Jumat, 19 Apr 2024 07:17
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Susun Ranwal RKPD Tahun 2021, Pemkab Paluta Gelar Forum konsultasi Publik

Paluta (utamanews.com)

Oleh: Umar Rambe

Jumat, 31 Jan 2020 13:31

Istimewa
Dalam rangka penyusunan rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Pemkab Paluta) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik di aula kantor Bappeda Paluta, Kamis (30/1).

Kegiatan yang mengangkat tema 'Padang Lawas Utara Berdaya Saing' ini, dibuka oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH, dan dihadiri oleh kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak MSi, pimpinan OPD Paluta, pimpinan BUMN, perusahaan swasta, OKP/Ormas, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya. Kegiatan menghadirkan narasumber diantaranya dari Kepala Bappeda Provsu, Guru besar UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA, Dosen USU Agus Suriadi MSi.

Dalam sambutannya, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang disampaikan Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH saat membuka Forum Konsultasi Publik mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD Tahun 2021 mendatang.

"Konsultasi publik ini hendaknya dapat menjadi forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah," ucapnya.

Dikatakannya, ada sejumlah prioritas pembangunan yang tercantum dalam RPJMD 2019-2023 untuk 5 tahun kedepan antara lain : 
1. Penerapan reformasi birokrasi
2. Peningkatan kualitas daya sain SDM
3. Pengarusutamaan gender
4. Peningkatan keterampilan tenaga kerja
5. Pengembangan produktivitas produk unggulan daerah
6. Penanggulangan kemiskinan
7. Pemenuhan infrastruktur dasar wilayah yang terpadu dan berkelanjutan.

Sedangkan fokus pembangunan kabupaten Paluta tahun 2021 mampu meningkatkan daya saing dalam beberapa aspek yakni :
1. Pemerataan pendistribusian tenaga pendidik dan kependidikan
2. Peningkatan kualitas manajemen pendidikan
3. Peningkatan peluang dan kesempatan kerja terdidik dan terampil
4. Peningkatan kualitas kompetensi dan tenaga kerja
5. Pengembangan pengelolaan daerah destinasi wisata
6. Peningkatan pemberdayaan koperasi dan UMKM

"Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta forum, agar mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat, dan terencana, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap", tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak MSi dalam pemaparan yang disampaikan sekretaris Iskandar Muda Hasibuan SSTP MSP mengatakan, tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

Kemudian, merumuskan masukan dan saran terhadap Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 yang akan menjadi pedoman penyusunan rancangan Renja perangkat daerah. Dan, dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kabid Sosbud dan pemerintahan Rahmat Hidayat Siregar SSos MM menyampaikan bahwa pelaksanaan forum konsultasi Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 bertujuan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah serta mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2021.

Dan hasil yang diharapkan dari forum kondultasi publik ini adalah penyempurnaan Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2021 untuk dijadikan pedoman dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2021.

"Kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi serta pemahaman bersama tentang arah pembangunan tahun 2021," ujarnya. 
Editor: Adjie

T#g:Pemkab PalutaRKPDRanwal
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 01 Jun 2023 13:41

    Pemkab Paluta Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global", bertempat di Halaman Kanto

  • Senin, 22 Mei 2023 16:12

    Pemkab Paluta Gelar Peringatan Harkitnas Ke-115

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, bertempat di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (22/05/2023).Turut hadir


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️