Senin, 25 Jan 2021 22:02

Aksi teror terhadap wartawan, PWI Binjai: Ini pembungkaman pers

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Kamis, 27 Agu 2020 11:07
Istimewa
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai Drs Nazelian Tanjung, mengutuk keras aksi teror berupa pengrusakan dan penembakan rumah wartawan Surat Kabar Harian Metro 24, Syahzara Sopian, yang dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) pada Kamis (27/8) dinihari, sekira Pukul 01.30 Wib, di Jalan Bantara IX no 116, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota.

Ia juga membenarkan jika Syahzara Sopian merupakan anggota PWI Kota Binjai dan saat ini merupakan anggota Biasa. 

"Kami mengutuk keras kejadian ini. Kami juga meminta Petugas Kepolisian dari Polres Binjai untuk segera menuntaskan kasus ini. Hal ini agar tidak terjadi lagi terhadap rekan rekan wartawan lainnya," tegasnya.

Sebagai Ketua PWI Binjai, Nazelian Tanjung juga mengatakan jika hal itu telah mencederai kemerdekaan Pers serta mengkhianati kehidupan berdemokrasi di tanah air.



"Jika hal itu terkait pemberitaan, maka itu merupakan salah satu bentuk pembungkaman terhadap Pers," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Nazelian Tanjung, jika teror berupa pengrusakan dan penembakan yang terjadi adalah masalah pemberitaan, semestinya masyarakat menempuh mekanisme hak jawab sesuai ketentuan UU Pers 40/1999.

"Bukan malah melakukan teror seperti itu," bebernya.


Diberitakan sebelumnya, Rumah seorang wartawan Surat Kabar Harian Metro 24, Syahzara Sopian alias Sopian (34) yang beralamat di Jalan Bantara IX no 116, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, ditembaki oleh Orang Tak Dikenal (OTK), Kamis (27/8) dinihari, sekira Pukul 01.30 Wib.

Akibat dari perbuatan OTK tersebut, Jendela kaca sebelah kanan rumah wartawan yang juga anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai ini Pecah karena ditembaki dengan Pistol yang diduga jenis Airgun.

Sedangkan jendela kaca bagian kiri juga mengalami pecah yang diduga di pukul dengan menggunakan benda tumpul.

"Pada waktu kejadian, saya sendirian sedang berada ruang tamu. Lalu saya mendengar suara Sepeda Motor yang berhenti tepat didepan rumah saya," ujar Sopian.

Selanjutnya, beber Sopian, beberapa detik kemudian terdengar beberapa kali suara letusan senjata api yang dibarengi dengan pecahnya kaca jendela.

"Karena ada suara letusan senjata api, saya memilih untuk menahan pintu depan agar mereka tidak masuk," beber Sopian seraya mengatakan pada waktu kejadian, pintu rumah saya hanya ditutup, tapi tidak dikunci. 

Usai menembaki jendela kaca bagian kanan, lanjut Sopian, Pelaku kembali memecahkan kaca jendela sebelah kiri yang diduga dengan menggunakan benda tumpul.

"Kejadian saya duga karena masalah pemberitaan yang saya tulis akhir akhir ini," ujar Sopian.

Sopian juga mengatakan, pasca kejadian, ia menemukan Peluru jenis mimis sebanyak 3 buah yang biasanya digunakan untuk senjata api jenis Airgun.

Sementara itu, tetangga korban yang akrab disapa Mak Gabe (60) mengaku melihat Pelaku saat beraksi.

"Mereka menaiki 3 Sepeda Motor. Tapi 2 Sepeda Motor menunggu di Persimpangan, sedangkan 1 Sepeda Motor langsung menuju kerumah Sopian," ungkap Mak Gabe.

Saat ditanya apakah dirinya mengetahui jumlah Pelaku, Wanita tua ini mengaku jika dirinya melihat 6 orang dengan mengendarai 3 Sepeda Motor.

"Saya lihat mereka berboncengan semua dengan mengendarai 3 Sepeda Motor. Jadi jumlahnya ada 6 orang. Tapi saya tidak mengenali orangnya," ucap Mak Gabe.

Pasca kejadian, Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Kota langsung bergerak menuju TKP. Korban juga melaporkan musibah yang menimpanya itu ke Polsek Binjai Kota.

Editor: Budi

T#g:binjaipwiTeror
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Jan 2021 21:11

    Tokoh Agama Kota Binjai sarankan Pemko Binjai melakukan sosialisasi Prokes ke THM atau Diskotik

    Vaksinasi Covid-19 untuk tahap/termin l di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, sudah dimulai sejak Kamis (14/1) lalu. Di hari pertama tersebut, sasaran penyuntikan vaksinasi Coronavirus Disease 2019

  • Kamis, 21 Jan 2021 16:31

    Zainuddin Purba: Saya Garda Terdepan Demi Kepentingan Rakyat

    Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Golkar, H. Zainuddin Purba SH, turut bersedih dengan pengaduan warga atas rusaknya jalan di sepanjang Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat.Jalan yang menjadi peng

  • Kamis, 21 Jan 2021 14:50

    KPU Kota Binjai Tetapkan Pasangan Juliadi- Amir Hamzah Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Binjai Terpilih

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Binjai, menggelar rapat pleno terbuka penetapan Pasangan Calon terpilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020, bertempat di lantai IV Hotel Gra

  • Kamis, 14 Jan 2021 22:34

    Ketua DPRD Binjai Tolak Rencana Penutupan Jalan Kakap

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, mengaku sangat kecewa dengan tindakan PT KAI yang berencana akan menutup salah satu Jalan umum di Kota Binjai, y

  • Kamis, 14 Jan 2021 19:24

    MUI Binjai konfirmasi adanya Fatwa MUI tentang Produk Vaksin Covid-19

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang merupakan wadah musyawarah para Ulama Zu'ama dan Cendikiawan Muslim, akhirnya mengeluarkan "Fatwa" tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences Co.

  • Kamis, 14 Jan 2021 16:04

    Walikota Binjai, HM Idaham direncanakan divaksin Covid-19 hari Senin nanti

    Pada hari pertama penyuntikan Vaksin Covid-19 di Kota Binjai, Kamis (14/1) beberapa tenaga medis serta Kepala Puskesmas, melakukan Vaksinasi Coronavirus Disease 2019.Menurut Ketua Gugus Tugas Percepat

  • Kamis, 14 Jan 2021 13:54

    Prof DR Ir H Djohar Arifin salurkan Beasiswa Program Indonesia Pintar di Binjai

    Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Prof DR Ir H Djohar Arifin Husin, menyalurkan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Rabu (13/01) kemarin. Kali ini, Beasiswa PIP diterima 226 si

  • Kamis, 14 Jan 2021 13:54

    Tenaga Medis di Kota Binjai mulai disuntik Vaksin

    Sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tenaga medis yang terdata di Kota Binjai, rencananya hari ini mulai disuntik vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1).Namun, menurut Kepala Dinas K

  • Selasa, 12 Jan 2021 19:12

    Sejumlah komoditas sayuran alami kenaikan harga, ini upaya Dinas Ketahanan Pangan Kota Binjai

    Mengawali tahun 2021, sejumlah komoditas sayuran mengalami kenaikan harga, terutama Cabai Rawit merah, yang sempat turun setelah mengalami kenaikan yang cukup tajam.Kenaikan harga Cabai Rawit merah, d

  • Senin, 11 Jan 2021 20:41

    Nadin Budi Zafika, siswi SDN 020259 Binjai terima penghargaan dari Puspernas Kementerian Pendidikan

    Nadin Budi Zafika, siswi yang duduk di kelas V SDN 020259 yang terletak di Jalan Tjut Nyak Dhien, Kecamatan Binjai Timur, menerima penghargaan dari Puspernas (Perpustakaan Nasional) Kementerian Pendid

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak