Sabtu, 15 Mei 2021 08:41
  • Home
  • Ragam
  • Wali Kota dan Forkopimda Medan Ikuti Rakor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19

Wali Kota dan Forkopimda Medan Ikuti Rakor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Senin, 03 Mei 2021 12:33
Istimewa
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM bersama unsur Forkopimda Kota Medan mengikuti rapat koordinasi penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan covid-19 secara virtual dari ruang rapat Rumah Dinas Wali Kota Medan, Senin (3/05/2021).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian. Dalam arahannya Mendagri mengatakan Presiden RI, Joko Widodo telah memberikan penekanan terhadap masalah covid-19 dan ekonomi. Presiden menginstruksikan agar penanganan covid-19 benar-benar ditangani dengan serius, jangan sampai lalai dan harus belajar dari kasus India yang terlalu cepat merayakan keagamaan akibat turunya kasus covid-19.


"Presiden menyampaikan agar kita tetap waspada khususnya menjelang Idul Fitri, dan Kepala Daerah di minta untuk satu narasi agar sama-sama melakukan pelarangan mudik lebaran."kata Mendagri.

Dalam rakor ini juga didengarkan paparan yang disampaikan oleh sejumlah narasumber seperti Wakil Menteri Kesehatan yang menyampaikan update perkembangan covid-19 di Indonesia. 

Dirinya menjelaskan saat ini penularan covid-19 memang mengalami trend penurunan namun dikhawatirkan libur panjang dapat mengakibat kasus penyebaran covid-19 kembali meningkat. Karena itulah dirinya menghimbau untuk tetap waspada, apalagi saat ini yang sangat perlu diwaspadai ialah masuknya mutasi covid-19 yang baru.


"Langkah yang tidak kalah penting ialah melakukan tracing terhadap masyarakat yang terpapar covid-19 sehingga dapat segera dilakukan perawatan dari sejak awal, dan meningkatkan laju vaksinasi di bulan Mei," jelasnya.

Sementara itu Kepala BNPB menyampaikan untuk mewaspadai kedatangan repatriasi yang kembali ke Indonesia termasuk juga WNA yang datang ke Indonesia.

"Mereka yang masuk ke Indonesia wajib di karantina, jangan mau tertipu dengan dokumen bebas covid-19 yang di tunjukkan, satgas yang ada di tiap Provinsi harus betul-betul disiapkan dengan baik", tegasnya.

Dari hasil rakor tersebut Kepala daerah diminta agar arahan yang telah disampaikan oleh para narasumber dapat dijadikan acuan untuk penanganan covid-19 di daerah masing-masing dan hasil rapat ini diharapkan segera di tindak lanjuti oleh Kepala Daerah untuk melakukan rapat koordinasi dengan unsur forkopimda diwilayah masing-masing terkait penerapan protokol kesehatan dan penanganan covid-19.
Editor: Budi

T#g:covid19
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 08:22

    Masih Dugaan, Warga Rantauprapat Meninggal Dunia Karena Infeksi Covid-19

    Warga Jalan SM Raja depan Stasiun Kereta Api Rantauprapat Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Marlina Sidabuke (43) Selasa (11/5/2021) sekira pukul 20:00 Wib, mening

  • Rabu, 05 Mei 2021 04:05

    Antisipasi Peningkatan Kasus Kematian Covid-19, Gubernur Edy Konsolidasikan Rumah Sakit se-Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengonsolidasikan seluruh rumah sakit yang ada di daerah ini, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus kematian karena Covid-19 dan ketersediaan tempat tidur (Bed Occupancy Rate/BOR).

  • Senin, 03 Mei 2021 08:53

    Aulia Apresiasi Kajian Spesial Ramadhan yang diinisiasi Pemuda Masjid An Nazhirin

    Pemko Medan mengapresiasi dan bangga atas digelarnya Kajian Spesial Ramadhan yang diinisiasi oleh pemuda masjid An Nazhirin. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan

  • Sabtu, 01 Mei 2021 21:31

    Bobby minta data akurat kasus positif covid-19 jadi landasan PPKM di Medan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM memimpin langsung rapat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Medan di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan/Gedung PKK Kota Medan, Jumat (30/04/2021).

  • Rabu, 28 Apr 2021 20:28

    Kesadaran Masyarakat, Poin Penting Pencegahan Gelombang Ketiga Covid-19

    Pemerintah melakukan larangan mudik Lebaran di tahun 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19. Langkah ini diambil karena sebagian besar negara di dunia memasuki penyebaran Covid-19 gelombang ketiga yang cukup mengkhawatirkan.

  • Selasa, 13 Apr 2021 19:53

    Data Satgas, Ada 7 Kasus Covid-19 di Dairi

    Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi merilis data akumulasi kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Dairi per tanggal 12 April 2021.Berdasarkan data, tercatat bahwa terdapat sebanyak 7 (tujuh)

  • Selasa, 09 Mar 2021 14:29

    Evaluasi Vaksinasi dan Pelaksanaan Satgas Penanganan Covid 19 Kota Binjai

    Bertempat di Aula Pemko Binjai, Jalan Jend Sudirman, Kota Binjai, Pelaksana tugas (Plt) Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, memimpin rapat Evaluasi Vaksinasi dan Pelaksanaan Satgas Penanganan Covi

  • Sabtu, 06 Mar 2021 19:06

    Anggota TNI Tanpa Kenal Lelah Membantu Vaksinasi Covid-19 Purnawirawan TNI di Depohar 50

    Bertempat di Gedung E Depohar 50 Lanud Adi Soemarmo telah dilaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk para purnawirawan TNI se-Solo raya. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Serbuan Vaksi

  • Selasa, 09 Feb 2021 15:59

    Tingkatkan Pencegahan Covid-19, Kapolsek Sidikalang Kota Bagikan Masker Gratis

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting, S.I.K, M.H Melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu SH Bersama Porkopimca membagikan Masker gratis kepada masyarakat yang melintas di Desa Kalang Jl

  • Selasa, 09 Feb 2021 13:18

    Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin Apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (9/2/2021).Panglima TNI dalam s

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak