Senin, 26 Jul 2021 12:29
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Aksi Damai 'Jangan Rampas Kebebasan Pers', Tuntut Pembakaran Rumah Wartawan Binjai Diusut Tuntas

Aksi Damai 'Jangan Rampas Kebebasan Pers', Tuntut Pembakaran Rumah Wartawan Binjai Diusut Tuntas

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Rabu, 23 Jun 2021 11:33
Istimewa
Puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Wartawan Binjai, menggelar Aksi Damai di Bundaran Lapangan Merdeka Binjai, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (23/6).

Dengan mengenakan alat pengeras suara (Toa) sembari membentangkan Karton, sang orator dalam seruan aksi yang mengusung tema "Jangan Rampas Kebebasan Pers" terus menyuarakan tuntutannya.

"Kami yang tergabung dalam Jurnalis Binjai, meminta kasus pembakaran rumah rekan kami segera diungkap oleh aparat Kepolisian," ucap Irvan Purba, saat menyuarakan aksinya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua PWI Binjai Periode 2014-2017 dan 2017-2020, Nazelian Tanjung. Dalam aksi damai itu, ia juga mendesak Polres Binjai untuk segera mengungkap kasus dibakarnya rumah orangtua Syahzara Sopian dan Syahzara Solihin, keduanya merupakan Wartawan Media Cetak Sumut.

"Tangkap Pelaku sekaligus dalang dibalik aksi pembakaran rumah rekan kami di Binjai. Ini merupakan perbuatan yang bertentangan dengan hukum. Untuk itu kami meminta kepada Kapolres Binjai, agar segera menangkapnya," tegas Pria berkacamata ini.

Senada, Ketua PWI Binjai yang pernah menjabat selama 2 Periode (2005-2008 dan 2008-2011) Muslim Ginting, juga mengecam perbuatan pelaku pembakaran rumah Sabarsyah, Wartawan Senior Kota Binjai, yang merupakan Orangtua dari Syahzara Sopian dan Syahzara Solihin.

"Kami minta dengan tegas kepada aparat Kepolisian agar segera mengungkap kasus ini. Ini merupakan perbuatan kriminal. Bila ada pihak yang tersinggung dalam isi pemberitaan, ada hak jawab bagi narasumber," ungkap Muslim Ginting, sembari terus menyuarakan aksinya.

Tuntutan yang sama juga disuarakan oleh Ketua PWI Binjai Periode 2011-2014, Burhan Sinulingga. Selain meminta Kapolres Binjai menangkap pelaku pembakaran rumah Sabarsyah yang beralamat di Jalan Bantara Raya, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, pada Minggu (13/6) lalu, Pria berpostur tinggi ini juga mendesak Poldasu, untuk segera menangkap pelaku pembunuhan rekannya, Mara Salem Harahap, yang ditembak oleh OTK tidak jauh dari rumahnya, yaitu di Pematang Siantar.

"Kalau dihitung dari sekarang, sudah 2 minggu terbakarnya rumah rekan kami di Binjai dibakar oleh OTK dan hingga saar ini belum terungkap. Belum tuntas kasus pembakaran rumah kami, rekan kami lainnya di Pematang Siantar (Mara Salem Harahap-red) malah ditembak oleh OTK yang menyebabkan meninggal dunia," beber Burhan Sinulingga.

Lebih lanjut dikatakan Burhan, sebagai seorang jurnalis, seorang wartawan dalam menjalankan profesinya dilindungi oleh Undang Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Artinya, kami dalam menjalankan profesi dilindungi oleh Undang Undang," ujarnya.

Ditempat yang sama, Syahzara Sopian, korban terbakarnya rumah milik orangtuanya, mengecam dan mengutuk perbuatan biadab yang dilakukan oleh OTK. "Perbuatan itu merupakan perbuatan yang keji dan biadab. Untuk itu kami minta keadilan. Hal itu agar tidak menimpa kepada rekan rekan kami lainnya," kata Sopian, seraya diaminkan oleh rekan rekannya.

Diketahui, sebelum rumah orangtua Syahzara Sopian dibakar oleh OTK pada Minggu (13/6) lalu, sebelumnya pada Agustus 2020, rumahnya sendiri ditembaki oleh OTK dan hingga kini belum terungkap juga.

Bahkan, rumah orangtuanya yang beralamat di Bantara Raya, Kelurahan Berngam yang dibakar oleh OTK sekitar 2 Pekan lalu, sekira 15 tahun yang lalu juga pernah dibakar oleh OTK.

"Ini sudah ketiga kalinya dan satupun belum ada yang terungkap," urainya.

Dalam aksi damai ini, Puluhan wartawan yang menggelar aksi damai di Bundaran Lapangan Merdeka Binjai, dijaga oleh Petugas Kepolisian. Sembari berorasi, puluhan wartawan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. 
Editor: Herda

T#g:binjaiPembakaran
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Jul 2021 22:44

    Sudah 2 Pekan Stok Obat-obatan Therapi Covid-19 di Sejumlah Apotek di Binjai Kosong

    Persediaan beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, sudah mulai menipis di Kota Binjai.Hal itu ditegaska

  • Sabtu, 24 Jul 2021 20:44

    Kadis Kesehatan: Persediaan Obat Therapi Covid-19 di Kota Binjai Menipis

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, mengatakan, beberapa Kategori obat obatan Therapi Covid-19 untuk persediaannya sudah mulai menipis di Kota Binjai.Hal itu disampaikan Dr Sugianto

  • Sabtu, 24 Jul 2021 12:24

    Polsek Binjai Timur amankan 2 pelaku pencurian mesin bubut

    Dua orang Pria yang diduga sebagai Pelaku Pencurian dengan pemberatan, diamankan Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Timur, Polres Binjai, Jumat (23/7) malam, sekira Pukul 23.30 Wib.Adapun kedua Pri

  • Sabtu, 24 Jul 2021 12:14

    Polres Binjai dan tim gabungan laksanakan patroli skala besar

    Petugas Kepolisian dari Polres Binjai, melaksanakan patroli gabungan skala besar TNI-Polri yang rawan gangguan Kamtibmas dalam pencegahan Covid-19 di wilayah hukum Polres Binjai, Jumat (23/7) malam.Ka

  • Jumat, 23 Jul 2021 14:13

    Razia Mendadak di Lapas Binjai, Sejumlah Sajam dan HP Ditemukan, Narkoba Nihil

    Jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai yang dipimpin langsung oleh Ka KPLP, Rinaldo A. Tarigan, melakukan razia mendadak pada kamar wargabinaan, Kamis malam (22/7). 

  • Jumat, 23 Jul 2021 12:33

    Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY Gelar Penyuluhan Penanganan Virus Covid-19

    Di sela-sela kegiatan Pratugas Pamrahwan Maluku Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY, Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY Letnan Kolonel (Arh) Rendra Febrandari Suparman, S.I.P. selaku Dansatgas, melaksanakan

  • Jumat, 23 Jul 2021 08:13

    Sekda Kota Binjai Ikuti Rapat Penyaluran Bantuan Beras PPKM

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai, H Irwansyah Nasution, mengikuti rapat penyaluran bantuan beras PPKM secara virtual dari ruang Binjai Command Center (BCC), Kamis (22/7).Dalam rapat yang dipimpin

  • Jumat, 23 Jul 2021 07:23

    Polsek Binjai Kota Tangkap MZ, Barang Bukti 1 Bungkus Kecil Sabu

    MZ (30) warga Jalan Antara No 14 Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, diamankan petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Kota, Polres Binjai, karena diduga memiliki, menguasai dan a

  • Kamis, 22 Jul 2021 22:02

    PWI Sumut Resmi Bentuk tim advokasi hukum untuk Syahzara Sopian

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, resmi membentuk tim advokasi hukum dalam pendampingan kasus dugaan percobaan pembunuhan terhadap Syahzara Sopian, wartawan anggota PWI Kota

  • Kamis, 22 Jul 2021 18:42

    Rekan Seprofesi Soroti IP, 10 Tahun Menjabat Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Binjai

    Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018, yang tertuang dalam Pasal 18 ayat (4) menyatakan, Penugasan Kepala Sekolah Periode Pertama pada satuan Admini

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak