Jumat, 25 Jun 2021 17:16
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Antrian Pencairan Dana Program Mekar di BNI Binjai Membludak, Warga Kecewa

Antrian Pencairan Dana Program Mekar di BNI Binjai Membludak, Warga Kecewa

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 13 Apr 2021 21:03
Istimewa
Ratusan warga yang menerima bantuan dari program tabungan BNI Mekar, berjubel di Kantor BNI Binjai, yang beralamat di Jalan T Amir Hamzah, Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Binjai, Selasa (13/4).

Berjubelnya ratusan masyarakat di Kantor BNI Binjai, menurut beberapa warga, dikarenakan mereka dijanjikan akan menerima pencairan dana sebesar Rp 1,2 Juta melalui rekening tabungan Mekar yang diterbitkan oleh BNI untuk para penerima bantuan Presiden yang memiliki usaha Mikro kecil dan menengah (Banpres UMKM).

Namun, sangat disayangkan. Sebab, BNI Binjai malah terkesan cuek dan tidak mengindahkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang menjadi kunci penting untuk mengurangi Diseasevirus Corona 2019 (Covid-19).

Pantauan awak media di lokasi, selain tidak menerapkan Prokes, pihak BNI Binjai tidak siap untuk menampung membludaknya ratusan warga yang berkumpul tepat di depan gedung BNI.


Tidak hanya itu, warga juga merasa kecewa karena setelah mengantri beberapa jam, namun akhirnya bantuan yang dijanjikan belum juga dapat dikucurkan.

"Cemana ini. Kami disini sudah 12 jam. Dari jam 1 malam kami antri. Tapi malah dipersulit oleh pihak Bank. Padahal uangnya sudah di ATM, tapi dibekukan oleh Bank BNI. Kami dipersulit untuk mengambil hak kami," ungkap beberapa warga dengan nada kesal. 

Bahkan, hingga pukul 13.00 Wib, warga terlihat masih berjubel di Kantor BNI Binjai untuk menunggu dana yang dijanjikan. "Hari ini gak bisa cair juga, mulai besok katanya setiap hari hanya 50 orang saja yang akan dicairkan. Sedangkan berkasnya sudah dimasukkan. Padahal kami puasa," ungkap Melisa Putri, salah seorang yang mengaku penerima bantuan.

Tidak siapnya pihak BNI dalam menampung masyarakat yang akan mengambil bantuan, banyak disesalkan oleh berbagai pihak. Sebab, selain warga kecewa karena waktunya terbuang percuma, banyaknya warga yang berjubel tentunya dapat menimbulkan Klaster baru penyebaran Covid-19.


Guna mengantisipasi hal itu, awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada Pihak BNI Binjai. Namun, saat akan mengambil foto tepat didepan Kantor BNI Binjai, salah seorang Pegawai BNI dengan kepala sedikit plontos dan disebut sebut merupakan Pimpinan Bank BNI Binjai, mencoba melarang awak media yang akan mengambil dokumentasi (foto) itu dan tidak mau memberikan komentar.

Karena berpotensi menimbulkan Klaster baru penyebaran Covid-19, awak media pun mencoba melakukan konfirmasi ke Satgas Covid-19 Kota Binjai.

"Kita sudah himbau mereka dan kita sudah kordinasi dengan instansi terkait. Namun untuk penegakan hukumnya ada di Satpol PP," ucap Dr Sugianto, Kadis Kesehatan Kota Binjai.

Terkait membludaknya ratusan warga yang ingin mengambil bantuan di Bank BNI Binjai karena tidak menerapkan Prokes ini membuat Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, angkat bicara. Saat dikonfirmasi awak media, ia mengaku sangat menyesalkan ketidaksiapan pihak Bank BNI Binjai.


"Sangat disayangkan, pihak Bank yang membagikan dana program Mekar ke masyarakat, kurang memperhatikan Prokes dan tidak mengantisipasi terhadap potensi kedatangan masyarakat yang ramai pada waktu tertentu," ujar Hendro dengan nada kesal.

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menegaskan, kita semua seharusnya punya tanggung jawab yang sama dalam menerapkan Protokol Kesehatan, karena dengan hal itu bagian dari kontribusi kita selaku masyarakat untuk bersama sama terhindar dari wabah pandemi Covid-19.

Sebagai wakil rakyat, Hendro Susanto juga mengatakan, menurut informasi yang kita dapat dari laporan masyarakat, harusnya kegiatan tersebut melibatkan Satpol PP dan pihak keamanan dalam mengantisipasi kemungkinan membludaknya masyarakar yang hadir.

"Seharusnya kan bisa dengan cara membagikan kupon dan jam kedatangannya, jika ada pesertanya sudah ada. Harus dicek lagi itu, data peserta menerima manfaat program mekar tersebut," bebernya dengan nada kesal.


Sedangkan untuk lokasi pembagian program Mekar di gedung Bank BNI tersebut, menurut Hendro, tidak representatif. Sebab, lanjut Hendro, seharusnya hal itu bisa dilaksanakan di tanah lapang atau ada Petugas Bank yang membagikan ke rumah warga, jika memang data pesertanya sudah ada.

"Kita minta pihak Satpol PP agar mengecek langsung kejadian tersebut, jika ditemukan adanya unsur kesengajaan melanggar Prokes, maka bisa dibuatkan laporan lanjutan. Lakukan pembinaan kepada pihak Bank tersebut agar jangan terulang lagi hal yang sama. Ingat bahwa kita masih dalam pandemi," tegas Hendro.

Diketahui, selain tidak terlihat petugas Satpol PP dilokasi Bank BNI Binjai, kerumuman warga tersebut tentunya dapat menimbulkan klaster baru Covid-19. Tidak hanya itu, banyaknya warga yang berjubel, mengakibatkan arus lalulintas mengalami kemacetan karena separuh badan jalan dipadati oleh masyarakat yang akan mengambil bantuan di Bank BNI Binjai.
Editor: Herda

T#g:BNIbinjai
Berita Terkait
  • Kamis, 24 Jun 2021 16:14

    Polres Binjai: Belum Ada Saksi Menyatakan Ridwan Ginting Korban Penganiayaan

    Hingga saat ini, Polres Binjai masih terus melanjutkan proses penyelidikan atas kasus dugaan penganiayaan terhadap Ridwan Ginting, warga Dusun V Bandarmeriah, Desa Pekan Sawah, Kecamatan Sei Bingai, K

  • Kamis, 24 Jun 2021 15:34

    Forkopimda Kota Binjai Matangkan Pembentukan "Kampung Tangguh Anti Narkoba"

    Polres Binjai Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Binjai, menggelar rapat Koordinasi dalam rangka pembentukan "Kampung Tangguh Anti Narkoba", Kamis (24/6) di Aula Catur Sakti Ma

  • Kamis, 24 Jun 2021 14:24

    Satgas PPKM Mikro Jatinegara Binjai Laksanakan Kegiatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19

    Satuan Tugas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Satgas PPKM) Mikro Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Binjai Utara, melaksanakan penyemprotan Desinfektan, sosialisasi 5M dan pembagian Masker di

  • Kamis, 24 Jun 2021 13:24

    Sambut HUT Bhayangkara, Polres Binjai Beri Perpanjangan SIM Gratis dan Berbagi Ke Pengendara

    Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-75 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2021 nanti, Polres Binjai melaksanakan Kegiatan Simpatik berupa perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) A dan C secara g

  • Rabu, 23 Jun 2021 20:13

    Oknum ASN Pemko Binjai Diduga Melakukan Penipuan

    Seorang oknum Dokter berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berdinas di Dinas Kesehatan Kota Binjai, diamankan aparat Penegak Hukum karena diduga melakukan penipuan.Diamankannya seorang wanita yang

  • Rabu, 23 Jun 2021 11:33

    Aksi Damai 'Jangan Rampas Kebebasan Pers', Tuntut Pembakaran Rumah Wartawan Binjai Diusut Tuntas

    Puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Wartawan Binjai, menggelar Aksi Damai di Bundaran Lapangan Merdeka Binjai, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (23/6).Dengan mengenakan a

  • Selasa, 22 Jun 2021 18:02

    Hj Nurhayati Amir Hamzah Kunjungi TP PKK Kecamatan dan Kelurahan Se-Kota Binjai

    Ketua TP PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Amir Hamzah, beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja ke seluruh Kecamatan dan Kelurahan di Kota Binjai, Senin (21/6).Kunjungan ini dalam rangka konsolid

  • Selasa, 22 Jun 2021 14:22

    Walikota Binjai Hadiri Panen Raya Sayur Ekowisata "Sovia Maju" di Cengkeh Turi

    Guna mendukung dan mewujudkan Swasembada Pangan, khususnya di bidang Pertanian, Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, meminta kepada para Petani maupun yang tergabung dalam Poktan (Kelompok Tani) unt

  • Selasa, 22 Jun 2021 11:52

    1000 Warga Ditargetkan Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap 2 di GOR Binjai, Hari Ini

    Penyuntikan Vaksinasi tahap kedua digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai, di Gedung Olahraga (GOR) yang beralamat di Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (22/6)

  • Selasa, 22 Jun 2021 10:52

    Temukan Warga Positif, Tim PPKM Covid-19 Kelurahan Kebun Lada Lakukan Tracing

    Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah kebijakan Pemerintah Indonesia sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.Sebelum pelaksanaan PPKM, Pemerintah telah

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak