Minggu, 20 Sep 2020 20:52
  • Home
  • Ragam
  • Tanam Mangrove di Langkat, Gubernur: Melestarikan Alam Itu Ibadah

Tanam Mangrove di Langkat, Gubernur: Melestarikan Alam Itu Ibadah

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 04 Agu 2020 01:04
Humas Pemprovsu
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan alam, seperti menanam dan menjaga mangrove. Karena melestarikan alam juga merupakan bentuk ibadah yang nyata dan bermanfaat bagi kehidupan manusia maupun alam.

Mangrove bermanfaat untuk mencegah erosi dan abrasi pantai, berkontribusi mengurangi pemanasan global serta mampu menyerap emisi karbon 4 sampai 5 kali lebih besar daripada hutan daratan. Mangrove juga menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa satwa tertentu hingga peredam tsunami. Selain itu, mangrove juga bernilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi usai menanam bibit pohon mangrove di Pasar Rawa Gebang Kabupaten Langkat, Senin (3/8). Penanaman 2020 pohon mangrove itu diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI dan sekaligus memperingati Hari Mangrove Sedunia.

"Melestarikan alam ini adalah ibadah. Kita kembalikan alam ini jadi baik. Kalau alam ini kita jaga, alam akan menjaga kita," kata Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.


Rehabilitasi hutan mangrove bertujuan untuk menambah tutupan lahan guna mencegah banjir dan longsor, kekeringan dan kebakaran. Sebagai konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon dioksida di atmosfer serta antisipasi dalam memenuhi ketersediaan energi.

Provinsi Sumut sendiri memiliki hutan mangrove seluas 84.717 hektare yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang, Langkat, Batubara, Asahan, Labuhan Batu dan Mandailing Natal. "Hutan mangrove Sumut sangat luas dan kita harus berkomitmen untuk terus berupaya menjaga kelestariannya," kata Edy Rahmayadi.

Selain itu, perlu kontribusi dari semua pihak tanpa terkecuali, mulai dari pemerintah hingga masyarakat. Menurut Gubernur, rehabilitasi mangrove adalah upaya jangka panjang untuk menyelamatkan alam dari kerusakan, karena kelak generasi di masa depan yang akan merasakannya.

"Mari kita sama-sama jaga. Ini merupakan amanat dari Tuhan kepada kita semua untuk menjaganya. Ayo lanjutkan dan jangan berhenti di sini. Kita cari lingkungan yang sudah rusak kita perbaiki, insya Allah saya akan cek ini," kata Edy.

Indonesia merupakan negara dengan hutan mangrove terluas sedunia. Berdasarkan peta mangrove nasional, Indonesia memiliki 3,1 juta hektare. Saat ini ada sekitar 2,6 juta hektare hutan mangrove dalam keadaan baik dan sekitar 0,67 juta hektare dalam keadaan kritis. Hal tersebut antara lain dipicu oleh perluasan lahan tambak yang masif, alih fungsi lahan mangrove menjadi perkebunan, perumahan, industri maupun penebangan liar.

Oleh sebab itu, pemerintah berkomitmen merehab lahan mangrove yang rusak. Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Karliansyah mengatakan pihaknya telah menanami kembali sekitar 1.000 hektare mangrove yang rusak setiap tahun. Namun itu memerlukan kontribusi setiap pihak, termasuk keterlibatan langsung masyarakat.

"Mari kita gelorakan semangat menanam mangrove, mengingat manfaatnya yang besar dan perlu peran serta semua eleman bangsa dalam merehab dan melestarikan mangrove. Kami mengajak semua pihak termasuk masyarakat," ujar Karliansyah.

Plt Kadis Kehutanan Sumut Herianto menyampaikan, untuk pengelolaan kawasan hutan mangrove Pasar Rawa seluas 138 hektare diberikan kepada masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Pengolah Hutan Desa Pasar Rawa, melalui skema perhutanan sosial.

"Ini komitmen nyata dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam menyejahterakan rakyat. Kita harapkan kelestarian mangrove terjaga sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat di kawasan hutan," kata Herianto.

Acara penanaman bibit mangrove berlangsung lancar. Dengan mengenakan sepatu bot, Gubernur turun langsung ke lahan berlumpur untuk menanam mangrove bersama masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Pengolah Hutan Desa Pasar Rawa. Turut hadir Bupati Langkat Terbit Rencana, Wakapolda Sumut Dadang Hartanto, Kasdam I BB Didied Pramudito dan Wadan Lantamal 1 Belawan Sasmita.

Editor: Tessa

T#g: mangroveEdy Rahmayadi
Berita Terkait
  • Jumat, 18 Sep 2020 09:08

    Edy Rahmayadi Sampaikan Perkembangan Covid-19 di Sumut ke Luhut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyatakan perkembangan kasus harian Covid-19 memiliki tren penambahan kasus harian yang flat. Recovery rate (tingkat kesembuhan) juga masih flat (datar)

  • Rabu, 16 Sep 2020 23:16

    Gubernur Sampaikan Sengketa Tanah di Sumut Selesai 30% Tahun Ini

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan kerja Ketua Dewasia AA Lanyalla Mahmud Mattalitti dan rombongan di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan, Rabu (16/9).

  • Jumat, 04 Sep 2020 00:04

    Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H Gubernur Edy Ajak Ulama Tuntaskan Pandemi Covid-19

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menghadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H yang diadakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumut, di Aula Kantor MUI Sumut, Jalan Majelis Ulama Nomor

  • Sabtu, 29 Agu 2020 05:29

    Edy Rahmayadi Apresiasi Pameran Karya Kreatif Sumut 2020

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi Pameran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) Tahun 2020 yang digelar Bank Indonesia (BI) di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Jenderal

  • Kamis, 27 Agu 2020 02:27

    Gubernur Edy Minta GTRA Segera Selesaikan Regulasi Tanah di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali mengingatkan pada Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Sumut untuk segera menyelesaikan regulasi persoalan tanah yang ada di Sumut. Sehingga ber

  • Rabu, 26 Agu 2020 00:56

    Edy Rahmayadi Tawarkan 7 Proyek Prioritas untuk Investor Singapura

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menawarkan tujuh proyek prioritas sebagai peluang investasi kepada para investor Singapura. Ketujuh proyek terdiri dari satu sektor pariwisata yang

  • Selasa, 18 Agu 2020 14:28

    Edy Rahmayadi Ajak Masyarakat Rampungkan Pembangunan Masjid Agung

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang juga Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Sumut menerima donasi Rp2 miliar dari Relawan Perempuan Pembangunan Masjid Agung Sumut (RPPMAS), Sel

  • Senin, 17 Agu 2020 22:47

    HUT RI di Tengah Pandemi Gubernur Sumut: Kekhidmatan Tidak Boleh Terganggu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berpesan bahwa kekhidmatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tidak boleh terganggu, meski diperingati dalam kete

  • Kamis, 13 Agu 2020 20:03

    Edy Rahmayadi Ajak Dokter dan Tenaga Kesehatan Bergandengan Perangi Covid-19

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali mengajak seluruh dokter dan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan memerangi pandemi Covid-19 di Sumut, untuk bergandengan tangan dan memberikan

  • Jumat, 14 Agu 2020 02:14

    Peresmian Masjid Muslimin J City Gubernur Harapkan Kehadiran UAS Berikan Semangat Hadapi Covid-19

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) meresmikan Masjid Muslimin di Kompleks J City Medan, Rabu (12/8) malam. Peresmian masjid ditandai dengan penandatanganan p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak