Rabu, 12 Agu 2020 18:53
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Dari DPRD Medan, KIMSU Kirim Pernyataan "Dukung Revisi UU KPK" Ke Presiden dan DPR RI

Dari DPRD Medan, KIMSU Kirim Pernyataan "Dukung Revisi UU KPK" Ke Presiden dan DPR RI

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Alfan Maulana
Selasa, 10 Sep 2019 16:30
Alfan Maulana
Azmil Suhairy, saat diwawancarai media di depan DPRD Medan.
Aksi unjuk rasa menyatakan dukungan pada revisi UU KPK masih terus berlangsung di kota Medan.

Hari ini, Selasa (10/9/2019), ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Korps Indonesia Muda Sumatera Utara (KIMSU) mendatangi dan mengajak DPRD Medan ikut mendukung revisi UU KPK. Uniknya, diantara massa ada mahasiswa yang memakai pakaian adat Nusantara.

Koordinator aksi, Azmil Suhairy, menyatakan, "Revisi UU KPK mengakomodir semangat pencegahan, koordinasi dan kerja sama antar lembaga penegak hukum tindak pidana korupsi." 

"KPK bukan LSM, KPK bukan malaikat. KPK jangan kebal hukum", tegas Azril dalam orasinya.

"Sekarang ini kan sudah terbuka luas ke publik, seperti yang diutarakan sendiri oleh pimpinan KPK, Alexander Marwata bahwa sudah terjadi, ada penyidik yang menolak memberikan berita acara penyidikan kepada pimpinan KPK. Ini membuktikan ada sesuatu yang salah di tubuh KPK. Itu menunjukkan telah terjadi pelanggaran disiplin di kalangan pegawai penyidik KPK", tegasnya.


Selain itu, ia menyebut tindakan pelanggaran disiplin itu mencerminkan pimpinan KPK tidak memiliki wibawa di hadapan pegawainya. Dan membuktikan bahwa sistem manajemen kepegawaian, disiplin, profesionalitas dan akuntabilitas KPK patut diragukan.

"Untuk itu kami mendukung revisi UU KPK agar penyidik tidak liar, independen dan tidak bermain politik praktis", pungkasnya.

Menanggapi aksi ini, Hasyim, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan, mempersilahkan perwakilan KIMSU menggunakan faximile milik DPRD untuk mengirimkan surat pernyataan dukungan KIMSU ke Presiden dan DPR RI. Sesampainya di dalam, staf membantu perwakilan KIMSU mengirimkan pernyataan dukungan itu melalui e-mail.

Sebelumnya, pada Senin (9/9/2019), surat pernyataan dukungan Revisi UU KPK juga telah dikirimkan oleh perwakilan duaratusan massa Kongres Rakyat Bersatu Sumatera Utara (KRBSU) melalui faximile dari ruang Komisi A DPRD Sumut ke Presiden dan DPR RI.

Editor: Budi

T#g:DPRD MedanRevisi UU KPK
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Agu 2020 18:22

    Wali Kota: Kita Harus Bisa Bangkitkan Perekonomian Di Masa Pendemi Covid-19

    Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menerima kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Kota Medan  dalam hal bantuan sosial pemerintah daerah kepada masyarakat berdampak Covid-19 di

  • Kamis, 02 Jul 2020 21:42

    Komisi 4 DPRD Medan Kunker Ke Dinas Perkimsih Tebing Tinggi

    Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Kebersihan (Perkimsih) Tebingtinggi menerima rombongan Komisi 4 DPRD Medan yang diketuai Paul Rajagukguk melakukan kunjungan kerja (Kunker), Kamis (2/7). Ka

  • Senin, 29 Jun 2020 16:59

    Pemko Medan Sampaikan Nota Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD

    Pemko Medan serius melakukan penanganan terhadap Wabah Virus Corona (Covid-19) termasuk pada dampak yang ditimbulkan oleh wabah tersebut.Hal ini diantaranya, Pemko Medan telah mengeluarkan Perwal Meda

  • Selasa, 19 Mei 2020 21:49

    Akhyar: Seluruh Pimpinan OPD Harus Tingkatkan Kinerja

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan rekomendasi dan masukan yang disampaikan DPRD Medan akan menjadi acuan bagi Pemko Medan dalam mewujudkan suksesnya pembangunan kota.

  • Sabtu, 25 Apr 2020 14:35

    Tindakan Aulia Rachman Surati Pengusaha Coreng Citra Partai Gerindra

    Ketua Komisi II DPRD Kota Medan Aulia Rachman menyurati pengusaha untuk meminta Bantuan Sembako terkait dampak Covid-19 merupakan langkah yang salah dan keliru. Sikap itu sangat memalukan dan mencoreng citra legislatif dan partai Gerindra.

  • Selasa, 31 Mar 2020 10:51

    DPK KNPI Minta Rumah Sakit Transparan Soal Warga Medan Denai, Meninggal Akibat Corona Atau Bukan?

    Di tengah beredarnya virus corona yang melanda, DPK KNPI Medan Denai angkat bicara atas beredarnya di berita daring mengenai terjadinya perdebatan antara pihak kepolisian dan salah seorang anggota DPRD Kota Medan.

  • Senin, 25 Nov 2019 08:05

    Hasyim: Mari kita bangun Kota Medan dengan semangat gotong-royong

    Tantangan pembangunan ke depan cukup berat, tapi jika dilakukan dengan bersama-sama serta dilandasi semangat gotong-royong, tentunya semua yang menjadi kendala dapat diatasi. Saat ini prioritas utama

  • Jumat, 08 Nov 2019 14:28

    Resmi, Hasyim Ketua DPRD Medan

    Hasyim SE resmi menjadi Ketua DPRD Medan masa jabatan 2019-2024. Selain Hasyim, Ihwan Ritonga dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Rajuddin Sagala dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

  • Minggu, 27 Okt 2019 22:47

    Soal UU KPK, Ketua HMI Sumut Lebih Memilih Kajian Akademis dan Jalur Konstitusional Daripada Turun Ke Jalan

    Aktifis Mahasiswa Sumatera Utara menilai bahwa mengedepankan forum diskusi dan kajian dalam menyikapi pengesahan Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) yang baru jauh lebih berbobot diban

  • Sabtu, 19 Okt 2019 21:29

    Diskusi JAKDI & FISHUM, "Peran Akademisi Dalam Perppu UU KPK"

    Polemik di masyarakat terkait kebijakan Perppu UU KPK menjadi sorotan bagi pergerakan kelompok mahasiswa, khususnya mahasiswa di Yogyakarta.Hal ini terlihat pada saat aksi "Gejayan Memanggil" dimana m

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak