Jumat, 14 Mei 2021 12:10
  • Home
  • Ragam
  • Tinjau Kebakaran Rumah, Edy Rahmayadi Minta Pembangunan Selesai Sebelum Ramadan

Tinjau Kebakaran Rumah, Edy Rahmayadi Minta Pembangunan Selesai Sebelum Ramadan

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Angga Rachmadan
Sabtu, 27 Mar 2021 09:27
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada 12 kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran rumah di Jalan Sei Bilah, Kelurahan Sei Bilah I, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Jumat (26/3/2021).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung lokasi kebakaran di Jalan Sei Bilah, Kelurahan Sei Bilah I, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Jumat (26/3) sore. Sembilan rumah hangus dan tiga rusak dalam peristiwa kebakaran yang terjadi, Sabtu (13/3) lalu.

Untuk pembangunan kembali rumah warga yang menjadi korban kebakaran tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah memberikan bantuan berbagai material bangunan seperti besi, batu-bata, semen, seng dan sebagainya.

Gubernur Edy Rahmayadi meminta pembangunan kembali sembilan rumah korban kebakaran tersebut sudah selesai sebelum Bulan Suci Ramadan. "Kondisinya rusak parah, harus dibangun ulang. Harus selesai sebelum Ramadan, agar para korban sudah punya rumah saat puasa," kata Edy Rahmayadi usai meninjau lokasi kebakaran.


Ada 12 kepala keluarga yang terdampak kebakaran ini, Edy Rahmayadi meminta masyarakat bersabar dan saling bahu-membahu membangun rumah. Bukan hanya membangun, Edy juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat agar menata perumahan di lokasi kebakaran agar lebih baik.

"Tidak ada gunanya kita salah menyalahkan, sekarang yang terpenting kita bangun rumah ini sama-sama agar cepat selesainya," kata Edy, didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis dan Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali.

Wakil Bupati Langkat Syah Afandin mengapresiasi bantuan Pemprov Sumut untuk para korban kebakaran. Menurutnya, bantuan material bangunan dari Pemprov Sumut lebih dari cukup.

"Bantuan material dari Pemprov lebih dari cukup, bahkan dengan datangnya bantuan dari masyarakat kita merencanakan membangun 10 rumah. Selain itu, juga ada bantuan bahan makanan, pakaian, alat dapur dan alat sekolah. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur dan juga seluruh masyarakat yang telah memberikan bantuan," kata Afandin.


BPBD Pemprov Sumut dan Kabupaten Langkat bahu-membahu bersama TNI serta POLRI membangun rumah-rumah yang terbakar. "BPBD Provinsi dan Kabupaten ditambah masyarakat ada sekitar 60 orang yang akan membangun rumah korban, ada juga bantuan TNI dan Polri, kita harap selesai sebelum Ramadhan," kata Afandin.

Menurut keterangan salah satu korban kebakaran, Ismail, kebakaran terjadi dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dari salah satu rumah warga, sehingga api tidak dapat cepat dipadamkan. Sembilan rumah hangus terbakar, walau ada enam mobil pemadam kebakaran yang berupaya menjinakkan api, beruntung tidak ada korban jiwa.

"Korban tidak ada, tapi barang habis semua, baju, peralatan sekolah anak, semuanya tinggal tersisa baju yang saya pakai," kata ayah tiga anak, yang kesehariannya menarik becak ini.

Ismail berharap pembangunan rumah korban kebakaran cepat dilaksanakan. "Sekarang kami tinggal di rumah adik saya, maunya sebelum Ramadan telah siap, jadi pas puasa kami sudah di rumah," kata pria 75 tahun ini.
Editor: Herda

T#g:Langkatkebakaran
Berita Terkait
  • Sabtu, 01 Mei 2021 15:41

    Member Arisan Online Mitha batal buat laporan pengaduan ke Polsek Kuala

    Puluhan kaum Ibu yang mengaku ditipu melalui arisan Online Mitha dengan owner yang disebut sebut mereka bernama Mitha Singarimbun, akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuat laporan di Polsek Kuala.

  • Kamis, 29 Apr 2021 21:49

    Ruang Belajar Sekolah Madrasah Tsanawiyah Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

    Dua ruangan belajar sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Yayasan Pendidikan Sholihin yang beralamat di Gang Madrasah Dusun 2, Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, terbakar, pada Kamis (29/4/2021) sekira pukul 07.00 WIB.

  • Minggu, 25 Apr 2021 20:25

    4 Unit Damkar BPBD Kota Binjai, padamkan kebakaran rumah warga di Jati Karya

    Satu unit rumah yang diketahui milik seorang warga bernama Heru (48) warga Jalan Waru, Lingkungan VII Kelurahan Jati Karya, Kecamatan Binjai Utara, habis dilalap si Jago Merah, Minggu (25/4) Sore, sekira Pukul 17.16 Wib.

  • Sabtu, 17 Apr 2021 11:17

    Sabrina Buka Musyawarah Korpri di Langkat

    Era digitalisasi dan kompetisi yang ketat di segala bidang menuntut anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada dan mampu menjadi pelopor perubah

  • Jumat, 16 Apr 2021 21:36

    Rumah Makan Ibu Soe Pematang Siantar, Terbakar

    Rumah makan ibu Soe di Jalan Jawa Kelurahan Bantan, Kota Pematang Siantar terbakar, Jumat, (16/4/2021) sekitar pukul 01:00 wib dini hari.Kapolsek Siantar Barat Iptu Ringgas Lubis SH mengatakan, kejadi

  • Kamis, 15 Apr 2021 22:25

    Printing 46, Jalan Pegagan Sidikalang Hangus Terbakar

    Bangunan rumah toko (Ruko) usaha percetakan Printing 46 di Jalan Pegagan nomor 7, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (15/4/2021), malam sekira jam 19. 30 WIB hangus terbakar. Diduga penyebab

  • Senin, 12 Apr 2021 19:42

    Mayjen TNI Hassanudin Apresiasi Pelaksanaan Tugas Jajaran Kodim 0203/Langkat

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, didampingi Ketua Persit KCK PD I/BB Ny Dessy Hassanudin, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Makodim 0203/Langkat sekaligus memberikan pengarahan kepa

  • Jumat, 09 Apr 2021 12:39

    Niat bakar sampah, mobil sedan ikut hangus, di Tebing Tinggi

    Satu unit mobil jenis sedan ludes terbakar. Informasi diperoleh pemilik mobil adalah Edison Tambunan, warga Jalan Diponegoro Lingkungan IV Kelurahan Rambung, Kota Tebingtinggi, Jumat (9/4/2021). Tidak

  • Kamis, 08 Apr 2021 05:58

    KM.HASIL JAYA GT.30 Terbakar Di Perairan Lampu Suar Tanjung Api, ABK Diselamatkan Patroli TNI-AL

    Berlokasi di Perairan Lampu Suar Tanjung Api pada koordinat 2° 57" 473' U - 100° 1" 312' E telah terjadi kebakaran pada kapal Nelayan jenis Pukat Apung dengan merek lambung kapal KM.

  • Minggu, 04 Apr 2021 12:14

    'Malam tak beruntung' Di Taput. 5 Rumah Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp600 Juta

    Kejadian yang dianggap penomenal ini menjadi pembahasan di tengah masyarakat. Sehingga terdengar sebutan 'Malam tak beruntung'. Itulah yang terdengar dalam perbincangan masyarakat Taput, khu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak