Selasa, 14 Agu 2018 18:17
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Aksi Kebangsaan Doa & Tanda Tangan Komitmen Agar Indonesia Jadi Tuan Rumah Terbaik Asian Games

Aksi Kebangsaan Doa & Tanda Tangan Komitmen Agar Indonesia Jadi Tuan Rumah Terbaik Asian Games

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Iman
Minggu, 12 Agu 2018 13:02
Iman
Pagi tadi, seribuan warga berdoa dan menandatangi komitmen agar Indonesia jadi Tuan Rumah terbaik sepanjang sejarah Asian Games.

Aksi kebangsaan ini diadakan Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) di area bebas kendaraan, bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu, 12 Agustus 2018, Pukul 06.00-10.00 WIB. 

Direktur Eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria mengatakan, ada jutaan anak-anak Indonesia yang berusia 7-18 tahun, yang akan menjadi saksi sejarah kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Apa yang mereka lihat dan rasakan saat Asian Games 2018 tidak akan terlupakan, kerja keras kita akan dibalas mereka dengan kerja yang lebih keras lagi di masa datang.

"Generasi terbaik itu tidak lahir begitu saja. Ia dibentuk oleh hal-hal baik, keteladanan yang mereka lihat dari generasi hari ini. Jika kita semangat dalam menyukseskan Asian Games 2018 ini, maka anak-anak Indonesia yang sekarang menjadi pelajar akan lebih semangat lagi di masa yang akan datang," jelas Hariqo Wibawa Satria. 

Hariqo menambahkan, dunia telah mengakui Indonesia sebagai tempat belajar tentang keberagaman dan toleransi. Ini prestasi karena hidup damai dalam keberagaman itu idaman setiap orang. Namun sebaiknya kita jangan puas dengan beberapa pencapaian. Kita juga harus akui sebagai bangsa yang mampu menjadi tuan rumah terbaik Asian Games 2018 dan kegiatan-kegiatan internasional lainnya. Kita sangat mampu untuk itu.


Asian Games 2018 harus kita maksimalkan manfaatnya untuk meningkatkan kekompakan bangsa Indonesia, kebanggaan sebagai warga NKRI, bela negara serta komitmen terhadap Pancasila dan NKRI sebagai wadah final bagi warga kita semua.

"Kami optimis setelah Asian Games akan terjadi peningkatan gotong-royong antarwarga, antarsemua komponen bangsa agar Indonesia mampu di atas bangsa-bangsa lainnya di Indonesia. Dalam kompetisi global, kita hadir untuk memenangkan persaingan. Energi Asia itu terbit dari Indonesia. Asian Games 2018 di bulan Agustus, persaudaraan harus jalan terus, Asian Games 2018 di bulan proklamasi, NKRI harga mati," kata Hariqo yang juga alumnus pascasarjana Universitas Paramadina Jurusan Diplomasi ini.

Hariqo menjelaskan, tantangan menjadi tuan rumah di era digital ini unik, karena tamu yang datang, baik atlet, pelatih, tim, pendukung semuanya membawa dawai. Dulu tamu bercerita setelah pulang, di era digital tamu bercerita sejak datang lewat medsos.

Ia mengingatkan, citra baik sebuah negara di mata dunia internasional tidak saja karena pidato pejabatnya di forum-forum resmi, namun juga oleh apa yang diproduksi dan disebarkan oleh warganya di media sosial. "Karenanya, mari gunakan media sosial kita, media sosial organisasi, komunitas kita untuk memproduksi dan menyebarkan berbagai konten tentang Asian Games serta kelebihan Indonesia. Kesempatan menjadi tuan rumah ini belum tentu terjadi kembali dalam hidup kita," terangnya.

Koordinator Aksi Kebangsaan, M. Samsul Arifin juga mengingatkan agar isu Pilpres 2019 tidak mengalahkan isu Asian Games 2018 yang pembukaannya akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018 mendatang. Terlebih, Pilpres dilaksanakan lima tahun sekali, sedangkan Indonesia belum tentu menjadi tuan rumah dalam 50 tahun lagi.


"Indonesia terakhir jadi tuan rumah Asian Games tahun 1962. Sekarang tahun 2018 kita kembali menjadi tuan rumah. Artinya, tidak semua orang beruntung merasakan ini. Hanya bangsa yang besar dan kompak mampu menjadi tuan rumah Asian Games," tegasnya.

Menurut Samsul, aksi kebangsaan berupa membubuhkan tandatangannya di atas spanduk besar ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada atlet-atlet terbaik Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018. Mereka telah melakukan latihan keras agar bisa tampil dengan sangat baik sehingga bisa membawa harum nama Indonesia di kancah dunia.

Samsul juga mengapresiasi Timnas Indonesia berhasil menjadi juara pada Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand dalam babak final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam. Menurut Samsul, hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia sekarang semakin mampu. "Selamat buat Timnas Indonesia yang berlaga pada Piala AFF U-16 2018. Keren banget mereka, sejak fase group hingga partai puncak mereka tak terkalahkan. Indonesia mampu, Indonesia juara," tutupnya.

Editor: Sam

T#g:Asian GamesCFD
Berita Terkait
  • Jumat, 10 Agu 2018 07:00

    Aksi Kebangsaan Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Terbaik Asian Games, Digelar 12 Agustus 2018

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) kembali akan menggelar aksi kebangsaan di area bebas kendaraan, bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu, 12 Agustus 2018, Pukul 06.00-09.

  • Sabtu, 11 Agu 2018 04:11

    Asian Games 2018 Festival Olahraga Penuh Sejarah

    Jakarta dan Palembang mulai berias menyambut Asian Games 2018, di berbagai sudut kota terlihat berbagai spanduk dan mural khas Asian Games, masyarakat di sekitar venue pertandingan juga berusaha menye

  • Rabu, 08 Agu 2018 23:08

    Kali Sentiong, pencemaran sungai dan masalah yang dibesar-besarkan

    Pemerintah, baik pusat maupun daerah, tengah berkerja keras untuk menyelesaikan berbagai persiapan Asian Games yang tinggal menghitung hari. Salah satu isu yang sedang mencuat ke tengah publik ialah persoalan Kali Sentiong atau Kali Item di Kemayoran, Jak

  • Selasa, 07 Agu 2018 09:47

    Saling Mencari Kambing Hitam, Polemik Jelang Asian Games Tidak Bisa Terselesaikan

    Beberapa minggu ke depan, Indonesia akan memiliki hajat istimewa yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang akan bertempat di dua kota di Indon

  • Senin, 06 Agu 2018 10:46

    Minggu Sehat di Car Free Day Rantau Prapat Labuhanbatu

    "Minggu sehat" yang dilaksanakan setiap hari Minggu di kabupaten Labuhan Batu menjadi 1 dari 3 program pemerintah yang sudah dijalankan, antara lain Jum�at bersih, Sabtu hijau dan Minggu sehat

  • Sabtu, 04 Agu 2018 14:14

    TNI dan Polri Dukung Pelaksanaan Asian Games ke-18

    Pesawat TNI AU Boeing 737 yang membawa api abadi Asian Games dengan rute Jogjakarta menuju wilayah timur dan barat serta esok hari ke Jakarta, adalah bentuk dukungan penuh dari Tentara Nasional Indone

  • Jumat, 03 Agu 2018 19:13

    Panglima TNI Pimpin Apel Komando Operasi Karhutla

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin Apel Komando Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diikuti 1.510 personel gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait Provinsi Sumse

  • Jumat, 03 Agu 2018 16:53

    Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Palembang

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Waasops Panglima TNI Marsma TNI Chai

  • Jumat, 03 Agu 2018 10:03

    Infrastruktur Jakarta dan Palembang Siap Selenggarakan Asian Games 2018

    Kurang dari satu bulan lagi, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2018, Indonesia akan menyelenggarakan gelaran Asian Games 2018 yang kedua kalinya, di Jakarta dan Palembang. Untuk menyambut festival olah

  • Kamis, 02 Agu 2018 05:02

    Bawa Api Obor Asian Games 2018, Deputi IV Kepala BIN Puji Keindahan Danau Toba

    Ribuan masyarakat menyambut antusias Pawai Obor Asian Games 2018 di Parapat Kabupaten Simalungun, Rabu (1/8).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak