Kamis, 19 Sep 2019 12:31
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Bupati dan Masyarakat Jember Sepakat Tolak Penambangan Emas di Blok Silo

Bupati Jember Didampingi Dandim 0824 Terkait Penambangan Blok Silo

Bupati dan Masyarakat Jember Sepakat Tolak Penambangan Emas di Blok Silo

Jember (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Jumat, 21 Sep 2018 20:41
Sis24
Beberapa hari ini kegaduhan menyelimuti masyarakat Kecamatan Silo Kabupaten Jember terkait beredarnya salinan surat ijin penambangan di Blok Silo yang telah terbit dan dikeluarkan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Memang di Kecamatan Silo terdapat wilayah yang disinyalir memiliki kadar emas dan sejak dahulu masyarakat sekitarnya memang tegas menolak penambangan.

Terkait hal tersebut Bupati Jember beberapa hari yang lalu dengan sigap menemui Menteri ESDM RI Ignatius Jonan untuk menyampaikan keberatan dengan terbitnya surat ijin tambang terutama yang terkait dengan Blok Silo Kabupaten Jember, karena masyarakat setempat sudah jelas menolak.

Kemudian guna menjernihkan kegaduhan masyarakat berkepanjangan, pada Jum'at (21/09/2018) Pukul 16.00 Wib, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., didampingi oleh Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menggelar audensi dengan masyarakat Silo di Balai Kecamatan Silo untuk menyampaikan hasil pertemuannya dengan Menteri ESDM RI.

Turut hadir pada audensi tersebut  diantaranya Kepala Dinas Cipta Karya Kab Jember Yesssiana Arifa, Muspika Silo, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta 250 orang warga masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Silo (Formasi) yang diketuai oleh Ust. Hasan Basri, M.Pd.


Masyarakat yang hadir sejak pukul 14.00 WIB di kantor Kec. Silo, selanjutnya melaksanakan absensi kehadiran dan menggelar poster yang pada intinya masyarakat menolak penambangan di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Pada pukul 16.45 Wib Bupati Jember dr Hj Faida MMR tiba di tempat acara baru kemudian acara dapat dimulai dan diawali dengan sambutan Kepala Desa Pace Farohan, M.Pd  mewakili masyarakat, yang menyampaikan kekecewaan masyarakat dengan terbitnya surat ijin tambang khususnya blok Silo dan dengan tegas masyarakat menolak. "Kami mohon dukungan Forkopimda Jember khususnya Bupati Jember untuk tegas menolak tambang tersebut," ujarnya.

Selanjutnya dalam sambutannya Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR menyampaikan, "Terkait dengan ijin tambang yang sudah terbit tersebut saya berharap warga Silo tetap tertib dan melakukan kegiatan rutinitasnya seperti biasa.
Kami Forkopimda Jember juga sepakat menolak tambang, bahkan saya sudah menemui Menteri ESDM Ignatius Jonan dan menyampaikan keberatan terkait ijin tambang yang terbit khususnya untuk Blok Silo, bahkan Presiden RI Joko Widodo pun saat kami temui juga berkomitmen agar ijin tambang blok Silo dicabut."

"Untuk itu masyarakat tidak perlu ke Jakarta, percayakan kepada kami Bupati, selanjutnya kita akan melanjutkan pelaksanaan pembangunan-pembangunan seperti RTLH, Mushola, Jalan, penerangan jalan jalan umum di wilayah Kec. Silo," tutur Bupati.


Dalam wawancaranya dengan awak media, Bupati Jember dr Hj Faida MMR dengan tegas mengajak masyarakat untuk kembali pada kegiatan rutinitasnya dan tidak usah resah dengan terbitnya ijin tambang tersebut. "Saya sudah menghadap Menteri ESDM RI untuk mencabut ijin tersebut karena masyarakat Silo menolak penambangan di wilayahnya.
Untuk itu saya menyadari bahwa sejatinya tugas pemerintah melayani masyarakat sehingga saya langsung kesini menemui warga masyarakat dan menyampaikan hasil pertemuan saya dengan Kementrian ESDM maupun Presiden RI dan memohon agar ijin tambang tersebut dicabut," tambahnya.

Saat ditanyakan bagaimana tanggapan Menteri ESDM RI, Bupati Jember menegaskan bahwa dengan rekomendasi Gubernur Jawa Timur Pak Menteri akan mencabut lampiran 4 atau khususnya yang terkait dengan ijin tambang di Blok Silo ini. "Jadi masyarakat saya kira tidak usah terlalu khawatir, karena penambangan pasti memerlukan dukungan masyarakat kalau masyarakat menolak penambangan tersebut tidak akan dapat dilaksanakan," pungkasnya.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Jember saat ditanya tanggapannya terkait penolakan tambang di Silo ini menyampaikan bahwa kita Forkopimda pada intinya mendukung keputusan pemerintah dalam hal ini Bupati yang juga menolak penambangan sesuai kemauan masyarakat. "Dilakukannya langkah-langkah cepat oleh Bupati Jember tersebut saya berharap agar masyarakat kembali menjaga kondusifitas dan melakukan kegiatan rutinitas  sehari-hari seperti sedia kala," kata Dandim.

Editor: Erickson

T#g:ESDMtambang
Berita Terkait
  • Jumat, 21 Sep 2018 18:31

    Kementrian ESDM Bagikan 310 Konverter KIT untuk Nelayan Labuhanbatu

    Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melalui Sekretaris Jendral Dr. Ir Ego Syahrial MSc membagikan 310 paket Konverter Kit yang terdiri dari 310 mesin, 310 longtik, dan 620 tab

  • Rabu, 21 Mar 2018 18:11

    Menteri ESDM & Gubsu Terima 35 Inspektur Tambang Migas Di Kualanamu

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mendampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menerima 35 inspektur tambang dan migas yang merupakan pegawai di Kementerian ESDM sebelum bertolak ke

  • Minggu, 10 Des 2017 20:00

    Dandim 0824 Pimpin Evakuasi 4 Penambang yang Terjebak, 3 Tewas

    4 penambang, masing-masing bernama Taufik (40 Tahun), Bari (18 Tahun), Fredi (27 Tahun) warga Dusun Sanggar Desa Subo dan Mbah Wardi (57 Tahun) Warga desa Jatian Kecamatan Pakusari Jember, terjebak di

  • Rabu, 30 Agu 2017 12:50

    Jonan: Freeport Setuju Divestasi 51 Persen Saham & Bangun Smelter

    Pemerintah dan PT Freeport Indonesia mencapai kesepakatan.

  • Selasa, 29 Agu 2017 22:19

    Polisi amankan 29 warga Purba Pargodung Humbahas

    Polres Humbahas mengamankan 29 warga yang terlibat penganiayaan terhadap operator alat berat escavator di lokasi penambangan batu Dolok Sipalaki. milik CV. Mitra Pardomuan, Selasa siang (29/8/2017).

  • Jumat, 04 Agu 2017 16:44

    Ditjen Minerba ESDM bina dan awasi Pertambangan di Sulawesi Utara

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memastikan tata kelola subsektor mineral dan batubara semakin efisien.

  • Jumat, 14 Jul 2017 17:44

    Panglima TNI: TNI Siap Bantu Amankan Eksplorasi dan Eksploitasi ESDM

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa, TNI akan membantu mengatasi masalah keamanan dari gangguan kapal-kapal asing pada saat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mel

  • Sabtu, 17 Jun 2017 15:17

    Tambang Emas Martabe harus tingkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar

    Sebelum kembali ke Medan melalui Bandara FL. Tobing, Pinang Sori dalam rangkaian Safari Ramadhan Pemprovsu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut yang akan menjabat

  • Sabtu, 11 Feb 2017 20:19

    JMT-PELA Pertanyakan Statemen Pemprov Sumut Terkait IUP Mineral Logam

    Jaringan Monitoring Tambang dan Pelestarian Alam (JMT-PELA) sangat mengapresiasi statement yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatara Utara melalui Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

  • Minggu, 17 Jul 2016 10:29

    Sudirman Said lepas 120 Patriot Energi

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melepas 120 patriot energi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu (16/7/2016). Program patriot energi ini digelar dalam rangka mengatasi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak