Jumat, 18 Jun 2021 10:51
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Gang diwakafkan untuk kuburan dialihkan jadi jalan perusahaan, warga protes PT. Evergreen

Gang diwakafkan untuk kuburan dialihkan jadi jalan perusahaan, warga protes PT. Evergreen

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 20 Apr 2021 09:40
Istimewa
Pertemuan warga gang Rukun dan gang Wakaf, Dalu X A, Kecamatan Tanjung Morawa, dengan pihak PT. Evergreen dan dari Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, Dinas Perhubungan, Inspektorat Deli Serdang, Satpol PP, Kepala Desa, yang difasilitasi Pemkab, Senin (19/4), gagal mencapai kesepakatan.

Menurut, Juniaty Aritonang, Kordinator Advokasi BAKUMSU yang menjadi pendamping hukum masyarakat, pihaknya tidak diberi kesempatan banyak untuk menyampaikan persoalan dimaksud.

"Pertemuan cenderung didominasi oleh pihak Pemkab yang dihadiri Asisten II Putra Jaya Manalu, SE, MM. Pejabat ini mencoba menggiring warga khususnya ahli waris tanah wakaf untuk bertemu secara khusus dengan pihak Evergreen yang difasilitasi oleh kepala desa Dalu XA," tuturnya dalam siaran pers, Selasa (20/4).


Dalam pertemuan, Nenek Parjiem selaku ahli waris dari tanah wakaf, menegaskan bahwa ahli waris menolak kalau tanah yang diwakafkan digunakan untuk jalan perusahaan Evergreen.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ustat Annuar Alayyubi Alhafidz, bahwa gang yang diwakafkan itu untuk akses jalan ke kuburan.

"Gang yang diwakafkan digunakan sebagai akses untuk jalan ke kuburan, bukan untuk jalan perusahaan, jadi jangan diganggu. Itu saja," ungkapnya.

"Warga lain yang ingin menyampaikan pernyataannya tidak diberi kesempatan. Demikian juga ketika pendamping hukum dari BAKUMSU ingin memberi keterangannya terkait kasus gang Rukun yang tidak disinggung dalam pertemuan tersebut. Malah, Asisten II meragukan kehadiran BAKUMSU sebagai pendamping hukum warga, dan mempertanyakan surat kuasa. Padahal di awal- awal pertemuan, dari puluhan yang hadir tidak ada dipertanyakan siapa saja yang hadir. Bahkan dari instansi lain tidak ada diberi kesempatan untuk berbicara," tutur Juniaty.


BAKUMSU menilai Pemkab Deli Serdang sangat tidak menghargai kebebasan setiap orang untuk berbicara. "Seharusnya setiap orang memiliki hak yang sama apalagi jika itu kasus yang saat ini sedang dihadapi dan butuh penyelesaian. Jadi, pertemuan untuk apa kalau peserta yang hadir khususnya dari korban langsung, tidak diberi kesempatan berbicara. Apalagi pendamping yang telah diberi kuasa oleh warga untuk mewakilinya baik di pengadilan maupun mediasi-mediasi yang sifatnya penyelesaian kasus," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 1984 warga memberikan tanah untuk dijadikan jalan umum seluas 3 Meter dan terdaftar sebagai jalan desa gang Rukun Dalu X A. Sementara tanah dan rumah di sekitarnya sudah 3 generasi dihuni oleh masyarakat. Namun, pada tahun 2020 tanpa sepengetahuan warga, dan tanpa keterlibatan masyarakat, pihak PT. Evergreen melebarkan jalan gang Rukun untuk dijadikan jalan bagi kendaraan PT. Evergreen Internasional Paper. Warga menolak pelebaran jalan tersebut karena menimbulkan kebisingan.

Salah satu warga, ibu Ade mengatakan, "Kami tidak anti pembangunan, bahkan kami akan beri tanah kami kalau untuk publik. Tapi ini untuk kepentingan perusahaan yang nyata-nyata tidak ada keuntungannya untuk warga. Oleh sebab itu kami tetap menolak pelebaran jalan."
Editor: Herda

T#g:BakumsuTanjung Morawa
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Jun 2021 14:27

    Lagi, Tim Tekab Sat Reskrim Polresta Deli Serdang Amankan 7 Pelaku Pungli

    Tujuh Premanisme pelaku Pungli di jalan Tanjung Morawa Pekan Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang berhasil diamankan Tim Tekab Sat Reskrim Polresta Deli Serdang saat sedang melakukan aksi

  • Rabu, 16 Jun 2021 11:36

    Empat Pria Pelaku Pungli Diamankan Tekab Reskrim Polsek Tanjung Morawa

    Polsek Tanjung Morawa Polresta Deli Serdang mengamankan empat pria pelaku pemungutan liar (pungli) terhadap supir truk dan mobil di empat lokasi berbeda.Keempat pelaku yakni, berinisial W (49) warga D

  • Sabtu, 12 Jun 2021 14:12

    BAKUMSU Apresiasi HKBP Tolak Relokasi HKBP Sikhem Sopo Komil

    Pimpinan tertinggi Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar telah menyatakan sikap tegas penolakan terhadap rencana relokasi gedung gereja HKBP Sikhem demi kepentingan

  • Kamis, 27 Mei 2021 19:17

    Masyarakat Minta PT. TPL Diusir Dari Wilayah Adat Masyarakat Adat Natumingka

    Masyarakat Adat Natumingka didampingi oleh Perhimpunan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat Sumatera Utara (BAKUMSU), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Tano Batak (AMAN TANO BATAK), Wahana Lingkungan Hid

  • Rabu, 19 Mei 2021 07:39

    Bakumsu: Hentikan Kriminalisasi terhadap Masyarakat Adat Natumingka, Balige

    Perhimpunan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat Sumatera Utara (BAKUMSU) mengutuk tindakan pihak PT Toba Pulp Lestari yang melakukan tindak kriminalisasi terhadap Masyarakat Adat Natumingka, Balige.

  • Senin, 17 Mei 2021 08:47

    Warga Tanjung Morawa ini ditemukan suaminya tewas gantung diri di kamarnya

    Reza Faisal Lubis (38) menemukan isterinya Juli Asrah (35) tewas tergantung dalam kamar rumahnya di Jalan Pahlawan Gang Kesuma Lingkungan I, Kelurahan Pekan Tanjung Morawa, Kecamatan Tanjung Morawa, K

  • Kamis, 29 Apr 2021 21:49

    Ruang Belajar Sekolah Madrasah Tsanawiyah Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

    Dua ruangan belajar sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Yayasan Pendidikan Sholihin yang beralamat di Gang Madrasah Dusun 2, Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, terbakar, pada Kamis (29/4/2021) sekira pukul 07.00 WIB.

  • Selasa, 27 Apr 2021 16:27

    Polresta Deli Serdang Bagikan Sembako Kepada Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK yang kali ini diwakili oleh Kasat Binmas Polresta Deli Serdang Kompol Adi Suwignyo kembali hadir membagikan paket Sembako kepada anak panti asuhan

  • Kamis, 22 Apr 2021 09:52

    Liput Pemakaman Pasien Covid-19, Diduga Keluarga Korban, Keroyok dan Aniaya Wartawan

    Tindak kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi. Kali ini dialami Budi Nyata, wartawan media online di Kabupaten Deli Serdang.

  • Selasa, 20 Apr 2021 15:30

    Pelaku Diduga Gangguan Jiwa, Ayah Sekarat Dibacok Anak Kandungnya

    Abdullah Chaniago (90) sekarat akibat dibacok anak kandungnya bernama Amran (45) warga Blok I, Gang Pancasila, Dusun IV, Desa Dalu Sepuluh A, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (18/4/2021) sekitar pukul.19.30 WIB.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak