Jumat, 25 Jun 2021 17:57
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Doa Bersama Hadapi Covid-19, Gubernur Edy Rahmayadi Berharap Pandemi Segera Berlalu

Doa Bersama Hadapi Covid-19, Gubernur Edy Rahmayadi Berharap Pandemi Segera Berlalu

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 30 Mar 2021 06:30
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Pemerintah Provinsi (Pempov) Sumatera Utara (Sumut) telah melakukan berbagai upaya mulai dari penanganan kesehatan, stimulus ekonomi, bantuan sosial, vaksinasi, hingga penegakan protokol kesehatan. Namun upaya tersebut mesti dibarengi dengan doa, sehingga Covid-19 diharapkan cepat hilang dari muka bumi, khususnya Sumut.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat Doa Bersama Lintas Agama, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Senin (29/3). "Kepada Tuhan lah kita harus kembali, tidak ada jalan lain," kata Gubernur.

Doa bersama diwakili para tokoh lintas agama. Antara lain mewakili Agama Islam Moh Hatta, mewakili Agama Kristen Eben Siagian, mewakili Agama Katolik Serfain Dany Sanusi, mewakilil Agama Hindu M Manugren, mewakili Agama Budha Indra Wahidin, mewakili Agama Konghucu Muslim Linggouw. Hadir Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina dan Asisten Administrasi Umum M Fitriyus.


Meski sudah ada vaksin, kata Gubernur, penegakan protokol kesehatan mesti tetap dijalankan. Gubernur mengaku sedih masih ada masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan. Masih banyak kerumunan dan tidak memakai masker, bahkan masih ada yang peluk cium di satu acara.

"Bahkan masih berpeluk cium pipi kanan kiri, saya sedih sekali melihat seperti itu, seolah olah hanya saya yang kepingin itu," kenang Edy Rahmayadi.

Untuk itu, Edy juga mengharapkan tokoh masyarakat agar mengimbau umatnya masing-masing menjalankan protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Ayolah masker ini satu-satunya obat yang paling manjur terhadap Covid-19, physical distancing, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan membatasi mobilitas," kata Edy.


Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Indra Wahidin mengharapkan kehidupan kembali normal. "Semoga masyarakat kita kembali hidup normal dan perekonomian juga kembali normal, semoga semua makhluk hidup berbahagia," kata Indra.

Mengenai penegakan protokol kesehatan di tempat ibadah, Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak mengatakan pihaknya telah mengimbau masyarakat menjalankan protokol kesehatan. "Itulah (imbauan) yang bisa kita lakukan," kata Maratua.

Doa bersama juga diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat di Sumut secara daring.
Editor: Tessa

T#g:Covid-19Covid 19Doa Bersama
Berita Terkait
  • Selasa, 22 Jun 2021 19:22

    Panglima TNI Tinjau Instalasi Terpusat OTG dan Kelurahan Rorotan di Cilincing

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., meninjau instalasi terpusat de

  • Senin, 21 Jun 2021 22:21

    Dua pasien Covid-19 Varian Baru Delta B.1.617.2 (India) Berhasil Disembuhkan

    Dua pasien dengan varian baru Delta B.1.617.2 (India) berhasil disembuhkan. Hal tersebut disampaikan Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra D

  • Jumat, 11 Jun 2021 00:21

    Panglima TNI Bersama Kapolri Pimpin Apel Satgas Penanganan Covid-19 di Lamongan

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. memimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pen

  • Kamis, 10 Jun 2021 23:20

    Panglima TNI Tinjau Serbuan Vaksinasi Untuk Lansia di Jawa Timur

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. melaksanakan kunjungan kerja ke wi

  • Selasa, 01 Jun 2021 20:31

    Aster Panglima TNI : Komsos TNI Dengan Masyarakat Cidahu Merupakan Bagian Binter di Era Pandemi Covid-19

    Kegiatan Komsos TNI dengan masyarakat Cidahu merupakan bagian dari metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang memiliki tujuan agar terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat, Tok

  • Selasa, 01 Jun 2021 11:51

    PKM di Sumut kembali Diperpanjang Hingga 14 Juni 2021

    Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kembali diperpanjang oleh Gubernur Sumut Edy Ramayadi, mulai 1 - 14 Juni 2021. Hal tersebut dilakukan untuk lebih

  • Selasa, 25 Mei 2021 07:04

    Ada yang meninggal terpapar Covid-19, warga Kwala Bingai gelar "Kenduri Tolak Bala"

    Pola hidup sehat serta menerapkan 3M dan disiplin Protokol Kesehatan, merupakan cara untuk menghindari munculnya klaster baru serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

  • Senin, 24 Mei 2021 09:04

    Plt Wali Kota - Thariqah Naqsabandiyah Doa dan Dzikir Bersama Untuk Keselamatan Sumatera Utara dan Tanjungbalai

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib mengikuti doa dan zikir bersama ulama dan jamaah Thariqah Naqsabandiyah pimpinan tuan Syekh H. Ridwan Sitorus untuk keselamatan Sumatera Ut

  • Sabtu, 22 Mei 2021 00:22

    Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Tertibkan Tempat Makan dan Hiburan Malam

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sumut mulai menertibkan tempat-tempat makan/minum dan hiburan malam, yang dinilai melanggar jam operasi, Kamis (20/5)

  • Minggu, 02 Mei 2021 20:02

    Warga Sidikalang Meninggal Terkonfirmasi Covid-19, Dimakamkan di TPU Sidiangkat

    Seorang perempuan berinisial KL (71) warga Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, dikabarkan meninggal dunia karena terkonfirmasi Covid-19.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak