Jumat, 25 Jun 2021 17:31
  • Home
  • Ragam
  • Tinjau Kebakaran Rumah, Edy Rahmayadi Minta Pembangunan Selesai Sebelum Ramadan

Tinjau Kebakaran Rumah, Edy Rahmayadi Minta Pembangunan Selesai Sebelum Ramadan

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Angga Rachmadan
Sabtu, 27 Mar 2021 09:27
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada 12 kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran rumah di Jalan Sei Bilah, Kelurahan Sei Bilah I, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Jumat (26/3/2021).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung lokasi kebakaran di Jalan Sei Bilah, Kelurahan Sei Bilah I, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Jumat (26/3) sore. Sembilan rumah hangus dan tiga rusak dalam peristiwa kebakaran yang terjadi, Sabtu (13/3) lalu.

Untuk pembangunan kembali rumah warga yang menjadi korban kebakaran tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah memberikan bantuan berbagai material bangunan seperti besi, batu-bata, semen, seng dan sebagainya.

Gubernur Edy Rahmayadi meminta pembangunan kembali sembilan rumah korban kebakaran tersebut sudah selesai sebelum Bulan Suci Ramadan. "Kondisinya rusak parah, harus dibangun ulang. Harus selesai sebelum Ramadan, agar para korban sudah punya rumah saat puasa," kata Edy Rahmayadi usai meninjau lokasi kebakaran.


Ada 12 kepala keluarga yang terdampak kebakaran ini, Edy Rahmayadi meminta masyarakat bersabar dan saling bahu-membahu membangun rumah. Bukan hanya membangun, Edy juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat agar menata perumahan di lokasi kebakaran agar lebih baik.

"Tidak ada gunanya kita salah menyalahkan, sekarang yang terpenting kita bangun rumah ini sama-sama agar cepat selesainya," kata Edy, didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis dan Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali.

Wakil Bupati Langkat Syah Afandin mengapresiasi bantuan Pemprov Sumut untuk para korban kebakaran. Menurutnya, bantuan material bangunan dari Pemprov Sumut lebih dari cukup.

"Bantuan material dari Pemprov lebih dari cukup, bahkan dengan datangnya bantuan dari masyarakat kita merencanakan membangun 10 rumah. Selain itu, juga ada bantuan bahan makanan, pakaian, alat dapur dan alat sekolah. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur dan juga seluruh masyarakat yang telah memberikan bantuan," kata Afandin.


BPBD Pemprov Sumut dan Kabupaten Langkat bahu-membahu bersama TNI serta POLRI membangun rumah-rumah yang terbakar. "BPBD Provinsi dan Kabupaten ditambah masyarakat ada sekitar 60 orang yang akan membangun rumah korban, ada juga bantuan TNI dan Polri, kita harap selesai sebelum Ramadhan," kata Afandin.

Menurut keterangan salah satu korban kebakaran, Ismail, kebakaran terjadi dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dari salah satu rumah warga, sehingga api tidak dapat cepat dipadamkan. Sembilan rumah hangus terbakar, walau ada enam mobil pemadam kebakaran yang berupaya menjinakkan api, beruntung tidak ada korban jiwa.

"Korban tidak ada, tapi barang habis semua, baju, peralatan sekolah anak, semuanya tinggal tersisa baju yang saya pakai," kata ayah tiga anak, yang kesehariannya menarik becak ini.

Ismail berharap pembangunan rumah korban kebakaran cepat dilaksanakan. "Sekarang kami tinggal di rumah adik saya, maunya sebelum Ramadan telah siap, jadi pas puasa kami sudah di rumah," kata pria 75 tahun ini.
Editor: Herda

T#g:Langkatkebakaran
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jun 2021 17:31

    Kapolres Binjai Antar 'Roti Ulang Tahun HUT Kodam I/BB' ke Kodim 0203/LKT

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, Bersama PJU Polres Binjai, melaksanakan Silaturahmi Ke Kodim 0203/LKT, Senin (21/6). Kunjungan itu dalam rangka memperingati HUT Kodam l/BB ke-71 tahun 2021.&n

  • Minggu, 20 Jun 2021 10:30

    Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY, Gelar Pengobatan Gratis di Langkat

    Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Arhanud 11/WBY, menggelar pengobatan gratis untuk warga sekitar wilayah Latihan Penyiapan Pratugas Satgas Pamrahwan Maluku, Minggu (20/6).Kegiatan pengobatan gratis ters

  • Sabtu, 19 Jun 2021 16:39

    Ketua PWI Langkat Kecam Penembakan Wartawan oleh OTK di Pematangsiantar

    Kekerasan dan intimidasi terus terjadi kepada para wartawan. Meski dilindungi oleh Undang Undang, namun hal itu sepertinya tidak menjadi jaminan. Malah ancaman profesi wartawan terlihat semakin nyata.

  • Rabu, 16 Jun 2021 15:46

    Kodim 0203/LKT Gelar Komunikasi Sosial, "Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa"

    Puluhan tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama, mengikuti kegiatan komunikasi Sosial dengan komponen masyarakat di wilayah Kodim 0203/LKT Tahun Anggaran 2021, Rabu (16/6).Mengusung tema "Meraj

  • Selasa, 15 Jun 2021 11:45

    Sijago Merah kembali melahap rumah warga di Tanjungbalai, 3 Petugas Damkar Terluka

    Diduga korlesting listrik, 7 unit rumah semi permanen dilalap si jago merah beserta isinya, di jalan Khairil Anwar (GG Tikus), Lingkungan IV, Kelurahan Matahalasan, Kecamatan Tanjungbalai Utara Kota T

  • Rabu, 09 Jun 2021 11:09

    Pembangunan Hampir Rampung, Edy Rahmayadi Harapkan Korban Kebakaran Segera Tempati Rumah Baru

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau pembangunan kembali rumah korban kebakaran di Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Selasa (8/6). Pembangunan sembilan uni

  • Senin, 07 Jun 2021 20:37

    DPRD Sumut Dapil XII Tegaskan 'War On Drugs' di Binjai- Langkat

    Anggota DPRD Sumatera Utara Dapil XII (Binjai - Langkat) menegaskan, akan terus memerangi narkoba di Dapilnya maupun daerah daerah di pinggiran Kota Binjai dan Langkat.

  • Jumat, 04 Jun 2021 18:04

    DPRD Langkat Apresiasi Aksi PMII Menuntut Polisi Tangkap Bandar Narkoba

    Anggota DPRD Langkat dari fraksi Partai Golkar, Edi Bahagia Sinuraya, mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupate

  • Sabtu, 29 Mei 2021 11:39

    HMKI, Pemuda Pancasila dan Relawan Covid-19 Bagikan Ribuan Masker Di Perbatasan Karo-Langkat

    Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) kabupaten Langkat, bersama Pemuda Pancasila ranting Desa Telagah serta relawan Covid-19 Desa Telagah, membagikan ribuan masker di beberapa titik yang ada di D

  • Rabu, 26 Mei 2021 17:46

    30 Orang diamankan BNN Langkat dari Desa Perdamaian, Barak Narkoba-Judi Dibakar

    Sebanyak 30 orang, 9 diantaranya adalah wanita, diamankan Petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Langkat, saat menggerebek sebuah barak narkoba yang berada di Dusun ll Desa Perdamaian,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak