Minggu, 05 Apr 2020 04:48
  • Home
  • Ragam
  • Susun Ranwal RKPD Tahun 2021, Pemkab Paluta Gelar Forum konsultasi Publik

Susun Ranwal RKPD Tahun 2021, Pemkab Paluta Gelar Forum konsultasi Publik

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Umar Rambe
Jumat, 31 Jan 2020 13:31
Istimewa
Dalam rangka penyusunan rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Pemkab Paluta) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik di aula kantor Bappeda Paluta, Kamis (30/1).

Kegiatan yang mengangkat tema 'Padang Lawas Utara Berdaya Saing' ini, dibuka oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH, dan dihadiri oleh kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak MSi, pimpinan OPD Paluta, pimpinan BUMN, perusahaan swasta, OKP/Ormas, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya. Kegiatan menghadirkan narasumber diantaranya dari Kepala Bappeda Provsu, Guru besar UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA, Dosen USU Agus Suriadi MSi.

Dalam sambutannya, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang disampaikan Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH saat membuka Forum Konsultasi Publik mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD Tahun 2021 mendatang.

"Konsultasi publik ini hendaknya dapat menjadi forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah," ucapnya.

Dikatakannya, ada sejumlah prioritas pembangunan yang tercantum dalam RPJMD 2019-2023 untuk 5 tahun kedepan antara lain : 
1. Penerapan reformasi birokrasi
2. Peningkatan kualitas daya sain SDM
3. Pengarusutamaan gender
4. Peningkatan keterampilan tenaga kerja
5. Pengembangan produktivitas produk unggulan daerah
6. Penanggulangan kemiskinan
7. Pemenuhan infrastruktur dasar wilayah yang terpadu dan berkelanjutan.

Sedangkan fokus pembangunan kabupaten Paluta tahun 2021 mampu meningkatkan daya saing dalam beberapa aspek yakni :
1. Pemerataan pendistribusian tenaga pendidik dan kependidikan
2. Peningkatan kualitas manajemen pendidikan
3. Peningkatan peluang dan kesempatan kerja terdidik dan terampil
4. Peningkatan kualitas kompetensi dan tenaga kerja
5. Pengembangan pengelolaan daerah destinasi wisata
6. Peningkatan pemberdayaan koperasi dan UMKM

"Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta forum, agar mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat, dan terencana, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap", tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak MSi dalam pemaparan yang disampaikan sekretaris Iskandar Muda Hasibuan SSTP MSP mengatakan, tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

Kemudian, merumuskan masukan dan saran terhadap Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 yang akan menjadi pedoman penyusunan rancangan Renja perangkat daerah. Dan, dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kabid Sosbud dan pemerintahan Rahmat Hidayat Siregar SSos MM menyampaikan bahwa pelaksanaan forum konsultasi Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 bertujuan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah serta mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2021.

Dan hasil yang diharapkan dari forum kondultasi publik ini adalah penyempurnaan Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 untuk dijadikan pedoman dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2021.

"Kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi serta pemahaman bersama tentang arah pembangunan tahun 2021," ujarnya. 
Editor: Adjie

T#g:Pemkab PalutaRKPDRanwal
Berita Terkait
  • Kamis, 19 Mar 2020 20:59

    Bupati Paluta Liburkan Anak Sekolah Demi Mengantisipasi Covid-19

    Mengantisipasi wabah virus Corona (Covid-19) yang berkembang saat ini, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap SSTP M.Si meliburkan anak sekolah mulai hari Jum'at (20/3) hingga 14 hari kedepan.

  • Jumat, 13 Mar 2020 12:53

    Kecamatan Simangambat Tuan Rumah MTQ Ke XI Tingkat Kabupaten Paluta

    Sebagai salah satu sarana dan langkah untuk memperkokoh syiar agama Islam di tengah masyarakat, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke- XI tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara digelar di Kecamatan Simanga

  • Kamis, 12 Mar 2020 07:52

    H. Hariro Harahap Lantik Pejabat Administrator Paluta

    Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) H. Hariro Harahap, SE., M.Si., resmi melantik dan mengambil sumpah Jabatan Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara di

  • Rabu, 19 Apr 2017 15:15

    Musrenbang Provinsi Sumut Proyeksikan APBD 2018 Sebesar Rp13,32 Triliun

    Pemprovsu memproyeksikan APBD 2018 mengalami peningkatan dibandingkan 2017, dari Rp 13,03 menjadi Rp13,32 triliun. Hal ini untuk mendukung 10 prioritas pembangunan nasional dan mendukung pencapaian 9 prioritas provinsi.

  • Kamis, 09 Mar 2017 07:02

    Tujuh Prioritas Pembangunan Pemkab Palas Tahun 2018

    Setidaknya, ada tujuh skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan jajaran Pemkab Palas pada tahun anggaran 2018 mendatang. Begitu dikatakan Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap, saat membuka dan m

  • Rabu, 08 Mar 2017 06:51

    Bupati Palas Buka Musrenbang RKPD Tahun 2017

    Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap, didampingi Wabup Palas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Ke

  • Jumat, 03 Mar 2017 07:52

    Pemkab Humbahas Gelar Konsultasi Publik RKPD

    Sekdakab Saul Situmorang membuka kegiatan konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Daerah Humbang Hasundutan (Humbahas), di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu (1/3).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak