Selasa, 22 Jun 2021 08:27
  • Home
  • Ragam
  • Warga sepanjang jalan Letnan Umar Baki, Binjai, bertahun-tahun menghirup debu akibat jalan rusak

Warga sepanjang jalan Letnan Umar Baki, Binjai, bertahun-tahun menghirup debu akibat jalan rusak

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Kamis, 06 Mei 2021 21:46
Istimewa
Sudah beberapa tahun ini, warga yang berada di sepanjang Jalan Letnan Umar Baki, tepatnya yang berada di Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, sulit untuk menghirup udara segar.

Sebab selama ini, ruas jalan yang juga menghubungkan ke Kabupaten Langkat tersebut, selalu dipenuhi dengan lubang yang menganga sehingga membuat warga yang melintas dengan kendaraan bermotor, kerap terjatuh.

Hal itu diperparah dengan berdebunya jalan tersebut saat musim kemarau, serta becek disaat musim penghujan.

Pantauan awak media, di Jalan Letjend Umar Baki yang mempunyai panjang sekitar 7 KM tersebut, setidaknya ada 4 titik yang mengalami rusak parah. Kerusakan itu diperkirakan sekitar 2 Km. Beberapa lubang dalam pun juga masih terlihat di beberapa titik tersebut.


Salah satu titik kerusakan itu berada di Lingkungan ll Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat. Walau tampak baru disiram dengan batu, namun warga mengeluhkan karena seringnya kaca rumah warga yang pecah diakibatkan percikan batu timbunan yang ditimbulkan dari Kendaraan Bermotor yang melintas.

"Lihatlah bang, ini baru ditimbun saja dengan batu. Biasanya batu batu itu tidak diratakan dan kami bersama warga yang meratakannya," ucap Diky, salah seorang warga sekitar yang berprofesi sebagai penjual Bakso.

Menurut Diky, setidaknya sudah 2 tahun ini, Jalan Letjend Umar Baki tidak pernah diperbaiki. "Terakhir ada pengecoran jalan. Itupun hanya setengah badan jalan saja. Sementara yang rusak selama ini hanya tambal sulam saja, itupun hanya menggunakan batu," urainya.


Lebih lanjut dikatakan Pria paruh baya ini, seringnya Truk berukuran besar yang selalu melintas di Jalan tersebut, membuat kondisi jalan yang berlubang yang hanya ditimbun batu, tidak dapat bertahan lama.

"Lihatlah bang, ini kan hanya ditimbun dengan batu. Masih bersyukur sekali ini diratakan pada hari Sabtu lalu. Biasanya batu itu hanya ditumpuk saja ditempat yang berlubang. Akhirnya kami yang menyingkirkan batu batu besar itu ke pinggir jalan raya," beber Diky, seraya menunjukkan lubang yang ditimbun dengan batu tepat di depan usaha Bakso miliknya.

Ia juga mengatakan, Kaca Stelling untuk tempat berjualan Bakso miliknya juga sudah pernah pecah hingga beberapa kali. Hal itu disebabkan karena percikan batu yang disebabkan oleh Truk yang melintas.


Senada, warga sekitar yang mengaku bernama Tukiman, juga pernah mengalami hal yang sama. Namun, pria tua yang dipanggil warga sekitar dengan Kakek ini, bukan Stellingnya yang pecah, melainkan kaca depan rumahnya.

"Dulu pernah saya ganti sekali. Tapi pecah lagi. Sekarang cuma saya tutup pakai Plywood saja," ungkap Tukiman, sembari menunjukkan bagian depan rumahnya yang hanya ditutup dengan Plywood.

Karena sudah bertahun tahun tidak pernah menghirup udara bersih, warga sekitar pun berharap kepada Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Dinas PUPR (Bidang Binamarga) agar segera memperbaiki jalan tersebut.

"Kepada Pemimpin Kota Binjai, tolong kesehatan kami juga dipikirkan. Kami ini juga warga Binjai. Tolong perbaiki jalan ini sebelum kami bosan dan melakukan unjukrasa dengan kondisi jalan yang seperti ini," ujar beberapa warga sekitar. 
Editor: Herda

T#g:binjaiInfrastruktur
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jun 2021 18:51

    Walikota Binjai dukung Suwandaru, bertarung di MMA One Pride kelas 65,8 Kg pada 26 Juni nanti

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah, M.AP, didampingi Staf Ahli Walikota Drs Afwan dan Asisten I Sekdako Ernawati SH, menerima audiensi dari Sasana Tinju Limsun Jaya Binjai, bertempat di ruang rapat wal

  • Senin, 21 Jun 2021 17:31

    Kapolres Binjai Antar 'Roti Ulang Tahun HUT Kodam I/BB' ke Kodim 0203/LKT

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, Bersama PJU Polres Binjai, melaksanakan Silaturahmi Ke Kodim 0203/LKT, Senin (21/6). Kunjungan itu dalam rangka memperingati HUT Kodam l/BB ke-71 tahun 2021.&n

  • Senin, 21 Jun 2021 16:51

    Soal Mobil Tera, Walikota Binjai: Ada misskomunikasi antara rekanan dengan Disperindag

    Carut marutnya pengadaan dan pelaksanaan UTTP (alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya) di Kota Binjai, yang seharusnya difungsikan sebagai bentuk perlindungan terhadap Konsumen, akan sege

  • Minggu, 20 Jun 2021 21:10

    Walikota Buka Musda Pertama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Binjai

    Walikota Binjai Drs Amir Hamzah, MAP, membuka Musyawarah Daerah( Musda) pertama Dewan Masjid Indonesia (DMI) kota Binjai, di Aula IPHI, Jalan Olahraga Binjai. Minggu (20/6).Pembukaan Musda pertama DMI

  • Sabtu, 19 Jun 2021 16:49

    MUI Binjai Mulai Pembangunan MTs dan MA Unggulan

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Binjai, resmi memulai pembangunan Gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Unggulan MUI Kota Binjai, Sabtu (19/6).Peresmian pembangunan ditandai res

  • Sabtu, 19 Jun 2021 14:49

    Camat, Lurah, Kepling hingga staf ikuti vaksinasi Covid-19 di Binjai

    Ratusan warga yang ingin melaksanakan penyuntikan Vaksinasi Covid-19, mulai pagi hari tampak berkumpul di Gedung Olahraga (GOR) Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Sabtu (1

  • Sabtu, 19 Jun 2021 12:19

    Lancarkan Distribusi Darat, Jalan TMMD Terus Dipadatkan dengan Sirtu

    Personel Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS terus mempercepat proses pemadatan badan jalan sepanjang 3.839 meter lebar 4 meter yang telah dibuka, dengan menggunakan pasir dan batu (sirtu). 

  • Sabtu, 19 Jun 2021 10:39

    Marsal Harahap Tewas Ditembak OTK, Hermansjah: Meski Dilindungi UU Ancaman terhadap Profesi Wartawan Semakin Nyata

    Ketua PWI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Hermansjah, mengecam keras terhadap pelaku yang menghabisi nyawa korban Marsal Harahap, Pimred dan sekaligus pemilik Lassernewstoday.com yang dikaba

  • Jumat, 18 Jun 2021 22:28

    KPU Kota Binjai Gelar Pendidikan Pemilih Berkelanjutan

    Di tahun 2021 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, menggelar rangkaian kegiatan Pendidikan pemilih berkelanjutan. Kegiatan ini akan digelar sebanyak 6 pertemuan, yang mulai pada Bulan Juni da

  • Jumat, 18 Jun 2021 15:48

    Soal 16 Siswa Siluman, Ketua Komisi A DPRD Sumut Temui Kepala Sekolah MTs Negeri Binjai

    Guna menindaklanjuti laporan dari masyarakat, serta adanya kabar santer dipemberitaan terkait adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak