Rabu, 03 Mar 2021 02:17
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Citarum Harum, Dulu Tercemar Ringan, Kini Ikan Bisa Hidup di Sektor 6

Forkopimda Jabar menebar benih ikan lele, nila, dan patin serta menanam pohon di Bojongsoang

Citarum Harum, Dulu Tercemar Ringan, Kini Ikan Bisa Hidup di Sektor 6

Bandung (utamanews.com)
Oleh: Efendi
Sabtu, 16 Jan 2021 12:16
Istimewa
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Komandan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum melakukan kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6 Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (13/1/2021). 

Adapun benih ikan yang ditebar adalah lele, nila, dan patin sejumlah 2,5 ton. Sementara untuk penanaman pohon dilakukan simbolis penanaman enam bibit pohon mangga dan alpukat. 

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- berujar, Satgas Citarum Harum terus menjalankan 13 program rencana aksi untuk pencegahan, penanggulangan, hingga pemulihan, termasuk salah satunya lewat "Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon" di Jabar. 

"Hari ini, Rabu (13/1), kami melaksanakan inspeksi kemajuan Citarum Harum yang ambang batasnya tadi target akhir tahun adalah 'Tercemar Sedang' ternyata saat ini 'Tercemar Ringan'," ucap Kang Emil. 

"Semoga bisa menyelesaikan (program) lebih cepat dari (arahan di) Peraturan Presiden yaitu 7 tahun, mungkin dalam 2 tahun lagi bisa jauh lebih baik," tambahnya. 


Penebaran benih ikan sendiri dilakukan untuk membuktikan bahwa DAS Citarum khususnya Sektor 6 sudah bisa menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan. 

"Karena sekarang sudah Tercemar Ringan, kami ingin membuktikan minimal ikan dulu bisa hidup. Suatu hari bisa melihat ikan berkembang biak dan menjadi habitat ekologi," tutur Kang Emil. 

"Setelah target ikan bisa hidup, baru manusia bisa renang. Nah, supaya tidak terjadi longsoran, dilanjutkan menanam pohon. Dari program 50 juta, sudah 20 jutaan yang tertanam di lereng gersang dan tepi sungai," ucapnya. 

Kang Emil menambahkan, gerakan menanam pohon pun tidak hanya dilakukan oleh TNI/Polri, tetapi dilanjutkan oleh gerakan masyarakat, termasuk oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jabar. 

Kang Emil pun mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon yang digagas Kodam III/Siliwangi khususnya Sektor 6 Citarum. 

"Terima kasih kepada Pangdam dan jajaran, khususnya Dansektor 6. Sejak tahun pertama sudah membina dan mendisiplikan agar Citarum Harum sukses. Secara umum, saya tidak melihat sampah, relatif bersih, " ucap Kang Emil. 


"Suatu hari konsep Citarum sebagai ekologis ruang sosial bisa dihadirkan. Tahun ini kegiatan utama Citarum masih sama, akan terus dilakukan sampai akhirnya Citarum jernih dan harum," tegasnya. 

Sementara itu, Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto sekaligus Wakil Komandan Bidang Penataan Ekosistem I Satgas Citarum Harum mengatakan, saat ini status Sungai Citarum sudah "Tercemar Ringan" dari "Tercemar Berat" pada 2018. 

"Oleh karena itu, sosialisasikan ke seluruh warga Jabar. Hari ini kita menebar ikan, ikan sudah bisa hidup di Sungai Citarum.
Dulu tidak bertahan hidup lebih dari 3 hari," kata Pangdam III/Siliwangi. 

"Dan kali ini, saya dan Forkopimda menyusuri sungai untuk menebar ikan. Di sana siapkan berbagai macam ikan, ada nila, patin, dan lele. Kalau sudah besar bisa dipancing dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Dengan bekerja sama, kita bisa mengembalikan Citarum yang harum," tutupnya. 

Turut mengikuti kegiatan kali ini antara lain Kapolda Jabar Irjen Pol. Ahamd Dofiri, Kajati Jabar Ade Adhyaksa, Sekda Kabupaten Bandung Tisna Umaran, Komandan Sektor 6 Citarum Kolonel Arh Didik Suswandi, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, serta Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil.
Editor: Mario Abdillah

T#g:sungai
Berita Terkait
  • Senin, 22 Feb 2021 10:32

    Peringati HPSN, Komunitas Ini Aksi Bersih Sungai, Terkumpul 1 Ton Sampah

    Sejumlah komunitas peduli lingkungan di Medan menggelar aksi bersih bantaran sungai untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Minggu (21/2/2021).Hasil aksi bersih Sungai Babura, Kampung S

  • Selasa, 02 Feb 2021 10:32

    Karya Bakti TNI-Polri Pembersihan Rumah Warga Terdampak Banjir Sungai Bedadung

    Dipimpin Kapolsek dan Danramil 0824/11 Sumbersari, sebanyak 15 personel TNI dan 15 orang Polri serta 70 orang warga masyarakat, melaksanakan Karya bakti TNI-Polri dengan sasaran membersihkan rumah war

  • Rabu, 13 Jan 2021 20:33

    TKPSDA WS Ular Padang- Belawan Tetapkan Rekomendasi Pengelolaan Sungai Padang

    Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS) Belawan - Ular -  Padang menyepakati rumusan rekomendasi hasil Rapat Sidang III melalui Video Conference (Zoom Meeting) terka

  • Minggu, 27 Des 2020 19:57

    Babinsa Koramil 0824/20 Gumukmas Kerjabakti Normalisasi Saluran Irigasi

    Bertempat di Dusun Jatiagung Desa Gumukmas Kec. Gumukmas Kab. Jember, pada Minggu (27/12/2020) dilaksanakan kerja bakti masyarakat dengan sasaran normalisasi saluran irigasi sepanjang 200 meter.Hadir

  • Selasa, 15 Des 2020 17:55

    Satpam PLTMH Lau Gunung Tewas Terseret Arus Sungai Saat Akan Mandi di Sungai

    Satpam Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lau Gunung, Dodi Suhendra Pinem warga Desa Kuta Buluh, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi tewas hanyut saat mandi di sungai dekat bendungan PL

  • Sabtu, 12 Des 2020 05:12

    BNPB Usulkan Vetiver untuk Cegah Longsor Tepi Sungai di Sumut

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggunakan tanaman vetiver (akar wangi) sebagai solusi untuk mencegah bencana banjir dan longsor tepi sungai di wilyah Sumatera Utara (Sumut). Akar w

  • Senin, 07 Des 2020 21:27

    Menteri PUPR Bersama Gubernur Sumut Tinjau Lokasi Banjir

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir di Perumahan De Flamboyan Tuntungan, Kanal M

  • Sabtu, 05 Des 2020 23:15

    Kembali Tinjau Perumahan Warga, Gubernur Edy Pastikan Pembenahan Pasca Banjir Lancar

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nawal Edy Rahmayadi melakukan peninjauan kembali ke pemukiman warga yang ter

  • Selasa, 01 Des 2020 17:21

    Pemko Tebing Tinggi Lakukan Recovery Akibat Banjir Sungai Padang

    Pemerintah Kota Tebingtinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebingtinggi melakukan perbaikan tanggul Sungai Padang yang jebol akibat banjir kir

  • Kamis, 05 Nov 2020 16:05

    Prof Djohar Arifin Husin Resmikan 'Doremi River' di Gebang, Langkat

    Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) merupakan salah satu Komisi dengan lingkup tugas di bidang Pendidikan, Olahraga, dan Sejarah.Guna menjalankan lingkup tugasnya, salah seora

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak