Sabtu, 04 Jul 2020 09:08
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Kantor Pusat HKI, GMKI dan GP Ansor Buat Gerakan Bersama Mencegah Covid-19 Di Kota Pematangsiantar

Kantor Pusat HKI, GMKI dan GP Ansor Buat Gerakan Bersama Mencegah Covid-19 Di Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 30 Mar 2020 16:40
Istimewa
Dalam memerangi Virus Corona (Covid-19), Pucuk Pimpinan Huria Kristen Indonesia (HKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun, dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Cabang Pematangsiantar melakukan gerakan bersama.

Gerakan bersama ini dilakukan  demi menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19).

HKI melalui Departemen Diakonia bersama Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Cabang Pematangsiantar, dan Pemuda Gereja melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah- rumah ibadah, sekolah, panti asuhan, dan beberapa rumah warga, di daerah Pematangsiantar- Simalungun, sejak 23 Maret sampai 04 April 2020.

"Virus Corona (Covid-19) ini adalah ancaman bagi kehidupan kemanusiaan kita. Oleh sebab itu kita semua manusia harus saling tolong menolong, saling bersiap mencegah virus corona ini karena kehidupan kita ini adalah pemberian Tuhan, jadi mari kita kasihi", ungkap Sekjen HKI, Pdt. Dr. Batara Sihombing, M.Th., Senin (30/3/2020).

Sementara itu, Ephorus HKI, Pdt. M. Pahala Hutabarat, S.Th, MM., mengatakan bahwa sebagai warga negara yang peduli atas seruan pemerintah, gereja tidak terlepas juga umat yang lain, menyambut seruan Presiden RI Joko Widodo, sikap Gubernur Sumatera Utara, Bupati Simalungun dan Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk mencegah Penyebaran Covid-19.

"Marilah kita semua warga tidak menunggu tindakan pemerintah. Tapi biarlah kita bersama-sama dengan pemerintah, membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan mematuhi seruan pemerintah dan melakukan penyemprotan disinfectant di rumah kita masing-masing", tambah Ephorus HKI, Pdt. M. Pahala.

Kepala Departemen Diakonia HKI Pdt. Beresman Nahampun mengatakan bahwa penyemprotan ini dilakukan bersama dengan GP Ansor, Banser NU, GMKI Pematangsiantar- Simalungun dan Pemuda Gereja.


"Kami melakukan penyemprotan di lingkungan Kantor Pusat HKI, GKPI, GKPS, beberapa Masjid, Mussolah, Panti Asuhan, Rumah Dinas Pimpinan Gereja, rumah pelayan dan rumah warga. Penyemprotan ini dilakukan bersama dengan swadaya gereja dan organ muda lintas agama di kota Pematangsiantar", papar Pdt. Beresman.

Penyemprotan dilakukan dengan membagi menjadi 3 (tiga) kelompok (tim) untuk mempercepat penyemprotan dan  mengurangi penumpukan untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19.

Penyemprotan ini juga dilakukan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk semua berperan aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menyemprot rumah masing-masing.

Ketua GP Ansor Ridwan Akbar Pulungan mengatakan, "Kita harus berbuat. Pemuda adalah garda terdepan motor penggerak bangsa, Mari timbulkan kesadaran dan peduli kepada sesama ciptaan Tuhan. Covid-19 tidak mengenal kepada siapa dia akan datang. Kami telah bergerak dan terus bergerak mengajak masyrakat untuk mematuhi petunjuk pemerintah sekaligus membantu pemerintah dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah- rumah ibadah".


Di tempat yang sama, May Luther Dewanto Sinaga, Ketua GMKI Pematangsiantar- Simalungun mengatakan bahwa langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap meluasnya paparan virus Corona di Sumatera Utara, khususnya di kota Pematangsiantar.

"Virus ini sangat membahayakan kehidupan manusia, oleh karena itu kami berupaya berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan di Kota Pematangsiantar", ngkap May Luther Dewanto Sinaga.

"Memutus rantai penyebaran Covid-19, harus dengan gerakan bersama yang dibangun oleh masyarakat dan pemerintah. Untuk itu kita butuh kerjasama (bahu-membahu) antar golongan dalam penanganan Covid-19 ini. Dan semua upaya pencegahan yang dilakukan, didukung dengan pola hidup sehat dan bersih dari masyarakat", tutup Luther.

Sebelum melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Ephorus HKI turut memberangkatkan tim dengan doa.
Editor: Bungaran Saragih

T#g:AnsorGMKIHKI
Berita Terkait
  • Selasa, 02 Jun 2020 18:22

    GMKI Sayangkan Rapat Pembahasan Covid-19 di DPRD Pematangsiantar Tertutup Untuk Umum

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun menyikapi pertemuan tertutup pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Gu

  • Minggu, 24 Mei 2020 14:18

    GMKI Komisariat Pertanian USU Gelar Aksi Berbagi

    Di tengah masa pandemi covid-19, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan Komisariat Fakultas Pertanian USU melakukan aksi peduli kepada anak rantau, yakni mahasiswa/i yang berada di ko

  • Kamis, 21 Mei 2020 10:31

    Cluster Isolation Kota Medan, Solusi atau Ilusi

    Virus COVID-19 kian menyerang berbagai sisi kehidupan manusia, tidak terkecuali Indonesia. Masing-masing daerah mengeluarkan kebijakan dan himbauan kepada masyarakat di wilayahnya dalam rangka mencega

  • Selasa, 05 Mei 2020 23:25

    Diskusi Daring GMKI Pematangsiantar- Simalungun Lahirkan Catatan Evaluasi Polemik Bansos COVID-19

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menggelar diskusi publik melalui video conference daring pada Senin, (04/05). Diskusi tersebut mengusung thema "Bansos Pemko Siantar; Solusi atau masalah baru?"

  • Sabtu, 02 Mei 2020 21:52

    Aksi Solidaritas GMKI Medan dengan Panti Asuhan

    Pemerintah Kota Medan menerapkan karantina rumah untuk pasien dalam pengawasan dengan gejala ringan, orang dalam pemantauan, orang tanpa gejala, dan pelaku perjalanan. Karantina rumah dilakukan untuk

  • Sabtu, 02 Mei 2020 19:32

    Pemuda Sumut, Muslim dan Kristen Serukan Pesan Damai Bulan Ramadhan

    Peristiwa intimidasi dan kekerasan yang dialami oleh pemilik warung di Batang Kuis mendapat respon dari berbagai kalangan lintas agama.

  • Minggu, 19 Apr 2020 15:09

    Cipayung Plus Kota Medan Minta Pemko Evaluasi Penanganan COVID-19

    Potensi peningkatan kasus Covid-19 di kota Medan sangat besar. Hal ini berdasarkan amatan pada aktifitas di luar rumah yang dilakukan masyarakat serta minimnya tingkat kepatuhan pada jarak fisik (phys

  • Selasa, 07 Apr 2020 07:07

    GMKI Bagikan Masker Gratis di Kota Pematangsiantar

    GMKI Cabang Pematangsiantar- Simalungun melalui komisariat USI, melakukan aksi peduli pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) dengan berbagi masker secara gratis kepada masyarakat yang terpaksa harus bekerja.

  • Kamis, 26 Mar 2020 22:36

    Peduli Mahasiwa Papua, GMKI Medan latih dan berikan handsanitizer serta disinfektan pencegah penularan Corona

    Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) mendapat pelatihan pembuatan handsanitizer dan disinfektan dari GMKI Cabang Medan, Kamis sore (26/3/2020).

  • Sabtu, 21 Mar 2020 21:51

    Cegah penyebaran Corona, GMKI Medan lanjutkan demonstrasi penggunaan hand sanitizer

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Medan, sejak Rabu 18 Maret 2020 memproduksi hand sanitizer dan menggelar aksi demonstrasi serta membagikannya kepada masyarakat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak