Rabu, 19 Sep 2018 09:21
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan Dukung Timsel Sumut V Untuk Lanjutkan Tahapan Seleksi

Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan Dukung Timsel Sumut V Untuk Lanjutkan Tahapan Seleksi

Nias Selatan (utamanews.com)
Oleh: Putra Hasibuan
Kamis, 16 Agu 2018 06:06
Putra
Aliansi Calon Anggota KPU Nias Selatan 2018-2023.
Merujuk surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 890/PP.06-SD/05/KPU/VIII/2018 tentang Penundaan Tes Wawancara Bagi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Sumut V (lima), Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah Sumut V mengeluarkan pengumuman penundaan tes wawancara bagi calon anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah Sumut V, tertanggal 14 Agustus 2018.

Atas keputusan tersebut, calon KPU Kabupaten/Kota terutama untuk wilayah Sumut V yang terdiri Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan dan Kota Gunungsitoli, yang tergabung dalam Aliansi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah Sumut V angkat bicara. Salahsatunya adalah Mahir Zagoto, M.Min., calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan yang telah lolos seleksi administrasi.

Mahir Zagoto mengatakan pihaknya mendukung penuh Timsel calon anggota KPU Kabupaten/Kota wilayah V untuk tetap melanjutkan tahapan seleksi tersebut.

"Kita mendukung penuh Timsel V untuk melanjutkan tahapan seleksi. Saya saja yang lulus seleksi administrasi dan kalah pada tahapan Psikotes tidak ada keberatan, ya mungkin hanya disitulah batas kemampuan saya", ucap Mahir Zagoto.


Lebih lanjut, Mahir Zagoto mengatakan bahwa dalam Pasal 20 ayat (1) dan ayat (2) huruf a Peraturan KPU RI Nomor 7 Tahun 2018 ditegaskan bahwa Tim Seleksi melakukan Penelitian Administrasi calon KPU Kabupaten/Kota 1 (satu) hari sejak dimulainya masa pendaftaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (4) dengan cara: a. meneliti kelengkapan persyaratan administrasi calon KPU Kabupaten/Kota; dan b. menilai kompetensi yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian dengan melihat pengalaman kepemiluan dan/atau karya tulis/publikasi.

Dimana Tim Seleksi menetapkan calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang lulus Penelitian Administrasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sejumlah paling banyak 40 (empat puluh) orang (pasal 20 ayat (3) huruf b).

Timsel V Sumut telah melaksanakan tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan mulai dari tahapan seleksi berkas, tes tertulis, psikotes dan tes kesehatan dengan berpedoman pada dengan pasal Peraturan KPU RI Nomor 7 Tahun 2018.

"Perlu kami informasikan kepada Yth. KPU Republik Indonesia bahwa beberapa orang dari calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan (yang menuding adanya kecurangan pada tahapan seleksi berkas tersebut) adalah orang-orang yang tidak berintegritas, contoh : atas nama Pengalaman Mendrofa adalah Tim Sukses Paslon Hilarius Duha Dan Sozanolo Nduru pada Pilkada Nias Selatan Tahun 2015, kemudian Tandronafaudu Laia adalah Tim Pemenangan Pasangan Lianus Ndruru dan Thomas Dachi pada Pilkada Nias Selatan Tahun 2015, dan telah dipecat sabagai anggota KPU Kab. Nias Selatan atas pelanggaran kode etik," tutur Mahir Zagoto, Rabu (15/8/2018).


Oleh karena itu, Mahir Zagoto bersama kawan-kawan meminta ketegasan KPU RI untuk tidak menjadi alat kepentingan politik orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan tidak punya integritas di Kabupaten Nias Selatan, dan tidak mencederai Integritas proses pelaksanaan seleksi penyelenggara pemilu di Nias Selatan.

"Kami dari aliansi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Periode 2018-2023 mendukung penuh Timsel V Sumut untuk melanjutkan tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten Nias Selatan", pintanya.

"Kami minta agar KPU RI tidak hanya sepihak mendengar informasi yang tidak berdasar dari Pelapor sehingga melakukan penundaan seleksi KPU Nias Selatan, Jika Penundaan ini benar dilakukan oleh KPU RI maka kami akan menyampaikan Laporan ke DKPP RI. 
Seleksi yg dilakukan oleh Timsel V telah sesuai dengan aturan dan kami mendukung agar dilanjutkan seleksi oleh Timsel", tandasnya.

Hal yang sama dinyatakan Resenelius Duha, salahsatu calon yang gugur seleksi administrasi. Ia menerima keputusan Timsel V karena itu sudah berdasar aturan. "Dan saya tidak keberatan justru saya mendukung tahapan dilanjutkan oleh Timsel V, saya juga yakin semua yang 16 besar adalah calon yang berintegritas tinggi dan tidak bermasalah dengan hukum," tegasnya.

Editor: Ryo Nugroho F.

T#g:kpuSeleksiTimsel
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Sep 2018 16:26

    20.853 Pemilih Ganda, KPUD Simalungun Tidak Perbaiki Secara Menyeluruh

    Terungkap, dari pelaksanaan Pleno untuk DPTHP di Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pihak KPUD Simalungun ternyata tidak memperbaiki hasil temuan Bawaslu RI.Dalam pelaksanaan

  • Jumat, 14 Sep 2018 06:14

    Sulit Input Data, Pleno DPTHP Pemilih 2019 Simalungun Diskor 5 Jam

    Akibat sulitnya melakukan penginputan terhadap data Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk Pemilihan Umum tahun 2019. Rapat pleno hasil mutlak DPTHP untuk Kabupaten Simalungun diskor selam

  • Kamis, 13 Sep 2018 18:13

    Pangdam I/BB: Hindari Dan Cegah Terjadinya Praktek Pungli Dan Percaloan Penerimaan Calon Prajurit

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah melalui Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanuddin, S.I.P, menegaskan agar semua pihak yang terlibat untuk menghindari dan mencegah terjadinya praktek pungli

  • Kamis, 13 Sep 2018 09:33

    Terkait Seleksi Direksi PD Kota Pematangsiantar, Timsel Diminta Bersih dari KKN

    Perusahan daerah Kota Pematangsiantar harus dapat menunjang PAD, sehingga seleksi Direksinya juga harus bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nevotisme (KKN). Menurut Fawer Full Fander Sihite Ketua Ins

  • Senin, 03 Sep 2018 19:23

    Masyarakat Nias Minta KPU RI dan Timsel Sumut V Batalkan Ujian CAT Calon KPU Nias Selatan

    Ratusan masyarakat Kepulauan Nias yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Ono Niha (HIMONI) dan Forum Komunikasi Masyarakat Nias (Forkamnis) geruduk Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, Senin (3/9/201

  • Senin, 20 Agu 2018 20:40

    Beredar Surat Palsu Perihal Pengunduran Diri Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sumut Zona V

    Surat pengunduran diri mengatasnamakan anggota Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sumut Zona V (Lima) atas nama Dr. Adenan S. Ag M. A dan drs. Mario Kasduri MA diduga merupakan surat palsu dan tidak benar.

  • Minggu, 12 Agu 2018 15:22

    KPU Gunungsitoli Umumkan DCS Anggota DPRD 2019

    Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum serta memperhatikan Peraturan KPU Nomor 20Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD, DPRD Provinsi, danDPRD Kabupate

  • Selasa, 17 Jul 2018 15:47

    GP Ansor dan GMNI Minta Timsel KPU Kab/Kota Tidak Rekrut Calon Bermasalah di DKPP RI

    Ketua GP Ansor Kabupaten Nias Selatan dan Nias Barat Alex Brian Wau meminta Tim Seleksi (Timsel) Perekrutan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara untuk tidak mengakomodir Calon Anggota KP

  • Rabu, 04 Jul 2018 15:34

    KPU Deli Serdang Buka Pendaftaran Bacaleg

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Rabu (4/7/2018). Pendaftaran Bacaleg akan dibuka sampai Selasa (17/7/2018).

  • Senin, 02 Jul 2018 17:32

    Soal DPT, Kantor KPU Sumut dikepung massa

    Sebanyak 70 orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Demokrasi (AMARA PEDAS) melakukan unjuk rasa di depan Kantor KPU Sumut Jl. Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (2/7/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak