Rabu, 14 Nov 2018 02:12
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan Dukung Timsel Sumut V Untuk Lanjutkan Tahapan Seleksi

Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan Dukung Timsel Sumut V Untuk Lanjutkan Tahapan Seleksi

Nias Selatan (utamanews.com)
Oleh: Putra Hasibuan
Kamis, 16 Agu 2018 06:06
Putra
Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan 2018-2023.
Merujuk surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 890/PP.06-SD/05/KPU/VIII/2018 tentang Penundaan Tes Wawancara Bagi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Sumut V (lima), Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah Sumut V mengeluarkan pengumuman penundaan tes wawancara bagi calon anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah Sumut V, tertanggal 14 Agustus 2018.

Atas keputusan tersebut, calon KPU Kabupaten/Kota terutama untuk wilayah Sumut V yang terdiri Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan dan Kota Gunungsitoli, yang tergabung dalam Aliansi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah Sumut V angkat bicara. Salahsatunya adalah Mahir Zagoto, M.Min., calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan yang telah lolos seleksi administrasi.

Mahir Zagoto mengatakan pihaknya mendukung penuh Timsel calon anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah V untuk tetap melanjutkan tahapan seleksi tersebut.

"Kita mendukung penuh Timsel V untuk melanjutkan tahapan seleksi. Saya saja yang lulus seleksi administrasi dan kalah pada tahapan Psikotes tidak ada keberatan, ya mungkin hanya disitulah batas kemampuan saya", ucap Mahir Zagoto.


Lebih lanjut, Mahir Zagoto mengatakan bahwa dalam Pasal 20 ayat (1) dan ayat (2) huruf a Peraturan KPU RI Nomor 7 Tahun 2018 ditegaskan bahwa Tim Seleksi melakukan Penelitian Administrasi calon KPU Kabupaten/Kota 1 (satu) hari sejak dimulainya masa pendaftaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (4) dengan cara: a. meneliti kelengkapan persyaratan administrasi calon KPU Kabupaten/Kota; dan b. menilai kompetensi yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian dengan melihat pengalaman kepemiluan dan/atau karya tulis/publikasi.

Dimana Tim Seleksi menetapkan calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang lulus Penelitian Administrasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sejumlah paling banyak 40 (empat puluh) orang (pasal 20 ayat (3) huruf b).

Timsel V Sumut telah melaksanakan tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan mulai dari tahapan seleksi berkas, tes tertulis, psikotes dan tes kesehatan dengan berpedoman pada dengan pasal Peraturan KPU RI Nomor 7 Tahun 2018.

"Perlu kami informasikan kepada Yth. KPU Republik Indonesia bahwa beberapa orang dari calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan (yang menuding adanya kecurangan pada tahapan seleksi berkas tersebut) adalah orang-orang yang tidak berintegritas, contoh : atas nama Pengalaman Mendrofa adalah Tim Sukses Paslon Hilarius Duha Dan Sozanolo Nduru pada Pilkada Nias Selatan Tahun 2015, kemudian Tandronafaudu Laia adalah Tim Pemenangan Pasangan Lianus Ndruru dan Thomas Dachi pada Pilkada Nias Selatan Tahun 2015, dan telah dipecat sabagai anggota KPU Kab. Nias Selatan atas pelanggaran kode etik," tutur Mahir Zagoto, Rabu (15/8/2018).


Oleh karena itu, Mahir Zagoto bersama kawan-kawan meminta ketegasan KPU RI untuk tidak menjadi alat kepentingan politik orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan tidak punya integritas di Kabupaten Nias Selatan, dan tidak mencederai Integritas proses pelaksanaan seleksi penyelenggara pemilu di Nias Selatan.

"Kami dari aliansi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Periode 2018-2023 mendukung penuh Timsel V Sumut untuk melanjutkan tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan", pintanya.

"Kami minta agar KPU RI tidak hanya sepihak mendengar informasi yang tidak berdasar dari Pelapor sehingga melakukan penundaan seleksi KPU Nias Selatan, Jika Penundaan ini benar dilakukan oleh KPU RI maka kami akan menyampaikan Laporan ke DKPP RI. 
Seleksi yg dilakukan oleh Timsel V telah sesuai dengan aturan dan kami mendukung agar dilanjutkan seleksi oleh Timsel", tandasnya.

Hal yang sama dinyatakan Resenelius Duha, salahsatu calon yang gugur seleksi administrasi. Ia menerima keputusan Timsel V karena itu sudah berdasar aturan. "Dan saya tidak keberatan justru saya mendukung tahapan dilanjutkan oleh Timsel V, saya juga yakin semua yang 16 besar adalah calon yang berintegritas tinggi dan tidak bermasalah dengan hukum," tegasnya.

Editor: Ryo Nugroho F.

T#g:kpuSeleksiTimsel
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 03 Nov 2018 11:23

    Hari Ketiga Kepala BKPP Labuhanbatu Zainuddin Siregar Terus Pantau Ujian Seleksi CPNS

    Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Drs. Zainuddin Siregar terus pantau kegiatan pelaksanaan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemkab La

  • Jumat, 02 Nov 2018 05:52

    Hari Kedua Ujian CPNS di Labuhanbatu Berjalan Tertib Aman dan Lancar

    Pelaksanaan ujian seleksi Calan Pegawai negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 pada hari kedua berjalan aman, tertib dan lancar tanpa ada kendala apapun serta se

  • Kamis, 01 Nov 2018 14:31

    Tidak Mengikuti Seleksi Ujian CPNS 28 Peserta Dinyatakan Gugur

    Sebanyak 28 orang peserta sudah jelas dinyatakan gugur karena tidak mengikuti ujian seleksi penerimaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada hari kedua, Kamis (1/11/2018). Sesi pert

  • Kamis, 18 Okt 2018 13:28

    Plt Bupati Hadiri Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih KPU Labuhanbatu

    Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Labuhanbatu mengadakan sosialisasi GMHP (gerakan melindungi hak pilih) yang dilaksanakan di Gedung Nasional Rantauprapat, Kamis (18/10/18) sekira pukul 09.30 wib

  • Selasa, 16 Okt 2018 19:16

    KPU Palas Berharap Siswa Tidak Golput

    Seribuan siswa SMAN I Barumun mengikuti sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas, Selasa, (16/10).Ketua KPU Palas Amran Pulungan (Ampul) mengatakan, tujuan dari sosi

  • Kamis, 11 Okt 2018 04:11

    Kredibilitas KPU RI untuk Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumut Jangan Sampai Diragukan

    Beberapa hari lalu pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPU Periode 2018-2023 di 26 Kabupaten/Kota, di Sumatera Utara, telah berlangsung. Namun GMKI Wilayah I Sumut-NAD melihat kondis

  • Minggu, 30 Sep 2018 07:30

    Diduga Timsel Sarat KKN, STS Dipastikan Jadi Dirut PD-PAUS

    Fawer Full Fander Sihite, Ketua Institution Law And Justice (ILAJ) menyatakan bahwa dari awal, pihaknya sudah konsisten mengawal perjalanan proses penyeleksian direktur Perusahaan Daerah Kota Pematang

  • Jumat, 28 Sep 2018 06:48

    Mantan Dirut PD-PHJ & PD-PAUS Diduga Punya 'Anak Main' di Timsel dan Calon Direksi

    Ketua Institution Law And Justice (ILAJ), Fawer Full Fander Sihite menyatakan proses penyeleksian calon direksi perusahaan daerah kota pematangsiantar, baik PD-PHJ (Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya)

  • Sabtu, 22 Sep 2018 14:52

    Ketua KPU Paluta Umumkan Kekerabatan dengan Peserta Pemilu

    Sebagai penyelenggara Pemilu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara, Rahmat Hidayat membuat pengumuman secara tertulis. Pengumuman tersebut dibuat untuk memenuhi dan melaksanak

  • Jumat, 21 Sep 2018 15:01

    Peserta Pemilu 2019 Ikuti Sosialisasi Peraturan KPU RI Tentang Kampanye

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan kegiatan sosialisasi peraturan KPU RI tentang kampanye di kantor KPU Paluta, Jum'at (21/9/2018).Acara yang dimulai p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak