Jumat, 10 Jul 2020 22:04
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Kualitas proyek plafon jelek, fungsi pengawasan di legislatif dinilai rendah

Kualitas proyek plafon jelek, fungsi pengawasan di legislatif dinilai rendah

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Minggu, 28 Jul 2019 18:18
Junaidi
Plafon gedung DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang sudah jebol.
Kualitas proyek pembuatan plafon di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu jelek. Pasalnya, belum sampai dua tahun masa selesai pengerjaan plafon tersebut sudah rusak.

Pantauan wartawan, Sabtu (27/7) pagi, terlihat dua titik bagian plafon di dalam gedung tersebut jebol. Satu titik di dekat tangga naik, dan satunya lagi di sudut kiri atas terlihat terbuka lebar.

Pada saat bersamaan, terlihat sejumlah pekerja akan memperbaiki kerusakan plafon yang rusak tersebut. Mereka mengaku disuruh, agar segera memperbaikinya.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu H Dame saat dikonfirmasi wartawan terkait hal itu, menganjurkan agar menanyakan perihal anggaran perbaikan plafon tersebut kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut.


"Kalau anggaran perbaikan plafon yang rusak itu, tanyakan ke PPK proyek tersebut, di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Labuhanbatu," ujarnya singkat kepada wartawan melalui seluler.

Sementara, Asisten pengawas proyek tersebut dari Dinas PUPR, Risfan, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa, anggaran perbaikan plafon tersebut dari perawatan rutin kantor DPRD Labuhanbatu.

"Mungkin, anggarannya dari pemeliharaan rutin kantor DPRD," balasnya singkat melalui Whatsapp pribadinya.

Namun, saat ditanya mengenai anggaran dan siapa pemborong yang mengerjakan proyek tersebut, Risfan tidak menjawab. Diduga langsung, memblokir kontak Whatsappnya.


Menanggapi hal ini, salahseorang tokoh muda Labuhanbatu Indra Rinaldi sangat mengesalkan rendahnya pengawasan dari pihak DPRD Labuhanbatu. "Padahal, di kantor pengawas pembangunan Labuhanbatu itu proyeknya. Tapi kualitas fisik pembangunannya tak bisa mereka kawal. Bagaimana mereka mau mengawasi kualitas proyek di luar gedung, kalau di dalam gedung mereka saja kualitas proyek rendah," cetus Indra.

Selain itu, sambungnya, kita tahu di DPRD ada komisi D yang membidangi kualitas proyek. "Apa 45 anggota dewan plus puluhan staf di DPRD tak melihat plafon gedung yang rusak dan membiarkannya semakin parah. Atau memang dibiarkan kualitas jelek agar setiap tahun oknum di DPRD mendapat jatah proyek perawatan gedung," sebutnya.

Indra menambahkan, setahu saya proyek perawatan gedung DPRD Labuhanbatu itu, merupakan dari APBD TA 2017. "Kalau tidak salah, anggarannya sekitar Rp1,2 miliar. Kami berharap, pihak Kejaksaan Negeri Labuhanbatu dapat segera mengusut proyek tersebut," tandasnya.

Editor: Budi

T#g:proyek
Berita Terkait
  • Senin, 06 Apr 2020 21:16

    JPKP: Pembangunan rambin di Sinabongan Paluta, asal jadi

    Pembangunan rambin (jembatan gantung) di desa Sinabongan, kecamatan Dolok, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), asal jadi.

  • Sabtu, 04 Apr 2020 08:54

    Aktifis: Pangkas Proyek Konstruksi Di Padangsidimpuan, Alihkan Uangnya Untuk Penanganan Covid-19

    Imelda Siska Siregar mengusulkan pemangkasan proyek konstruksi pada Dinas PU kota Padangsidimpuan untuk penanganan wabah corona virus (covid-19) di wilayah Tabagsel.

  • Kamis, 02 Apr 2020 13:52

    Pj. Bupati Pakpak Bharat: Anggaran Proyek Fisik Digeser Untuk Penanggulangan Covid-19

    FKPD: Fokuskan Anggaran Dalam Penangan Covid- 19 di Kabupaten Pakpak Bharat.

  • Sabtu, 27 Jul 2019 19:07

    Danny Damanik: Kantor PU Medan Bagaikan Rumah Hantu, Diduga Ada Kantor Bayangan Bagi Para Petinggi

    Ketua Bara Api Sumatera Utara M Danny Damnik SE angkat bicara, soal Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan yang disebut bagaikan rumah hantu. Dimana masyarakat mengeluhkan sulitnya pelayanan publik at

  • Rabu, 10 Okt 2018 07:10

    Proyek PAMSIMAS APBN TA 2017 Di Desa Negeri Lama Seberang Terbengkalai

    Proyek PAMSIMAS bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2017 dengan pagu anggaran sebesar Rp241.500.000,- yang diperuntukkan bagi warga masyarakat di Dusun Blok III Des

  • Kamis, 04 Okt 2018 21:44

    Warga Padang Bulan, Rantauprapat Persoalkan Kwalitas Pembangunan Drainase

    Pembangunan drainase (parit) dan peningkatan jalan di kawasan Gang Jaman, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, kabupaten Labuhanbatu, dipersoalkan sejumlah warga.Pasalnya, pembangunan salur

  • Rabu, 09 Mei 2018 16:39

    Pemuda KNPI Dukung Gerakan Mahasiswa Ke Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi

    Gelombang unjuk rasa yang semangkin gencar dilakukan aktivis anti korupsi mahasiswa dan pemuda ke Kejaksaan Negeri Kota Tebing Tinggi mendapat perhatian serius dari ketua DPD KNPI Kota Tebing Tinggi M

  • Sabtu, 14 Apr 2018 05:14

    Berbiaya Rp100 Miliar, Tengku Erry Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Diklat

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap pertama gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Ngalengko N

  • Jumat, 13 Apr 2018 12:13

    Gubernur Harap Pemerintah Pusat Perhatikan Proyek Strategis Nasional di Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan perhatian Pemerintah Pusat terhadap proyek-proyek strategis nasional yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Di antaranya, pengembangan destinasi wisata Dana

  • Minggu, 04 Feb 2018 20:24

    Diduga Anggota Dewan Palas Garap Proyek Senilai Rp1,6 M Lebih

    Ketua Fraksi Golkar yang disebut-sebut adek kandung Bupati Palas berinisial "AH" diduga menggarap proyek pembangunan jembatan gantung di Desa Tanjung Morang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.&

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak