Selasa, 28 Sep 2021 21:23

KontraS Sumatera Utara Gelar Diskusi HAM Bersama Jurnalis Dairi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Selasa, 27 Jul 2021 22:07
Istimewa
Komisi untuk orang hilang dan korban tindak kekerasan (KontraS) Sumatera Utara bekerjasama dengan DPC GMNI Dairi menggelar diskusi dengan para jurnalis Dairi. 

Forum diskusi terbatas yang dilaksanakan di Oval Coffe Sidikalang Jalan Pahlawan, Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Selasa (27/7/2021), bertujuan untuk mendorong para jurnalis daerah agar lebih sadar akan isu-isu hak asasi manusia (HAM) di wilayahnya.

Koordinator KontraS Sumut, Amin Multazam mengatakan, jurnalis setidaknya memiliki dua peran dalam konteks menjaga HAM. Pertama, peran pendikan melalui tulisan dan berbagai informasi yang disajikan kepada masyarakat. Kedua, peran monitoring melalui pemantauan kinerja negara (pemerintah) dalam melaksanakan kewajibannya.

Kedua peran penting tersebut menjadikan jurnalis tidak ubahnya sebagai pembela HAM, atau dalam istilahnya disebut Human Rights Defenders (HRDs). 

"Sebagai pembela HAM, maka sudah semestinya para jurnalis memiliki pemahaman yang baik soal isu HAM. Itu menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini kita laksanakan," kata Amin.

Sebagai seorang pembela HAM setidaknya harus memahami beberapa konsep dasar dari HAM itu sendiri, salah satunya seperti nilai instrumen (nasional maupun internasiona), mekanisme pengawasan serta penyelesaian kasus-kasus HAM.

"Memahami HAM tidak semudah yang diucapkan. Kadang di lapangan, kata HAM lebih sering kita gunakan tanpa kita pahami arti dan konsepnya secara utuh" ujarnya.

Dijelaskannya, pelanggaran HAM berbeda dari pelanggaran pidana biasa. Dalam konteks pelanggaran HAM, selalu ada kaitan dengan peran negara yang gagal dalam menjalankan tugasnya untuk Melindungi, Menghormati dan Memenuhi HAM.

"Dalam negara melekat wewang dan kekuasaan, sehingga dalam konteks HAM negara merupakan pemangku kewajiban. Adapun individu/masyarakat merupakan pemangku hak. Itulah mengapa pelanggaran HAM hanya dapat dilekatkan pada negara" terangnya.

Dalam diskusi itu, Amin juga menyampaikan maraknya peristiwa kekerasan dan ancaman yang dialami para jurnalis di daerah. Dalam catatan KontraS, dalam tiga bulan terakhir setidaknya mereka mencatat 6 kasus kekerasan.

"Belum hilang dari ingatan kita bagaimana seorang jurnalis di Siantar ditembak hingga meninggal dunia, semalam kita juga baru dapat kabar seorang jurnalis di Medan disiram air keras," ungkapnya.

Angka kekerasan yang tinggi terhadap jurnalis di Sumatera Utara, tutur Amin menunjukan ada yang salah dalam pers di Indonesia. "Apakah itu soal sistem keamanan kerja jurnalis, memburuknya kebebasan pers atau justru ada faktor ketidak profesionalan, baik secara individu, kelembagaan maupun perusahaan media," sebutnya.

Melalui kegiatan diskusi tersebut, pihak KontraS banyak menggali informasi dan tanggapan dari rekan-rekan jurnalis. Salah satunya seputar tantangan dan kendala yang dihadapi dalam melakukan peliputan kasus-kasus HAM di Dairi selama ini.

"Informasi dari para jurnalis banyak pelanggaran HAM di Kabupaten Dairi. Tinggal lagi bagaimana komitmen bersama kita nantinya, baik itu jurnalis maupun masyarakat sipil dalam melakukan advokasi," pungkasnya.

Para jurnalis mengajak KontraS untuk bersama-sama mengadvokasi kasus HAM di Dairi. juga memberikan masukan pada KontraS dalam berbagai aspek yang perlu dikuatkan. Mulai dari pelatihan teknis peliputan kasus-kasus HAM hingga menguatkan perlindungan keamanan digital yang saat ini penting dikuatkan.

Sementara itu, Firman Lingga selaku ketua DPC GMNI Kabupaten Dairi, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan. 

"Dengan diskusi ini kita berharap jurnalis di Kabupaten Dairi lebih peka terhadap isu HAM, mengingat hari ini hampir seluruh masyarakat Dairi melek hukum. Kami siap bersinegrsi dengan KontraS untuk mendampingi kasus HAM yang ada di Dairi," tegas Firman.
Editor: Ivan

T#g:DairiGMNI
Berita Terkait
  • Rabu, 15 Sep 2021 20:35

    400 Orang Siswa/i SMA Negeri 1 Sidikalang Disuntik Vaksin

    Sebanyak Siswa/i SMA Negeri 1 Sidikalang mendapatkan suntik vaksin jenis Sinovac. Pelaksanaan vaksin dilaksanakan di Aula sekolah, Rabu (15/9/2021) jam 13.00-selesai. Vaksinator dari Dinas Kesehatan P

  • Rabu, 15 Sep 2021 20:35

    Malam Hari, Bupati Lanjut Rakor Dengan Tim Penilaian Lokasi Lahan Food Estate

    Usai kunjungan peninjauan bakal lokasi lahan food estate untuk mendukung program Indonesia Spice Up the World (ISUTW) di Desa Pegagan Julu III, Kecamatan Sumbul pada, Selasa siang (14/09/202, malam ha

  • Senin, 13 Sep 2021 20:33

    Pilkada 2024, Dairi Butuh Sosok Pemimpin Muda Yang Nasionalis-Religius

    Tidak terasa Masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati terpilih sudah lebih 2 tahun, pasangan Bupati Eddy K.A Berutu dan Wakil Bupati Jimmy A.L Sihombing adalah pasangan yang diamanahkan kan oleh raky

  • Sabtu, 04 Sep 2021 09:44

    Antisipasi Balap Liar, Satlantas Polres Dairi Gelar Patroli

    Satlantas Polres Dairi mengelar patroli malam di seputaran kota Sidikalang, Jumat (3/9/2021) malam. Giat patroli yang dipimpin Kanit patroli Ipda JP Karosekali dalam rangka antisipasi balap liar dan m

  • Selasa, 31 Agu 2021 22:01

    Arti dan Fungsi Tanah Dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

    Aliansi NGO Dairi (Petrasa, Pesada dan PDPK) mengadakan Dialog Publik dengan judul "Arti dan Fungsi Tanah Dalam Pembagunan Ekonomi Berkelanjutan", di Sidikalang, Senin, 30 Agustus 2021.Dialog publik i

  • Selasa, 31 Agu 2021 20:21

    Sat Reskrim Polres Dairi amankan Pelaku Cabul

    Sat Reskrim Polres Dairi amankan pelaku yang diduga melakukan perbuatan cabul yang terjadi di Desa Lau Lebah, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi. Pelaku berinisial SM (21) diamankan setelah o

  • Kamis, 26 Agu 2021 11:46

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo Promosi Jadi Wadirlantas Polda NTB, Digantikan AKBP Ferio Sano Ginting dari Dairi

    Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, melakukan mutasi terhadap 98 Perwira Tinggi (Pati) dan Menengah Polri. Keputusan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor : ST / 1701 / VIII

  • Rabu, 25 Agu 2021 15:55

    Keluhan Tak Ditanggapi, Pedagang Pasar Sidikalang Jualan di Bahu Jalan

    Para pedagang Pusat Pasar Sidikalang, Rabu (25/8/2021) rame-rame melakukan aksi berjualan di luar pasar. Hal itu membuat badan jalan yang berada di Jalan Sekolah, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi

  • Sabtu, 21 Agu 2021 20:21

    Golkar Dairi Lakukan Revitalisasi Organisasi Untuk Ciptakan 2 Juta Kader di Sumut

    Dewan Pimpinan Daerah Tingkat II (DPD TK II) Partai Golkar Kabupaten Dairi menggelar Rapat Pleno Diperluas dengan agenda Revitalisasi Organisasi - Personalia DPD TK II Partai Golkar Kabupaten Dairi ya

  • Kamis, 19 Agu 2021 19:09

    Masyarakat Desa Pasi Kabupaten Dairi Tidak Mau Divaksin Covid-19

    Terpengaruh berita hoax, masyarakat Desa Pasi, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi yang berjumlah sekitar 400 kepala keluarga (KK) kompak tidak mau divaksin Covid-19 program pemerintah. Padahal untuk d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak