Kamis, 20 Jun 2019 23:26
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ajak warganet dukung hasil Pemilu 2019 yang konstitusional oleh KPU, FPMSI akan gelar diskusi dan deklarasi

Ajak warganet dukung hasil Pemilu 2019 yang konstitusional oleh KPU, FPMSI akan gelar diskusi dan deklarasi

Medan (utamanews.com)
Oleh: Iman
Selasa, 21 Mei 2019 14:01
Istimewa
Menyikapi dinamika politik nasional saat pengumuman resmi hasil Pemilu 2019, Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) akan mengadakan diskusi serta buka puasa bersama kalangan warganet yang terdiri dari Blogger, Vloger, Youtuber, dan Content creator dengan tema "Peran Warganet Dalam Mendukung Legitimasi Hasil Pemilu 2019", di Cafe Omah Bintang Jl. Tebet Raya No.73, Jakarta Selatan pada Rabu sore (23/5/2019).

Hafyz Marshal Selaku ketua Panitia menjelaskan bahwa diskusi ini sebagai sarana untuk meningkatkan literasi di media sosial di tengah upaya politik masyarakat khususnya warganet dalam mengawal demokrasi yang konstitusional.

"Acara ini tujuannya untuk menguatkan kesadaran Warganet dalam memperkokoh Partisipasi Demokrasi yang Konstitusional", kata Hafyz ketika ditemui wartawan.

Menurutnya, saat ini warganet serta masyarakat dibuat bingung dan resah dengan berbagai isu yang disebar di media sosial untuk mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap hasil keputusan penghitungan resmi oleh KPU yang merupakan mekanisme hukum yang sudah jelas dan konstitusional.


"Media sosial mempunyai peranan besar bagi ruang partisipasi demokrasi, seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana literasi mencerdaskan bangsa dalam membentuk opini yang positif dan menumbuhkan optimisme untuk kemajuan bangsa. Seharusnya konten yang beredar di media sosial harus betul-betul objektif dan bukan informasi yang manipulatif bahkan fitnah yang berdampak memecah belah anak bangsa," ujar Hafyz.

Pada diskusi nanti akan dilaksnakan deklarasi dan juga menghadirkan narasumber yang kompeten dan capable sesuai bidang masing-masing.

"Narasumbernya nanti ada Eko Kuntadhi (Pegiat Media Sosial), Agus Khudori (Kordinator Gerakan Letirerasi Terbit/GESIT," pungkas Hafyz.

Salah satu narasumber diskusi, Eko Kuntadhi selaku pegiat media sosial mengatakan bahwa sosial media saat ini banyak diisi dengan provokasi melalui berbagai kemasan narasi yang tujuannya untuk mendelegitimasi penyelenggara Pemilu yaitu KPU maupun hasil Pemilu.


Hal itu, menurutnya, harus disikapi dengan tegas, guna tetap menjaga situasi yang kondusif pasca pencoblosan Pemilu. "Disinilah pentingnya peran literasi media sosial sebagai salah satu instrumen pendidikan masyarakat untuk konsisten memberi informasi yang benar kepada masyarakat. Warganet harus menyajikan postingan yang mendorong akal sehat masyarakat agar menolak dan tidak terprovokasi berbagai upaya disinformasi yang bertujuan mendelegitimasi hasil proses demokrasi yang sudah berjalan dengan baik, aman dan lancar," tegas Eko.

Senada dengan Eko, Agus Khudori kordinator GESIT mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini butuh perekat saat pengumuman hasil Pemilu 2019. "Kita saat ini harus membuat perekat persatuan, perekatnya adalah sikap legowo dan ikhlas terhadap hasil Pemilu yang ditetapkan secara konstitusional.oleh KPU. Sebagai wujud berdemokrasi yang sehat, warganet pun harus menahan postingan negatif, salah satunya. Mari dukung legitimasi hasil Pilpres yang konstitusional dengan mengajak semua komponen.untuk merajut persatauan kembali dan membangun bangsa kedepan untuk kemajuan bersama," ujar Agus.

Acara diskusi warganet ini juga akan dihadiri oleh puluhan pegiat media sosial dari berbagai kalangan yaitu youtuber, Blogger, Vloger, dan Content creator dari berbagai wilayah dan insan media serta eksponen masyarakat lainnya di Jakarta.

Editor: Sam

T#g:Netizen
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Mar 2019 16:31

    Melalui Gerakan Posting Doa di Medsos, Warganet Sepakat Lawan Hoax Demi Pemilu Damai dan Keberlanjutan Kepemimpinan Nasional

    Berbagai komunitas Warganet bertekad mensukseskan Pemilu 2019. Para warganet yang terdiri dari bloger, vloger, youtuber, dan content creator berbqgai wilayah menggelar gerakan posting doa warganet di

  • Selasa, 19 Mar 2019 18:39

    Gerakan Posting Doa Warganet di Medsos Untuk Pemilu 2019 Damai Dan Berlanjutnya Kepemimpinan Nasional

    Era internet ini, warganet secara bebas bisa menyampaikan pendapat atau opininya, baik melalui lisan, media cetak, maupun media elektronik/online, tak terkecuali dalam bentuk Doa. Namun, hal yang perl

  • Jumat, 29 Mar 2019 03:29

    Menuju Masa Depan Indonesia Maju Pada Pemilu 2019 Tanpa Hoax

    Menjelang gelaran Pemilu 2019, para kelompok kepentingan berusaha keras untuk menggiring opini publik menggunakan hoax yang bertujuan untuk menarik simpati publik pada figur yang didukungnya.Para kelo

  • Minggu, 17 Mar 2019 15:17

    Netizen Indonesia, Mari Ciptakan Iklim Pemilu 2019 yang Sehat dan Bermartabat

    Pemilihan Umum merupakan cara dimana warga negara memilih wakil mereka yang akan membentuk dan membuat kebijakan dan keputusan yang mengatur rakyat. Dalam beberapa tahun setelahnya, mereka yang terpil

  • Senin, 04 Mar 2019 14:04

    KPU Medan Sosialisasikan Pemilu 2019 ke Warganet

    KPU Kota Medan masih terus melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2019. Kali ini bersama para relawan demokrasi, KPU memberikan arahan Pemilu pada 50 netizen, bertempat di Markas MIKO (Minum Kopi), Eka

  • Kamis, 21 Feb 2019 17:01

    Deklarasi Melawan Hoax, Warganetizen Yogyakarta Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2019 yang Damai dan Bermartabat

    Kalangan Netizen, Blogger, Youtuber dan Seniman digital Yogjakarta bersama Forum Pemuda Kreatif menggelar Deklarasi Gerakan melawan hoax di Loco Coffe Shop Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kamis siang (21

  • Selasa, 19 Feb 2019 21:19

    Netizen Yogyakarta Akan Deklarasi Anti Hoax Untuk Pemilu 2019 Yang Damai dan Bermartabat

    Keberadaan warganetizen saat ini dalam mengawal pemilihan umum 2019 menjadi penting terlebih arus informasi yang sangat mudah diakses namun belum tentu kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya.

  • Senin, 29 Mei 2017 07:59

    Netizen Berhasil Bungkam Akun Facebook 'Database Buronan Umat Islam'

    "The page you requested not found," Berikut tulisan yang tertera pada situs pencarian saat UTAMANEWS mencoba meng-klik link akun Facebook 'Database Buronan Umat Islam'.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak