Senin, 23 Sep 2019 19:03
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Kapolres Jember Bersama Kasdim 0824 Cangkrukan Bersama Nelayan dan Mahasiswa

Kapolres Jember Bersama Kasdim 0824 Cangkrukan Bersama Nelayan dan Mahasiswa

Jember (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Sabtu, 20 Okt 2018 16:20
Sis24
Bertempat di Obyek Wisata Tanjung Papuma pada Jum'at (19/10/2018), dilaksanakan acara Cangkrukan (nongkrong) yang dikemas dengan nama CERUTU (Cangkrukan Bermutu) Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak bersama warga masyarakat nelayan dan Badan Eksekutif Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi (BEM).

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Jember Drs Murtadlo Msi, Ka Bakesbangpol Kab Jember Drs Bambang Haryono, AKP Edy Sudarto, S.H., M.H. (Kasat Intelkam Res Jember), AKP Erik Pradana ( Kasat Reskrim ), Muspika Wuluhan, Muspika Puger dn Muspika Ambulu serta perwakilan masyarakat nelayan dan mahasiswa 208 orang.

Acara dikemas dalam keadaan santai dan rilek seperti layaknya orang cangkrukan, dan dalam arahannya, AKBP Kusworo Wibowo mengajak masyarakat nelayan untuk senantiasa menjaga keselamatan dalam melaksanakan kegiatan di laut. Diskusi yang akan dilakukan untuk serap aspirasi Nelayan pada saat adanya peristiwa bencana laka laut seperti halnya peristiwa Perahu terbalik yang terjadi di Pantai Puger.

"Kita Polres Jember melalui Sat Pol Air dan Polsek Puger, Wuluhan dan Ambulu telah memberikan peringatan dengan memasang bendera namun masih ditemukan adanya nelayan yang masih nekat melaut dikarenakan untuk memenuhi kewajiban sandang pangan terhadap keluarganya. 

Lebih Lanjut AKBP Kusworo Wibowo menyampaikan bahwa saat ini telah memasuki era Pesta Demokrasi dimana telah berlangsung tahapan Kampanye dalam Pemilu tahun 2019 dan mengharap kepada para nelayan dan mahasiswa untuk mempererat tali silahturahmi. Dalam menjaga pesta demokrasi, masyarakat harus paham menjaga etika dgn tidak menyebarkan ujaran kebencian dan berita hoax. "Apabila Kab. Jember aman dan kondusif maka pembangunan dapat berjalan dan perekonomian akan semakin meningkat," tegasnya.

Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar yang tidak dapat hadir karena ada kegiatan dinas di luar kota sehingga diwakilkan kepada dirinya. "Masyarakat harus bersatu agar Kab. Jember situasinya kondusif dalam menjaga keutuhan NKRI,  bahwa terdapat kemarin (18/10)  Kementrian Polhukam RI  melakukan pengecekan wilayah pulau terluar yaitu kawasan cagar budaya dan untuk di kabupaten Jember ini adalah Pulau Nusa Barong, melalui forum ini mohon kita ikut berperan dalam menjaga dan melestarikan habitat yang ada disana. Utamanya masyarakat nelayan yang selalu mengitari dan sering singgah di Pulau Nusa Barong tersebut hendaknya berperan aktif  menjaga ekosistem laut agar ikan yang ada di laut semakin meningkat, bukan malah merusak ekosistem pada saat mencari ikan, sehingga habitat di sana rusak, ikan di laut semakin berkurang dan berpengaruh pada kehidupan nelayan itu sendiri," tuturnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jember Murtadlo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kegiatan ini terselenggara berkat peran besar dari Polres Jember.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kapasitas ikan Kab. Jember 40.000 ton berdasarkan hasil survey namun fakta di lapangan hingga saat ini ikan yang berhasil ditangkap oleh nelayan mencapai 22.000 ton, disebabkan adanya ombak besar dan cuaca tidak menentu.

Terkait dengan kejadian laka laut sebenarnya Pemkab Jember telah menyediakan rompi pelampung namun para nelayan enggan menggunakan dikarenakan penggunaan pelampung, dapat disimpulkan akan siap menghadapi bencana. Pemkab Jember telah mengalokasikan Jacket dan asuransi nelayan menggunakan anggaran APBD dan saat ini nelayan yg tercover asuransi sebanyak 3.800 nelayan dari 8.000 nelayan.

Mewakili Bupati Jember, Kabakesbangpol Bambang Suharyono menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini tidak lepas peran besar Kapolres Jember dengan mempertimbangkan kedekatan dan aspirasi masyarakat bersama mahasiswa untuk mewujudkan Kab. Jember yang kondusif. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi dan pembagian sembako kepada 120 orang msyarakat nelayan dan pemberian baju batik kepada 45 orang mahasiswa yang hadir.

Editor: Dito

T#g:Nelayan
Berita Terkait
  • Selasa, 25 Jun 2019 22:25

    Bakamla Latih Nelayan Banyuwangi BST KLM

    Bakamla bekerja sama dengan STIP Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) bagi nelayan Banyuwangi di Aula UPT Pelabuhan

  • Kamis, 14 Feb 2019 17:24

    Komunitas Nelayan Perempuan Sambut Baik Sosialisasi KPU Medan

    Menjelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan masih terus melakukan kegiatan sosialisasi di berbagai elemen. Tidak hanya di tengah masyarakat kota, namun menjangkau hingga ke pesisir.&

  • Minggu, 09 Des 2018 20:09

    Dandim 0824 Dampingi Bupati Jember Hadiri Kongres Nelayan

    Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR didampingi oleh Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, menghadiri Kongres Nelayan di lokasi Wisata Pantai Watu Ulo Ds Sumberejo Kec Ambulu Kab Jember pada Minggu

  • Senin, 26 Nov 2018 06:26

    Dandim 0824 dan Bupati Jember Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI

    Pesawat Jet Charter Flight type Piagio Avanti P180 PK-VVX  yang ditumpangi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti bersama staf mendarat di lapangan terbang Noto Hadinegoro Jember, Sab

  • Kamis, 04 Okt 2018 19:54

    Polsek Panai Hilir, Labuhanbatu, Tangkap Maling Pompa Ciput Kapal

    Personil Unit Reskrim Polsek Panai Hilir, Polres Labuhanbatu berhasil menangkap dua pelaku kasus pencurian dengan pemberatan, yakni masing masing NS (19) dan GS (19), warga Desa Sei Sanggul, Kecamatan

  • Jumat, 21 Sep 2018 18:31

    Kementrian ESDM Bagikan 310 Konverter KIT untuk Nelayan Labuhanbatu

    Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melalui Sekretaris Jendral Dr. Ir Ego Syahrial MSc membagikan 310 paket Konverter Kit yang terdiri dari 310 mesin, 310 longtik, dan 620 tab

  • Rabu, 12 Sep 2018 17:32

    Plt Bupati Buka Sarasehan KTNA, Tani dan Nelayan Adalah Mitra Pemerintah

    Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah mitra pemerintah untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu "Satu tekad bersama rakyat menuju sejahtera 2020, Labuhanbatu semakin hebat dan berdaya 2025", demik

  • Rabu, 23 Mei 2018 01:23

    Diundang Warga Bagan Deli, Sihar Sedih Lihat Kondisi Warga yang Merasa Terpinggirkan

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus sedih melihat kondisi warga Bagan Deli Kelurahan  Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.Menghilangkan stigma masyarakat yang merasa terpinggirkan menj

  • Kamis, 26 Apr 2018 10:36

    Nelayan Tapteng Dilaporkan Hilang di Perairan Mandailing Natal

    Mail Sitanggang (35), nelayan asal Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dilaporkan hilang di perairan Kabupaten Madina.

  • Kamis, 19 Apr 2018 12:19

    Peduli Keselamatan Nelayan, Bakamla RI Bagikan Life Jacket di Sulut

    Bakamla RI melalui Direktorat Kerja Sama membagikan 55 unit perlengkapan keselamatan melaut Life Jacket kepada nelayan kapal tradisional katinting di Sekretariat ANTRA (Asosiasi Nelayan Tradisional), Manado, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak