Sabtu, 04 Jul 2020 16:39
  • Home
  • Sosial Budaya
  • HMI Telisik Keseriusan Pemkab Labuhanbatu Dalam Menangani Wabah Pandemi Covid-19

HMI Telisik Keseriusan Pemkab Labuhanbatu Dalam Menangani Wabah Pandemi Covid-19

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 24 Apr 2020 04:24
Istimewa
Doni
Terkait dengan diadakannya konferensi pers Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dengan seluruh instansi yang tergabung dalam relawan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu pada 19 April 2020 kemarin, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Labuhanbatu Raya, dalam hal ini M Rahmadoni Dalimunthe selaku Pj Ketua Umum, mendukung langkah-langkah sigap tersebut, diantaranya dilangsungkannya konferensi pers sehingga informasi yang diterima masyarakat tidak simpang siur.

Bahwasanya benar adanya warga Labuhan Batu yang dinyatakan meninggal berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) covid-19, mengingat sindrom psikologi covid yang juga sedang menghantui masyarakat.

Demikian disampaikan M Rahmadoni Dalimunthe kepada wartawan, Kamis (23/4/2020).


"Namun kami HMI Cabang Labuhan Batu Raya juga turut menyesalkan paparan yang disampaikan Kadis Kesehatan dalam konferensi pers karena informasi yang disampaikan sangatlah singkat, hanya menyampaikan kronologi kematian warga Labuhan Batu yang berstatus PDP," ucapnya.

Seharusnya, menurut Doni, dalam kesempatan itu seharusnya Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu menjelaskan langkah-langkah kedepan yang akan dilakukan baik kepada warga yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan warga PDP Covid-19 yang telah meninggal, langkah aplikatif yang akan dilakukan kepada masyarakat Labuhan Batu secara luas.

Selain itu HMI Cabang Labuhan Batu Raya meminta Kadis Kesehatan untuk terbuka menyampaikan kesiapan RSUD (sebagai penanggung jawab) dan RS lainnya di wilayah administratif Labuhan Batu terkait kesiapan fasilitas pendukung baik Tenaga medis, Alkes, ADP, Ruang Isolasi, dan sarana pendukung lainnya.


"Mengingat informasi yang HMI Cabang Labuhanbatu terima, terdapat ketidaksiapan RSUD dalam pencegahan atau penanganan pasien dengan ciri kriteria covid-19. Sebagai contoh kejadian yang pernah terjadi di RSUD bahwa ada pasien yang ditelantarkan beberapa jam, mengingat tidak beraninya petugas medis untuk melakukan penanganan pasien apalagi dengan gejala atau kriteria terkena covid, padahal belum tentu pasien tersebut terkena covid-19," ujarnya.

Dalam kejadian kematian waga Labuhanbatu berstatus PDP, HMI Cabang Labuhanbatu Raya menduga kematian pasien covid tersebut merupakan kelalaian dan juga ketidaksiapan RSUD dalam melakukan penanganan Covid-19 di Labuhanbatu.

"Kami sungguh sangat menyesalkan hal itu, mengingat covid-19 yang sudah mewabah dari beberapa bulan lalu di Indonesia," ungkapnya.


Melihat kejadian ini, ia menilai, menandakan ketidakseriusan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam pencegahan dan penanganan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Labuhanbatu.

"Pemerintah Labuhanbatu jangan terus-menerus jadi follower dalam hal kebijakan dan langkah aplikatif penanganan Covid. Libatkan berbagai macam stake holder untuk mencarikan solusi dalam melawan penyerabaran covid-19 di kabupaten Labuhanbatu," tukas Doni.

"Bagi-bagi masker boleh saja tapi kurangi pencitraaannya. Masyakarat butuh peran ekstra Pemerintah dalam penanganan covid-19, baik itu dari sisi pencegahan dan penanggulangan penyebarluasan juga dalam hal perekonomian. Sehingga tidak ada masyakarat Labuhanbatu kelaparan karena tidak bergeraknya perekonomian yang disebabkan kondisi darurat bencana non alam covid-19 di Indonesia," tutupnya.
Editor: Budi

T#g:Bupati LabuhanbatuHMI
Berita Terkait
  • Senin, 29 Jun 2020 16:49

    Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan, Digelar Bersamaan Dengan Hari Keluarga Nasional

    Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional ke-XXVII Kodim 0209/LB bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu dalam hal ini dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP2KB) menggelar kegiatan Bak

  • Sabtu, 02 Mei 2020 19:32

    Pemuda Sumut, Muslim dan Kristen Serukan Pesan Damai Bulan Ramadhan

    Peristiwa intimidasi dan kekerasan yang dialami oleh pemilik warung di Batang Kuis mendapat respon dari berbagai kalangan lintas agama.

  • Senin, 13 Apr 2020 20:33

    Desak Sumut Segera Berlakukan PSBB, HMI: Jangan Anggap Enteng Nyawa Masyarakat!

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam langkah menangani pandemi Covid-19 sudah dilakukan oleh banyak daerah. Hal yang sama diharapkan dapat diberlakukan juga di Sumatera Utara.

  • Senin, 13 Apr 2020 11:53

    Gerakan Dapur Online Lakukan Aksi Nyata Berbagi Makanan Ke Masyarakat

    Anak muda Bandung serukan saling berbagi melalui 'Dapur Online' dan mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah itu untuk bergotong royong melawan pandemi Covid-19.

  • Sabtu, 04 Apr 2020 07:34

    Badko HMI Sumut: TNI-Polri Garda Terdepan Lawan Covid-19, Harus Dilengkapi APD

    Badko HMI Sumut turut menyoroti persoalan keamanan pihak-pihak yang berada di garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk dari pihak TNI dan Polri.

  • Jumat, 06 Mar 2020 06:26

    Generasi Muda Jangan Takut Omnibus Law

    Anggota DPD HIPPI Sumut, Ririn Frilla menilai yang perlu dilakukan anak muda dalam mencari kerja adalah meningkatkan kualitas diri."Jadi lebih kepada personal, gimana Sumber Daya Manusia (SDM) seseora

  • Jumat, 21 Feb 2020 22:01

    Bupati Labuhanbatu Tandatangani MOU Bersama UIN Sumatera Utara

    Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT Melakukan penandatanganan MOU (Memorandum Of Understanding) atau perjanjian kerjasama dengan Universitas Islam Negri (UIN) Sumatera Utara, Jum'a

  • Jumat, 14 Feb 2020 15:04

    Dukung Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, HMI: Sangat Banyak Untungnya

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mendukung berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Pendirian universitas ini dinilai HMI memiliki banyak keuntungan. "Dengan h

  • Rabu, 12 Feb 2020 19:32

    Kelompok Pemuda Islam dan Kristen Minta Polemik Pemusnahan Babi Berhenti

    Kelompok pemuda Islam dan Kristen yang ada di Sumatera Utara meminta agar polemik persoalan pemusnahan babi dihentikan. Polemik ini dinilai tidak perlu dibesarkan oleh masyarakat.Polemik ini sudah men

  • Rabu, 12 Feb 2020 18:52

    Bupati Labuhanbatu Mengupah-Upah 14 Kepala Desa Di Rumah Dinas Wakil Bupati

    Sebagai ucapan selamat, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT didampingi, Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe, ketua DPRD labuhanbatu Hj.Meyka Rian

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak