Senin, 30 Mar 2020 04:06
  • Home
  • Ragam
  • Tingkatkan Sinergi, Bakamla RI Gelar Forum Koordinasi Ke-4

Tingkatkan Sinergi, Bakamla RI Gelar Forum Koordinasi Ke-4

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Kamis, 20 Jul 2017 19:50
Humas Bakamla
Forum Koordinasi Ke-4 Bakamla di Medan, Kamis (20/7).

Melalui forum ini hendaknya dapat dijalin komunikasi yang efektif dan efisien antara Bakamla RI dengan instansi pusat maupun daerah serta terjalinnya sinergi antarinstansi untuk menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia khususnya perairan Sumatera Utara. 
 
Hal tersebut dikatakan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Kebijakan Keamanan Laut Sucipto, S.H., M.Hum., di Hotel Grand Mercure, Medan, Prov. Sumatera Utara, Kamis (20/7/2017).
 
Menurut Kabakamla, permasalahan/isu keamanan dan keselamatan di laut yang menjadi concern Bakamla RI saat ini beserta peraturan pemerintah dan Undang-Undang terkait keamanan dan keselamatan maritime perlu diketahui bersama, didiskusikan dan dicarikan solusi terbaik.
 
Untuk itu, lanjutnya, melalui forum ini Bakamla RI bermaksud untuk membangun dan menghasilkan kesamaan persepsi dan tindakan bersama instansi terkait lainnya, khususnya dari aspek penegakan hukum dengan system multidoor, dimana penyidik mampu mengungkap sampai kepada mustermine.
 
"Hal ini terkait dengan peran Bakamla RI sesuai UU No. 32/2014 dan Perpres No. 178/2014, dimana Bakamla RI mempunyai kemampuan berupa patroli keamanan dan keselamatan, kemampuan surveillance, dan sinergitas", katanya.
 
Dikatakan pula, kegiatan yang dilaksanakan Bakamla RI pada prinsipnya terbagi dua, yaitu kedalam dan keluar. Kedalam berupa kegiatan Operasi Bersama untuk mencegah dan menindak para pelanggar hukum di laut, sedangkan keluar adalah memberdayakan diplomasi maritim sebagaimana tertuang dalam Perpres 16/2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia. 
 
Penindakan oleh Bakamla RI bukan berarti penyelesaian hukum. Berdasarkan undang Undang yang ada, Bakamla RI diberi kewenangan menangkap para pelaku tindak pidana di laut, namun penyelesaian hukum ada di penyidik stakeholder sesuai kewenangan masing-masing. 

Oleh karenanya, melalui forum ini Bakamla RI mengkoordinasikan seluruh instansi terkait untuk dapat bersinergi dalam mewujudkan kebijakan pemerintah pada sektor kelautan, terutama visi yang tertuang dalam Perpres 16/2017.
 
Dalam forum yang mengusung tema "Sinergitas Antar Instansi Terkait Dalam Rangka Mengharmonisasikan Permasalahan Keamanan dan Keselamatan di Laut" tersebut, dihadirkan empat nara sumber, yaitu Direktur Hukum Bakamla RI Laksma TNI Yuli Dharmawanto, S.H., M.H., Direktur Penindakan dan Pengejaran BNN Brigjen Pol Drs. Irwanto, Kasubdit Pengawasan Dirjen Imigrasi M. Adnan, dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Dr. Budi Agustono.
 
Adapun perwakilan instansi yang hadir sebagai peserta antara lain dari DKP Sumut, Ditpolair Sumut, Imigrasi Belawan, Kejati Sumut, TNI AL, PSDKP Belawan, Polair Belawan, BNNP, KSU Belawan, dan PN Medan.

Editor: Dian

T#g:Bakamlabelawan
Berita Terkait
  • Senin, 23 Mar 2020 23:23

    Kamla Zona Maritim Timur Susun Kontingensi Ancaman Virus Corona

    Kamla Zona Maritim Timur siap menyusun kekuatan untuk memantau keluar masuk setiap orang melalui laut demi mencegah ancaman wabah penyakit akibat virus Corona.

  • Jumat, 20 Mar 2020 17:20

    Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Terima Kunjungan Hipken

    Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Leonidas Braksan, M.M menerima kunjungan Ketua Himpunan Pengusaha Kecil Nelayan (Hipken) Bitung Djefrie Sagume berserta pengurus.

  • Rabu, 18 Mar 2020 16:18

    Cegah Covid-19, Bakamla RI Lakukan Desinfektan Personel dan Kendaraan

    Sebagai upaya mencegah masuknya penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor dan satuan kerja, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI telah melakukan berbagai tindakan preventif berupa prosedur pemeriksaan seca

  • Minggu, 15 Mar 2020 13:55

    Menkopolhukam: Penyusunan RPP Keamanan Laut Jangan Diperdebatkan Lagi

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., menghadiri rapat penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) di kantor Kemenko Bidang Maritim dan Investasi, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat,

  • Jumat, 13 Mar 2020 05:13

    Kamla Zona Maritim Timur Sinergi dengan Polda Papua dan Lantamal X Jayapura

    Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S. Sos., M. Si(Han)., yang diwakili oleh Kasubbid Hukum Zona Timur Mayor Bakamla Anton Hilman Fatoni, S.H., M.H., melaksanakan kun

  • Kamis, 12 Mar 2020 16:12

    Kepala Bakamla Courtessy Call Ke Menteri PPN/Kepala Bappenas

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos. M.M. melaksanakan courtesy call kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Dr. HC. Ir. H. Suharso Monoarfa, di Kantor Kement

  • Senin, 09 Mar 2020 08:39

    Nelayan Natuna Dukung Keputusan Kepala Bakamla

    Para Nelayan Natuna, Kepulauan Riau akhirnya sepakat dan mendukung keputusan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., terkait pembagian wilayah penangkapan ikan, d

  • Sabtu, 07 Mar 2020 10:17

    Bakamla RI Susun Strategi Keamanan Laut di Daerah Rawan bersama Sopsal

    Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) berkoordinasi dengan Wakil Asisten Operasi Kasal (Waasops Kasal) Laksma TNI Irvansyah, S.H. dalam rangka penyusunan strategi keamanan laut, di Mabes TNI Angka

  • Rabu, 04 Mar 2020 21:04

    Kepala Bakamla RI Courtessy Call Ke Sekjen Kemhan

    Setelah sehari sebelumnya melaksanakan Courtessy Call kepada Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., kembali melaksanaka

  • Rabu, 04 Mar 2020 07:04

    Luhut Pandjaitan: Omnibus Law, Bakamla RI Menjadi Indonesian Coast Guard

    Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Berharap Omnibus Law Bakamla RI Menjadi Indonesian Coast Guard Bisa Dipercepat

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak