dana tersebut, sudah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 


Selain itu, Sekolah Menengah juga mendapatkan kucuran dana BOS Afirmasi dan dana Bos Kinerja dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sebanyak 21 sekolah yang tersebar di 7 Kecamatan se- Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara, dengan anggaran yang sama sebesar Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah). Jumlah dana yang kucur ke rekening Sekolah Dasar sebesar Rp. 4.020.000.000,- (empat milyar dua puluh juta rupiah) dari 67 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah sebesar Rp.1.260.000.000,-(satu milyar dua ratus enam puluh juta rupiah) dari 21 Sekolah Menengah.

Ismail Alex mengatakan, saat ini Tim Investigasi dan Monitoring LSM CIFOR masih melalukan penyidikan terbatas, investigasi, mengali kebenaran informasi dan klarikasi terlebih dahulu sebelum dilaporkan ke instansi terkait salah satunya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kami senantiasa mengedepankan asas praduga tidak bersalah dan menentukan seseorang bersalah atau tidak bersalah adalah lembaga pengadilan bukan aktivis.

Terkait informasi itu, DPP LSM CIFOR desak Kepala Kejaksaan Negeri Rantauprapat segera melakukan pemanggilan dan penyidikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu terkait kucuran dana BOS Afirmasi dan dana Bos Kinerja sebanyak 67 SD Negeri, SD Swasta di Kabupaten Labuhanbatu pada tahun 2020 sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan tentang Kejaksaan.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara menetapkan 1 pegawai negeri sipil Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas ber inisial DSD dan 1 pegawai honor berinisial MF sebagai tersangka atas dugaan penyelewengan anggaran dana BOS Afirmasi tahun 2019. Sehingga, perelalisasian dana yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta bersumber dari APBN tersebut terindikasi merugikan negara sebesar Rp 2 Milyar. Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Padang lawas Kristianti Yuni P SH MH saat acara kopi morning dan temu ramah dengan sejumlah wartawan, Rabu (6/1/2021).


Dalam kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas Kristiani Yuni P SH MH juga mengatakan kepada wartawan, bahwa para tersangka diduga terlibat tindak pidana suap menyuap dalam pelaksanaan perealisasian dana Bos Afirmasi di wilayah Kabupaten Padang Lawas. Sebelumnya, keterangan dari tersangka berinisial DSD yang menjabat sebagai menejer dana BOS Afirmasi tahun 2019 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Padang Lawas pada tahun 2019 dan 2020 di Dinas Pendidikan Padang lawas pada saat itu, bahwa dana BOS Afirmasi yang disalurkan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia langsung ke nomor rekening 77 sekolah dasar ( SD ) dan sekolah menengah pertama ( SMP ) di Kabupaten Padang Lawas. 

Dalam hal ini, 77 sekolah tersebut selaku penerima dana Bos Afirmasi 2019 berdasarkan bukti bukti yang akurat. Dikatakan tersangka juga, bahwa besaran dana keseluruhan BOS Afirmasi pada tahun 2019 yang dikucurkan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas sekitar sebesar Rp 6,2 Milyar. Dimana dana tersebut katanya, masuk langsung melalui rekening masing-masing 77 sekolah penerima di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Padang lawas tepatnya pada bulan Desember tahun 2019 lalu. Sedangkan untuk pelaksanaan perealisasiannya oleh masing-masing sekolah kata DSD, baru dilaksanakan pada tahun 2020 serta masing-masing sekolah penerima sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)-nya.

Di jelaskannya lagi, dana yang diterima oleh 77 sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Padang Lawas sudah di pergunakan untuk membeli alat alat kebutuhan sekolah. Dalam pelaksanaannya kata DSD, sesuai petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Yakni, di transfer langsung melalui nomor rekening pihak penyedia alat alat kebutuhan ( Perusahaan Swasta ) melalui Bank Sumut dan juga berdasarkan bukti bukti transfer.
Editor: Budi

T#g:Dana BOSPalas
Berita Terkait
  • Rabu, 30 Des 2020 14:30

    Camat Sosa Serahkan Bantuan 247 Anak Yatim

    Camat Sosa, Asrin Daulay menyerahkan secara langsung bantuan sosial santunan kepada sebanyak 247 anak yatim yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Rabu (30/12/2020).Bantuan

  • Kamis, 19 Nov 2020 08:59

    Sebanyak 67 Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhanbatu Telah Menerima Dana Bos Afirmasi dan Dana Bos Kinerja

    Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait Dana Bos Afirmasi dan Dana Bos Kinerja, mendapat respons dari anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI, saat Rapat Ker

  • Rabu, 11 Nov 2020 10:01

    Polres Palas Tetapkan Ketua KC FSPMI Palas Tersangka, LBH FSPMI Sumut Laporkan ke Wassidik Poldasu

    Terkait penetapan status Tersangka atas nama Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kabupaten Padang Lawas (KC FSPMI Palas), Maulana Syafi'i, SH.I, oleh penyidik Kepolisia

  • Minggu, 11 Okt 2020 14:11

    108 Peserta Diklatsar Banser di Palas, Terbanyak Untuk Sumut

    Dengan jumlah sebanyak 108 peserta yang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) Angkatan I PAC GP Ansor Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) Kabupaten

  • Sabtu, 10 Okt 2020 14:50

    104 Peserta Ikuti Diklatsar Banser Angkatan I GP Ansor Huragi

    Sebanyak 104 peserta berasal dari beberapa kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), ikuti kegiatan Diklatsar Banser Angkatan I yang digelar oleh PAC GP Ansor Kecamatan Hutaraja Tin

  • Selasa, 06 Okt 2020 05:16

    Partai Demokrat Palas Bagikan Masker Kepada Pedagang di Pasar Sibuhuan

    Mencegah penyebaran Covid 19, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Padang Lawas (Palas) bagikan masker kepada pedagang dan masyarakat di pusat Pasar Sibuhuan, Senin (5/10).Plt. Ketua DPC Partai

  • Jumat, 02 Okt 2020 15:32

    Pembangunan Irigasi Desa Saba Hotang Dilaporkan Ke Kejari Palas

    Terkait Pembangunan Daerah Irigasi (DI) di Desa Saba Hotang, Mahasiswa Peduli Padang Lawas (MP PALAS) melayangkan surat laporan ke Kejari Palas, Kamis (1/10/2020).Ketua Mahasiswa Peduli Padang Lawas,

  • Kamis, 01 Okt 2020 00:01

    Baru 6 Bulan, Irigasi Berbiaya Rp1,5 M Kini Nyaris Ambruk

    Proyek pembangunan daerah irigasi persawahan Saba Hotang kecamatan Barumun Baru (ex kecamatan Barumun) kabupaten Padang Lawas diduga tidak sesuai dengan ketentuan.Pasalnya, Proyek yang dikerjakan CV S

  • Rabu, 30 Sep 2020 04:30

    Menatap Demokrasi Di Tengah Ketidakpastian Pandemi Covid 19

    Tidak dapat dipungkiri, Pandemi Covid-19 telah mengganggu berbagai sektor kehidupan bernegara, baik ekonomi, politik dan sosial budaya. Ancaman gangguan kesehatan menjadi pertimbangan utama dalam seti

  • Jumat, 21 Agu 2020 17:51

    Wabup Palas Arahkan Inisiator Penguasaan Lahan Eks Conoco Ke Ranah Hukum

    Seluas empat (4) hektar Lahan eks Conoco di kecamatan Sosa kabupaten Padang Lawas, telah berubah fungsi. Awalnya merupakan lapangan terbuka yang dipergunakan khalayak untuk berbagai kegiatan sosial, s

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak