Selasa, 22 Sep 2020 13:59
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Humanis, Kapolres Labuhanbatu Temui Pendemo yang Tergabung dalam Aksi Protes KBPS SUMUT

Humanis, Kapolres Labuhanbatu Temui Pendemo yang Tergabung dalam Aksi Protes KBPS SUMUT

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Rabu, 05 Agu 2020 15:45
Junaidi
Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SIK.MH duduk bersama ratusan massa di halaman Mapolres Labuhanbatu.
Ratusan warga masyarakat desa Meranti yang tergabung dalam Koalisi Bela Petani Sumatera Utara (KBPS SUMUT) mengelar aksi protes menuntut pembebasan salah satu anggotanya Nanda Perwira Gautama yang ditangkap pada Jum'at (17/7/20) lalu, yang kini ditahan di Polres Labuhanbatu karena diduga telah melakukan perusakan gerbang PT Tolan Tiga Indonesia.

Aksi protes yang dilakukan massa Koalisi Bela Petani Sumatera Utara (KBPS SUMUT) tepat berada di depan Mapolres Labuhanbatu jalan MH Thamrin Kelurahan Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (05/8/20) Sekira Pukul 10.00 Wib.

Dalam orasinya KBPS SUMUT menuntut Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat, SIK. MH, agar melepas salah seorang anggotanya Nanda Perwira Gautama dari tahanan, mereka menganggap bahwa Nanda Perwira melakukan tindakan perusakan hanya spontanitas akibat anggota yang terkurung di dalam pagar keliling tidak bisa mengakses makanan selama dua hari.

"Pasokan makanan tidak dibolehkan masuk oleh pasukan pengamanan PT Tolan Tiga Indonesia." Kutipan kalimat dalam tuntutan KBPS SUMUT.


Dalam orasinya juga massa KBPS SUMUT meminta Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SIK.MH, agar menemui mereka dan mengabulkan permintaan pembebasan Nanda Perwira Gautama dari tahanan.

Di tengah massa masih berorasi Kapolres Labuhanbatu menemui pendemo yang kemudian meminta perwakilan untuk menyampaikan tuntutannya, setelah mendengar tuntutan perwakilan dari pendemo, Kapolres selanjutnya mengajak massa masuk dan duduk di halaman Mapolres Labuhanbatu karena aksi di tengah jalan menggangu penguna jalan yang melintas.

Pada kesempatan itu Kapolres Labuhanbatu melakukan aksi humanis dengan duduk bersama dan menerangkan kepada massa bahwa Polres Labuhanbatu dalam hal ini telah melakukan langkah- langkah dalam penyelesaian masalah sengketa tanah dengan PT Tolan Tiga Indonesia.

Menurut Kapolres Labuhanbatu terkait sengketa tanah masyarakat dengan perusahaan dilakukan upaya hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan jangan melakukan tindakan- tindakan yang melanggar hukum yang akan merugikan masyarakat.


Di samping itu kata Kapolres, Polres Labuhanbatu juga terus mendorong Pemkab Labuhanbatu dalam penyelesaian konflik masyarakat dengan perusahaan PT Tolan Tiga Indonesia.

"Sampai di luar jam kerja, hari Sabtu pun Polres Labuhanbatu dan Pemkab Labuhanbatu melakukan rapat terkait penyelesaian tentang persoalan sengketa tanah masyarakat dan perusahaan", jelas Kapolres.

Sementara itu terkait tuntutan massa agar Kapolres melepaskan salah satu anggota KBPS SUMUT yang ditahan, Kapolres menyampaikan akan mencari solusinya dan menginggatkan kembali agar masyarakat jangan lagi melakukan tindakan- tindakan melanggar hukum. "Karena apa yang dilakukan Nanda Perwira Gautama sudah jelas melanggar hukum dengan melakukan perbuatan perusakan," tutup Kapolres.

Pantauan awak media di lokasi, usai mendengarkan penjelasan Kapolres Labuhanbatu, perwakilan massa selanjutnya melakukan mediasi di dalam ruangan dengan Kapolres Labuhanbatu yang diwakili oleh Kasat Intel Polres Labuhanbatu.

Editor: Budi

T#g:aurKapolres Labuhanbatu
Berita Terkait
  • Sabtu, 12 Sep 2020 22:52

    Tinjau Banjir, Kapolres Labuhanbatu Langsung Salurkan Bantuan Beras dan Minyak Goreng ke Warga

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K.,M.H didampingi kabag ops polres labuhanbatu Kompol Marluddin, S.Ag. serta Kapolsek Marbau AKP JH. Pasaribu, SH tinjau lokasi banjir di wilayah hukum Po

  • Sabtu, 12 Sep 2020 06:52

    Silaturahmi dengan Wartawan, Kapolres Labuhanbatu Bagikan Masker Gratis

    Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, S.I.K.M.H, bersilahturahmi dengan para wartawan yang bertugas di kabupaten Labuhanbatu, bertempat di aula Yanpiter Polres Labuhanbatu, Jum'at (11/9/20)

  • Kamis, 03 Sep 2020 17:03

    Kapolres Labuhanbatu Sambut Kedatangan Kapolda Sumut di Kampung Tangguh

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK MH beserta seluruh Forkopimda Labuhanbatu Raya menyambut kedatangan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs Martuani Sormin M.Si, ke Kampung Tangguh yang ber

  • Selasa, 01 Sep 2020 17:31

    Tangkap Kurir Shabu 202,97 Gram, Kapolres Selamatkan Ribuan Generasi Muda Labuhanbatu dan Labusel

    Polres Labuhanbatu di bawah komando AKBP Deni Kurniawan, SIK. MH, melalui Satres Narkoba yang dipimpin AKP Martualesi Sitepu, SH.MH kembali menangkap dan mengamankan dua orang tersangka pelaku kurir n

  • Senin, 29 Jun 2020 12:59

    Kapolres Labuhanbatu Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat

    Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat, SIK.MH melaksanakan kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Rantauprapat dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 74, Senin (29/6/20

  • Senin, 08 Jun 2020 18:58

    Kapolres Labuhanbatu Jenguk Korban Penganiayaan di Rumah Sakit

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat S.I.K, MH bersama AKP Parikesit SiK MH menjenguk Mandor dan penjaga malam PT Aneka Sumatrindo, korban penganiayaan oleh pelaku pencurian burung sarang walet yang

  • Minggu, 31 Mei 2020 20:01

    Unjuk rasa di Amerika diwarnai aksi penjarahan

    Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago lewat pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (31/5), mengabarkan peristiwa unjuk rasa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di Amerika Serikat, mengakibatkan dua warga tewas.

  • Rabu, 06 Mei 2020 12:16

    Kapolres Labuhanbatu berikan 117 kartu ATM beserta buku tabungan ke masyarakat

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat S.I.K, MH bekerjasama dengan BRI cabang Rantauprapat melaksanakan Program Keselamatan 2020 kepada masyarakat kurang mampu di Wilayah Hukum Polda Sumatera Utara, khususnya Polres Labuhanbatu.

  • Jumat, 27 Mar 2020 13:17

    Kapolres Labuhanbatu Terjun Langsung Pimpin Giat Penyemprotan Rumah Ibadah

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat S.I.K.MH, bersama satuan TNI Kodim 0209/LB Letkol (Inf) Santoso yang diwakili Kasdim Mayor Arh Muzi Santoso melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan

  • Senin, 16 Mar 2020 21:46

    Masyarakat Desa Perbangunan Kembali Desak Bupati Asahan Agar Kades Terpilih Segera Dilantik

    Ratusan masyarakat dari Desa Perbangunan, Sei Kepayang, Kabupaten Asahan yang dipimpin Atong Sigalingging kembali datangi kantor Bupati Asahan pada Senin (16/03/2020).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak