Jumat, 15 Nov 2019 23:02
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Kodim 0209/LB Laksanakan Wasbang Dalam Rangka Binter Terpadu Tahun 2019

Kodim 0209/LB Laksanakan Wasbang Dalam Rangka Binter Terpadu Tahun 2019

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 07 Nov 2019 12:37
Junaidi
Kodim 0209/LB, di bawah komando Dandim Letkol Inf. Santoso,  melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan dalam rangka Binter terpadu dengan tema "Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh", bertempat di lapangan bola kaki Makodim 0209/LB, jalan Abdul Aziz Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (06/11/19) sekira pukul 09.00 Wib.

Pada hakekatnya pemberdayaan wilayah pertahanan itu bukan nama lain atau nomenclature dari binter, pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya adalah salah satu tugas yang diamanatkan undang- undang kepada TNI, dan tugas itu dijalankan oleh TNI Angkatan Darat bersama- sama komponen bangsa lainya dengan metode Binter dalam bentuk kegiatan.

Tugas yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat itu bersifat membantu pemerintah, sebagaimana fungsi Binter yang tertuang dalam Doktrin TNI Angkatan Darat Kartika Eka Paksi.

Tiga metode pembinaan teritorial, pertama, Bakti TNI, Komunikasi Sosial (Komsos) dan Perlawanan Wilayah yang masuk di dalamnya (Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi Narkoba dan paham radikal).


Pada kesempatan itu, saat membuka Binter Terpadu Kodim 0209/LB Tahun 2019, Danrem 022/PT dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasiterrem 022/PT, Letkol Inf. Sutan Lubis mengatakan, "Kegiatan Binter Terpadu yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0209/LB ini diisi dengan berbagai kegiatan, berupa sosialisasi wawasan kebangsaan, kepada mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, TNI/Polri, dan para Pelajar SMA, tidak hanya itu saja kegiatan ini juga dilanjutkan dengan rehabilitasi fasilitas umum diantaranya rehab rumah ibadah, dan rumah tidak layak huni (RTLH)."

Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan menghasilkan dampak perbaikan, perubahan dan penyempurnaan, sehingga sinergitas antara TNI AD dan Pemerintah daerah dapat terwujud maksimal. Perwujudan ini hendaknya tampak dalam keterpaduan antara program TNI AD dan Program pemerintah daerah yang berjalan selaras demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan dan membangun fasilitas umum.

"Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, karena kegiatan ini memiliki peran strategis, dimana prajurit TNI AD, khususnya Korem 022/PT menjadi pelopor, motivator dan dinamisator dalam pelaksanaannya", tegas Kasiterrem.


Lanjut Letkol Inf. Sutan Lubis, "Kita akan selalu berupaya mengedepankan kepentingan masyarakat dan membantu pemerintah dalam hal pemerataan pembangunan di wilayah, khususnya di wilayah Korem 022/PT melalui pelaksanaan Binter yang diwujudkan dengan kegiatan binter terpadu"

"Saya sampaikan kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam kegiatan Binter terpadu, agar selalu berkomunikasi baik dengan semua elemen masyarakat di wilayah pekerjaan tersebut, membantu masyarakat adalah pekerjaan mulia bagi kita", tutup Letkol Sutan Lubis.

Pantauan awak media di lokasi kegiatan, Kasiterem 022/PT didampingi Dandim 0209/LB Letkol Inf. Santoso bersama Forkopimda Labuhanbatu Raya menyerahkan bantuan Kursi roda kepada warga penderita lumpuh dan memberikan Tali Asih bagi warga kurang mampu, kemudian melanjutkan kegiatan dengan meninjau stand Bazar Murah, Sunat massal dan rehab rumah ibadah dan rumah tidak layak huni.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Letkol Inf Sutan Lubis (Kasiterrem 022/PT) mewakili Danrem 022/PT, Letkol Inf Santoso (Dandim 0209/LB), AKBP Agus Darojat, SH, SIK, MH (Kapolres Labuhanbatu), Zuraidah Harahap (Wakil ketua DPRD Labuhanbatu), H. Nasrullah (Asisten I Pemerintahan mewakili Bupati Labuhanbatu), Endar Bakti Hasibuan (Asisten I Pemerintahan Mewakili Bupati Labura), Mayor Inf Ertiko Cholifa, S.H, S.Pd (Kasdim 0209/ LB), Mayor Inf Husni (Kakanminved Rantau prapat), Sujian/Acan (Ketua Etnis Tionghoa Labuhanbatu), Hamzah (Ketua KNPI Labuhanbatu), Aswin (Ketua Karang Taruna Labuhanbatu), Hj. Ratna Sari Dewi Nasrullah (Ketua Pokja I TP PKK Labuhanbatu) Mewakili Ketua TP PKK Labuhanbatu, Para Perwira jajaran Dim 0209 /LB, Kapten Cpm Sarwo Edi (Dansubdenpom Rantauprapat), Para OPD Labuhanbatu Raya, Para Camat se-Labuhanbatu, Para Tomas, Toda, Toga dan Ormas se-Labuhanbatu, Para Penerima Kursi Roda, Para Penerima Tali Asih, Para peserta Bazaar Murah, Para Pendukung Acara Kegiatan Binter Terpadu, Para Pelajar tingkat SMA se-Kecamatan Rantau Utara dan Para Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0209/LB.

Editor: Budi

T#g:tali asih
Berita Terkait
  • Rabu, 22 Mei 2019 22:32

    Dandim 0209/LB Serahkan tali asih dan buka puasa bersama dengan anak Panti Asuhan Al-Arif

    Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso dan Ketua Persit KCK mengadakan kegiatan penyerahan tali asih dan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu di Panti Asuhan Al-Arif Al Wasliyah lingkungan Kampu

  • Kamis, 04 Okt 2018 17:44

    Ikhlas "Tinggalkan" Aset Negara, Ibu Roniah Terima Tali Asih dari Pemkab Labura

    Ibu Roniah br Siregar, 65 tahun, warga Dusun Bopet Air Salak Desa Sukarame Labura, menerima bantuan dana sebesar Dua Puluh Juta Rupiah, sebagai tanda tali asih dari Pemerintah karena telah dengan rela

  • Kamis, 26 Jul 2018 19:26

    H. Andi Suhaimi Dhalimunthe Berikan Tali Asih Pada Calon Jama'ah Haji Kloter 5 Labuhanbatu

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Kakankemenag Labuhanbatu Drs. Sapiruddin dan TPHI Dahman Hasibuan dan Sekretaris Urusan Haji Labuhanbatu H Makmur TB Siregar telah

  • Rabu, 14 Mar 2018 20:14

    Ketua Persit KCK PD I/BB dan Dharma Pertiwi "A" Berikan Tali Asih

    Dalam sambutan Ketua Ketua Persit KCK PD I/BB dalam hal ini Nyonya Tety Cucu Somantri yang dibacakan dalam pembukaan ceramah Kanker payudara dan Kanker Serviks di Aula Rumkit Tk II Putri Hijau Medan,

  • Jumat, 30 Jun 2017 23:10

    Rayakan Ulang Tahun, Tengku Erry Datangi Panti Asuhan

    Dalam rangka memperingati kelahirannya (ulang tahun/milad) yang ke-53 tahun, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berbagi berkah dengan mengunjungi Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan d

  • Senin, 26 Jun 2017 07:16

    AKBP Robert Da Costa Salurkan Bantuan pada Fakir Miskin di Deli Serdang

    Dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017, Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa SIK, MH, bersama Ny Silviana Robert Da Costa dan pengurus Bhayangkari Cabang Deliserdang serta rombongan, men

  • Minggu, 25 Jun 2017 08:15

    Santunan bagi kaum duafa di malam Lebaran,"Terima Kasih Pak Panglima TNI"

    Masyarakat di seluruh penjuru wilayah Kab Jember bersuka cita menyambut hari raya umat Islam, Lebaran atau dikenal dengan Idul Fitri 1438 H.

  • Jumat, 23 Jun 2017 18:23

    HUT Ke 67 Kodam I/BB Ajangsana ke Panti Asuhan dan Panti Jompo

    Dalam rangka menyambut HUT Ke-67 Kodam I/BB Tahun 2017, Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang, SIP, memimpin anjangsana dan pemberian bingkisan sembako ke Panti Asuhan, salah satunya Panti Asuhan P

  • Jumat, 23 Jun 2017 19:23

    THR KASAD untuk Personel Penyandang Cacat di Kodim 0819

    Kepala Staf Kodim 0819/Pasuruan Mayor Inf Subagya Pujiarno, S.Sos. menyerahkan THR KASAD kepada personel penyandang cacat, bertempat di Aula Kodim 0819 Pasuruan, Jumat (23/6).

  • Jumat, 23 Jun 2017 00:13

    Kasdim 0824 Lepas Cuti Lebaran dan Serahkan Bingkisan Pangdam V/Brw

    Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Robertus Ardha melepas anggota yang melaksanakan cuti lebaran gelombang-I, serta sekaligus menyerahkan secara simbolis bingkisan lebaran dari Pangdam V/B

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak