Jumat, 06 Agu 2021 09:28
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Ajak Gereja Pelihara Kearifan Lokal Jaga Keutuhan NKRI

Bertemu Pimpinan Sinode GKPS,

Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Ajak Gereja Pelihara Kearifan Lokal Jaga Keutuhan NKRI

Pematang Siantar (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 16 Feb 2021 20:06
Istimewa
Pdt. Willem Simarmata dan pimpinan Sinode GKPS di Pematangsiantar, Selasa. (16/2).
Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata MA bertemu pucuk pimpinan sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) di Kantor Sinode GKPS Pematangsiantar, Selasa (16/2/2021).

Menurut Pdt Willem TP Simarmata, Gereja harus mengambil peran aktif dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan memupuk kearifan lokal seiring dengan makna pelayanan gereja.

"Tidak ada warna lain selain merah putih, tidak ada rupa lain selain Garuda Pancasila yang menjadi lambang negara kita. Dalam ikatan bhinneka tunggal ika, kearifan-kearifan lokal menjadi pemersatu yang paling dasar, sebagaimana yang selalu dilakukan presiden Joko Widodo, menghargai budaya dan kearifan lokal, menjadi sarana kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan kita," kata Pdt Willem TP Simarmata di hadapan pimpinan Sinode GKPS.

Peran gereja dalam menopang kesatuan dan persatuan NKRI bisa dibuktikan dengan pemeliharaan akan jemaat dengan tidak mengabaikan kearifan lokal yang saling mendukung dengan nilai moral dalam Alkitab.




Dicontohkan Pdt Willem, dalam adat Simalungun ada istilah 'Ina Pardinding', yang artinya seorang ibu yang mampu menjaga kehormatan keluarganya. Kemudian 'Ina par para-para', yang mengisyaratkan seorang ibu yang bijaksana yang memiliki kemampuan mengelola keuangan dan keberadaan keluarga. "Ada banyak nilai-nilai luhur yang sudah kita miliki sejak dahulu, harusnya mampu mengajari kita untuk lebih Arif dan bijak sana dalam menjalani kehidupan ini," ujarnya.

Untuk itulah, peran gereja seperti GKPS harus mampu mengarahkan para pengerja dan jemaat untuk menjadikan kehidupan sehari-hari menjadi penopang keberlangsungan NKRI. "Para hamba Tuhan juga harus kreatif dalam mengelola kehidupan sehari-hari, dengan menggunakan kreatifitas dalam memenuhi kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Moderator UEM (United Evangelical Mission) ini juga menyebutkan, terutama dalam menghadapi pandemi seperti saat ini gereja harus menyadarkan jemaat untuk mematuhi protokol kesehatan. "Kita percayakan kepada pemerintah dengan adanya vaksinasi saat ini, agar kita patuhi," ujarnya dalam acara yang dipimpin Ephorus GKPS, Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba, dan Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe.


Disebutkan, sesuai dengan tema pelayanan GKPS "Persekutuan dan Pelayanan yang berdampak" mestinya diawali dari para pengerja seperti hamba Tuhan, memanfaatkan lingkungan sekitar dan mengikuti perkembangan teknologi dalam rangka revolusi industri 4.0.

Sebagaimana misi para misionaris pada awalnya, pelayanan penginjilan dibarengi dengan pendidikan dan pembangunan ekonomi masyarakat. Fungsi itu tidak terlepas dari gereja saat ini, harus berorientasi kepada pembangunan jemaat demi kesejahteraan bersama.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe saat membuka acara memaparkan kondisi pelayanan GKPS setelah pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu. Sinode dilaksanakan secara virtual dan offline bahkan pemilihan pucuk pimpinan sinode GKPS juga sudah dilakukan dengan virtual.

Kemudian usai acara tatap muka, Ephorus GKPS Pdt Dr. Deddy Fajar Purba menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ephorus emeritus HKBP itu karena kesediaannya hadir dan memberikan semangat serta informasi yang sangat berguna untuk pengembangan GKPS ke depan. "Sebagai senior, kehadiran beliau sangat bermanfaat. Kita justru sangat berterima kasih, ada banyak informasi yang menarik dan pemahaman akan kebangsaan yang mendasar kita peroleh hari ini," katanya.
Editor: Bungaran Saragih

T#g:DPD RIGKPS
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Jul 2021 18:29

    Peduli, Pdt Willem TP Simarmata Berikan Bantuan Beras untuk Warga Korban Puting Beliung

    Sejumlah rumah di pinggiran Kota Medan tepatnya di Tanjung Selamat, Deliserdang dan sekitarnya mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi pada 28 Juni 2021.Atap sejumlah rumah beterb

  • Sabtu, 12 Jun 2021 15:52

    Tidak Pro Rakyat, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Minta Pemerintah Pikir Ulang Tentang Pajak Sekolah dan Sembako

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata menilai rencana pemerintah untuk mengadakan Pajak Pertambahan Nilai atas Sekolah dan produk pertanian, perikanan, peternakan, dan lain sejenisnya tidak pro rakya

  • Jumat, 28 Mei 2021 18:58

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Deliserdang

    Selama tiga hari, 21-23 Mei 2021, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wisma HKBP Penara, Desa Wonosari, Kab Deli Serdang.

  • Senin, 17 Mei 2021 21:57

    Senator Pdt Willem TP Simarmata Beri Bantuan Beras untuk Pesantren Mantan Teroris

    Anggota DPD RI asal Sumut Pdt Willem TP Simarmata mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hidayah di Jl Sawit Rejo, Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Senin (17/5/2021).

  • Jumat, 02 Apr 2021 10:02

    TP2GD Sumut Usulkan HM Arsyad Thalib Lubis Jadi Pahlawan Nasional

    Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar sidang kajian untuk pengusulan gelar pahlawan nasional. Setelah mengkaji pengusulkan nama Sanusi Pane d

  • Minggu, 28 Mar 2021 18:28

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Kecam Keras Tindakan Biadab Pelaku Bom Katedral

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengecam aksi bom bunuh diri yang menelan korban di Gereja Katedral Makassar Jalan Kajaolalodo - Botolempangan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri terjadi sekita

  • Kamis, 18 Feb 2021 16:28

    Anggota DPD RI, Dr Willem TP Simarmata Temui Ketua MUI Sumut

    Anggota DPD RI, Pdt Dr Willem TP Simarmata, MA temui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Kamis (18/02/2021), di Kantor MUI Sumut Jl Majelis Ulama No 3 Gaharu, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumu

  • Jumat, 05 Feb 2021 05:05

    DPD RI Apresiasi Pemprov Sumut Tindaklanjuti Rekomendasi BPK RI

    Badan Akuntabilitas Publik Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BPD DPD RI) mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terkait tindaklanjut Ikhtisar Hasil Pemeriks

  • Selasa, 02 Feb 2021 23:02

    Perhatian Pemerintah Untuk Papua dan Papua Barat Dinilai Sangat Besar

    Pemerintah dinilai telah memberikan perhatian yang sangat besar untuk pembangunan di wilayah Papua dan Papua Barat. Hal ini terlihat dari besarnya dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk kedua daerah terseb

  • Senin, 25 Jan 2021 16:25

    Ketua DPD RI Apresiasi Kerja Cepat TNI AL Kirimkan Baju APD ke Mamuju

    Dengan memanfaatkan KRI OWA-354, TNI AL bergerak cepat membawa APD dari Surabaya menuju Mamuju. Apresiasi diberikan Ketua DPD RI yang mengatakan tindakan ini turut membantu Pemerintah dalam menekan pe

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak