Selasa, 21 Jan 2020 12:45

LBH Medan Terima Laporan Keluarga Alm Muhammad Riduan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 21 Nov 2019 17:51
Tribun
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan menindaklanjuti soal tidak diterimanya laporan polisi yang disampaikan keluarga alm Muhammad Riduan.

"Kita akan menyurati Kapolri selaku pimpinan tertinggi di jajaran kepolisian agar bisa memberikan penjelasan tentang penolakan laporan polisi oleh Polda Sumut dari klien kita, Winda Syahfitri Rangkuti," kata Irpan Syahputra di kantor LBH Medan, Kamis (21/11/2019).

Winda Syahfitri Rangkuti merupakan klien Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan yang juga istri alm Muhammad Riduan yang meninggal dunia diduga akibat ditembak oleh oknum Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan pada 6 November 2019.

Berdasarkan keterangannya, alm Muhammad Riduan ditangkap di Jalan Buntu Gg Umar, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada 5 November 2019 seorang diri, dimana Alm yang dijemput pihak kepolisian dari rumahnya itu lalu dibawa pakai mobil.


Dalam proses penangkapan, pihak keluarga korban selaku saksi melihat kedua tangan alm Muhammad Riduan diborgol dan tanpa ada perlawanan. Bahkan ketika polisi yang membawanya sempat melontarkan ucapan yang terdengar, "Memang mau kami matikan anak ini".

Zainal Abidin selaku ayah kandung alm mendatangi Polrestabes Medan untuk menanyakan keberadaan anaknya pada 6 November 2019. Akan tetapi, pihak Polrestabes Medan justru menepis adanya tangkapan.

"Tidak ada tangkapan yang bernama Muhammad Riduan," sebut Zainal meniru ucapan oknum polisi dan menyarankan pula untuk mencarinya ke Polsek.


Meski begitu pada saat Zainal Abidin dalam perjalanan pulang menuju rumah, dirinya mendapat informasi dari seseorang bahwasanya anaknya itu Muhammad Riduan telah meninggal dunia.

Dari informasi tersebut, selanjutnya pihak keluarga berinisiatif mendatangi Rumah Sakit Bhayangkara. Setiba di rumah sakit, pihak keluarga melihat Muhammad Riduan telah meninggal dunia dan dari keterangan petugas rumah sakit menyebut bahwa Muhammad Riduan diantar pada 6 November 2019 pukul 03.10 dalam keadaan sudah meninggal dunia. 

Dari kondisi yang dilihat pihak keluarga diduga alm meninggal akibat ditembak karena ada luka bekas tembakan di dada sebelah kiri. "Atas kejadian tersebut pada tanggal 20 November 2019 Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan selaku kuasa hukum dari istri alm Muhammad Riduan mendatangi Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) untuk membuat Laporan Polisi atas dugaan penembakan, tapi ditolak oleh petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumut," jelas Irpan.

Atas kejadian itu, Irpan selaku Wadir LBH Medan juga menyampaikan bahwa pihak Polda Sumut telah melanggar hak kliennya dalam membuat laporan kepolisian.

"Oleh sebab itu kami meminta kepada Kapolda agar menerima laporan atas dugaan penembakan yang terjadi atas diri almarhum guna terciptanya keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum," pungkasnya. 
Editor: Budi

T#g:LBHLBH Medan
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Sep 2017 11:49

    Ini Pernyataan GMKI Terkait Penggerudukan Kantor YLBHI

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menyesalkan terjadinya mobilisasi massa dan penggerudukan ke kantor YLBHI di jalan Diponegoro.

  • Senin, 28 Agu 2017 06:28

    Korban ganti rugi SUTET tuding "guru ngaji" tilep Rp16 miliar

    Suhaimi Akbar, Koordinator korban pemotongan uang ganti rugi/kompensasi pembangunan jaringan SUTT/SUTET 275 kV, mengadu ke pers.

  • Kamis, 20 Jul 2017 15:20

    LBH Medan desak Setya Novanto mundur dari Ketua DPP Golkar

    Ismail Hasan Koto, Direktur External Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, menyatakan status tersangka Ketua DPR RI Setya Novanto sangat memalukan dan tidak pantas dilakukan oleh pimpinan lembaga negara.

  • Senin, 03 Jul 2017 16:53

    Koalisi Selamatkan Komnas HAM: 5 Calon Komisioner Diduga Terlibat Korupsi

    Beberapa organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam ‘Koalisi Selamatkan Komnas HAM’ melakukan penelusuran rekam jejak terhadap 60 calon komisioner, yang saat ini sedang diseleksi oleh Panitia Seleksi Komnas HAM.

  • Senin, 27 Feb 2017 09:37

    Lembaga Bantuan Hukum Minta Jokowi Ingatkan Raja Saudi Soal Crane

    Atas nama korban tertimpa crane, Zulfitri Zaini, 58 tahun, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, meminta Presiden Jokowi agar mengingatkan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz agar memenuhi janjinya me

  • Sabtu, 08 Okt 2016 20:55

    Mantan Brimob ini mengaku dua kali dianiaya oknum TNI AL

    Mantan anggota Brimob Poldasu Caca Panca Nugraha ternyata tak cuma sekali dianiaya oleh pelaku yang diduga oknum TNI AL. Kasus penganiayaan pertama dialami pada 29 Januari 2016. Selang waktu sebulan C

  • Rabu, 29 Jun 2016 12:24

    Posko THR LBH Medan Terima Tiga Laporan Pengaduan

    Posko Pengaduan THR, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Medan telah menerima tiga laporan terkait Tunjangan Hari Raya (THR). Informasi yang diperoleh dari Kepala Divisi Non Litigasi LBH Medan Ismail Lub

  • Minggu, 19 Jun 2016 20:50

    Pengukuhan Pengurus Wilayah MHKI Sumut 2016-2019

    Ketua PP Majelis Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) dr. M. Nasser, SpKK, DLaw., mengukuhkan dan melantik Lembaga MHKI Sumut Periode 2016-2019, sore tadi, Minggu 19 Juni 2016.Kegiatan yang dilaksanakan d

  • Jumat, 02 Jan 2015 13:33

    LBH: Geng Motor masih menjadi ancaman serius bagi warga kota Medan

    Kriminalitas dan kejahatan masyarakat sipil yang dilakukan geng motor di Kota Medan selama 2014 ini, dinilai sangat bringas dan benar-benar meresahkan masyarakat di kota tersebut."Untuk Kota Medan kej

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak