Senin, 19 Apr 2021 09:38
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ketua PB-LKP Ajak Pemuda Pancasila Dairi Ikut Mengawal dan Melestarikan Budaya Pakpak

Ketua PB-LKP Ajak Pemuda Pancasila Dairi Ikut Mengawal dan Melestarikan Budaya Pakpak

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Sabtu, 27 Feb 2021 19:47
Istimewa
Ketua Umum PB LKP Raja Umar Ujung memberikan kata sambutan.
Ketua Umum Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB-LKP) Raja Umar Ujung mengajak pengurus dan anggota Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Dairi mengawal dan melestarikan budaya Pakpak.

"Kami berharap kehadiran PP di Bumi Sulang Silima Kabupaten Dairi, selain turut menciptakan kedamaian dan keharmonisan, kiranya juga dapat menjadi mitra yang turut mengawal dan melestarikan budaya Pakpak sebagai aset hasanah NKRI," kata Raja Umar Ujung saat memberi kata sambutan pada Musyawarah Cabang (Muscab) Ke IX MPC PP Dairi, Jumat (26/2/2021) di Gedung Nasional Djauli Manik, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Sebagai bagian masyarakat yang berbudaya, kedepankanlah prinsip atau norma yang dianut bangsa Indonesia, yakni musyawarah untuk mufakat menghindari perselisihan dan permusuhan.


"Hendaknya perbedaan pendapat tidak menimbulkan perpecahan, yang terpilih tidak arogan dan yang belum terpilih dapat lapang dada," sebut Raja Umar Ujung.

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap kepada pengurus baru yang akan dilantik nantinya dapat menjalankan roda kepengurusan dengan program-program yang telah dirancang dan disusun, serta lebih serius dan berkomitmen untuk menjalankannya sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

Sehingga kader-kader organisasi dapat lebih maju, produktif, inovatif dan energik, sekaligus membentuk calon-calon pemimpin yang berakhlak dan bermartabat. "Seperti kita ketahui bahwa kader dan alumni PP banyak menjadi tokoh nasional dan internasional," ujar Raja Umar Ujung.


Ia juga bertitip pesan agar PP berkenan menghayati dan mengamalkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, yakni :

1.Ketuhanan Yang Maha Esa, kiranya para pengurus dan anggota menjalankan perintah dan menjauhi larangan agama yang dianut masing-masing.

2.Kemanusian Yang Adil dan Beradab, para pengurus dan anggota bersikap adil, membela yang benar dan memiliki sopan santun serta berbudaya.

3.Persatuan Indonesia, memperjuangkan persatuan dengan menghindari perpecahan yang dapat menciptakan permusuhan, di mulai dari sesama anak bangsa.

4.Kerakyataan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dapat menjadi pemuda yang memiliki kearifan dan akal budi, berkarakter yang baik dalam melaksanakan permusyawaratan, seperti rapat diskusi dan lain-lain.


5.Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, selalu berjuang untuk menciptakan atau memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Inilah yang saya pahami dari arti Pemuda Pancasila, mudah-mudahan pemahaman saya ini tidak salah. Dengan pemahaman prinsip-prinsip Pancasila tersebut, saya yakin PP khususnya di Dairi akan tetap jaya dan semakin maju," ucap Raja Umar Ujung .

Di akhir sambutannya, Ketua Umum PB-LKP ini mengajak seluruh kader PP untuk bersama-sama mendukung program Bupati Dairi dan Pemerintah Dairi menuju Dairi unggul dalam harmoni keberagaman.

Muscab dan pelantikan dihadiri, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati dairi Jimmy AL Sihombing, Forkopimda, MUI Dairi Wahlin Munthe, Ketua MPW PP Sumut H Kodrat Shah dan rombongan, Ketua MPC PP Kabupaten Karo dan Pakpak Bharat, PERPI Dairi Perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP).
Editor: Ivan

T#g:PakpakPemuda Pancasila
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Apr 2021 11:13

    Pemuda Pancasila Gotong Royong Di Masjid Istiqmal, Bandar Sakti

    Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila kecamatan Bajenis bersama Pimpinan Anak Ranting Kelurahan Bandar Sakti Kota Tebingtinggi mengadakan kegiatan gotong royong di Mesjid Istiqmal kelurahan Bandar Sak

  • Sabtu, 10 Apr 2021 13:40

    MPC Pemuda Pancasila Labuhanbatu Gelar Acara Silaturahmi dan Konsolidasi

    Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Labuhanbatu mengelar acara silaturahmi dan konsolidasi, menyatukan visi dan misi sekaligus membangun kekompakan hingga ke tingkat basis dengan

  • Senin, 29 Mar 2021 13:09

    Pemuda Pancasila Labuhanbatu Kecam Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar

    Majelis Pimpinan Cabang atau MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) dalam pernyataan sikap terdiri Ketua dan Pengurus bersama anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Panc

  • Jumat, 26 Mar 2021 20:06

    Ormas Pemuda Pancasila Labuhanbatu Serukan "Satu Komando" Dukung Paslon ASRI Nomor Urut 3

    Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila Kabupaten Labuhanbatu membentuk relawan pemenangan yang diisi tokoh- tokoh penting organisasi itu dalam pemenangan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wak

  • Kamis, 25 Mar 2021 21:25

    DPRD Pakpak Bharat: PD PAL Merugi

    Dewan pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah (PD) Pakpak Agro Lestari (PAL) menghadiri panggilan Komisi II DPRD Pakpak Bharat, Selasa (23/3/2021). Dewas PD PAL yang hadir, Sekretaris Daerah Pakpak Bharat

  • Senin, 15 Mar 2021 21:15

    Tokoh Perempuan Pak-Pak, Jenny Berutu Tutup Usia

    Salah satu tokoh perempuan Pakpak, Jenny Riany Lucia Berutu, SH akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (13/3/2021) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB di Medan. Almarhum yang selama ini dik

  • Jumat, 26 Feb 2021 20:06

    Gubsu Lantik Kepala Daerah Sibolga, Pakpak Bharat, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan dan Toba

    Setelah melantik enam kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, pada sesi pertama, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik lagi lima kepala daerah pada

  • Selasa, 23 Feb 2021 13:03

    Kapolsek Tanjung Beringin Terima Audiesi PAC Pemuda Pancasila

    Pimpinan Anak Cabang pemuda Pancasila kecamatan Tanjung Beringin menyambangi Polsek Tanjung Beringin dalam menjalin silaturahmi dan meminta arahan guna menjaga kamtibmas di Wilkum Polsek Tanjung Berin

  • Minggu, 21 Feb 2021 13:51

    Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Pakpak Apresiasi Launching Platform visitdairi.com

    Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Pakpak (LKP), Raja Umar Ujung sangat mengapresiasi launching platform visitdairi.com oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ber

  • Rabu, 30 Des 2020 11:30

    Proyek Pamsimas Desa Pagindar Rp350 Juta Disoal Warga, Sejak Dibangun Air Tak Jalan

    Warga Desa Pagindar, Kecamatan Pagindar, Pakpak Bharat mengaku kecewa dengan pelaksanaan proyek Pamsimas tahun 2019. Proyek Pamsimas senilai Rp350 juta tersebut sejak dibangun hanya 3 hari air mengali

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak