Kamis, 04 Mar 2021 19:07
  • Home
  • Ragam
  • Sumut Punya Banyak Potensi Wisata Alam Pedesaan

Edy Rahmayadi Minta Konsep Paloh Naga Ditularkan ke Kabupaten/Kota Lain

Sumut Punya Banyak Potensi Wisata Alam Pedesaan

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Joni
Sabtu, 16 Jan 2021 17:46
(Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian)
Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi mengunjungi lokasi Agrowisata Paloh Naga di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantailabu, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (16/1/2021).
Agrowisata Paloh Naga, Kabupaten Deliserdang, kembali menjadi perhatian Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat bersepeda ke lokasi tersebut bersama rombongan, Sabtu (16/1). Potensi pariwisata tersebut pun diharapkan dapat ditularkan ke kabupaten/kota lain dengan konsep yang sesuai.

Datang ke lokasi Agrowisata Paloh Naga di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantailabu, Kabupaten Deliserdang, Gubernur yang didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi langsung masuk ke kawasan tersebut. Selain hamparan sawah dan selasar tempat berfoto, rombongan juga sempat menikmati makanan yang dijajakan para pedagang kecil sebagai menu sarapan dan minuman.

Usai membeli dan menyapa para pedagang, Gubernur yang juga didampingi Bupati Deliserdang Ashari Tambunan pun memasuki pelataran lokasi panggung seni pertunjukan untuk meresmikan fasilitas pendukung yang baru dibangun di Paloh Naga. Selain panggung seni, juga ada gazebo, dapur kuliner dan musala bagi pengunjung yang ingin salat, beristirahat atau menikmati kumpul bersama.

Dengan konsep agrowisata, sederhana, serta dikelola oleh warga desa setempat, Gubernur membayangkan luar biasanya jika seluruh kabupaten memiliki setidaknya satu desa andalan untuk membangun lokasi wisata dengan ciri khas masing-masing.

"Andaikata setiap desa punya tempat seperti ini, akan sangat luar biasa. Karena misi saya membangun desa menata kota. Kalau desanya dibangun, maka lebih mudah menata kota. Karena orang tidak berebut untuk datang ke kota," jelas Edy.


Karena itu pula, Edy berterima kasih atas peran berbagai pihak terutama Pemkab Deliserdang yang telah memberikan kehidupan yang lebih maju di desa tersebut. Ia meminta hal ini disampaikan ke 32 kabupaten/kota lain dengan mengedepankan pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, serta lainnya yang bermanfaat.

"Ini adalah instruksi saya, setiap kabupaten harus ada minimal satu desa sesuai potensinya yang bisa dijadikan pariwisata desa. Ini yang ditunjukkan Bupati Deliserdang (Ashari Tambunan). Ini karyanya bupati bersama rakyat, sebagai wujud loyalitas untuk tercapainya Sumut Bermartabat," kata Gubernur.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sumut yang telah hadir untuk kesekian kalinya ke Deliserdang, khususnya di Pantailabu. "Kami sangat senang ketika Pak Gubernur menyampaikan bahwa dibandingkan sejak kunjungan sebelumnya, sudah banyak kemajuan," sebut Ashari.

Untuk itu dirinya meyakini, setiap kunjungan Gubernur akan memberi arti dan motivasi tersendiri bagi perkembangan agrowisata ini. Hal itu pun dibuktikan dengan berbagai perubahan yang ada.

"Kami memaknai keinginan Pak Gubernur untuk bagaimana desa-desa terbangun, sebagai bagian dari upaya menjadikan Sumut Bermartabat," pungkas Bupati.

Kunjungan tersebut pun diisi dengan penandatanganan prasasti peresmian pembangunan panggung seni pertunjukan, gazebo, dapur kuliner dan Musala yang ada di lokasi Agrowisata Paloh Naga oleh Gubernur. Usai peresmian, juga dilakukan panen padi yang berada di ujung lokasi wisata.

Turut mendampingi Gubernur, Kepala Dinas Tenaga Kerja Baharuddin Siagian, Kepala Biro Umum M Fadly, Dirut Bank Sumut Muhammd Budi Utomo dan serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Editor: Herda

T#g:Deli SerdangPantai LabuWisata
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Mar 2021 08:04

    Kombes Pol Yemi Mandagi Sambut Audensi PAMK Deli Serdang

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK terima audensi dari Forum Pemuda Agama Mitra Kamtibmas (PAMK) Kabupaten Deli Serdang, Senin (01/03/2021).

  • Selasa, 23 Feb 2021 11:23

    Pemkab Sergai - Deli Serdang dan Pemprovsu Siap Tingkatkan Sektor Wisata

    Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Deli Serdang gelar rapat terkait pengembangan pariwisata di gedung pertemuan Bappeda Kab. Sergai pada hari Senin (21/02/2021) Dalam pertemuan tersebut yang

  • Minggu, 21 Feb 2021 13:51

    Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Pakpak Apresiasi Launching Platform visitdairi.com

    Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Pakpak (LKP), Raja Umar Ujung sangat mengapresiasi launching platform visitdairi.com oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ber

  • Kamis, 18 Feb 2021 18:18

    DPRD Deli Serdang Kunjungi Penangkaran Bibit Holtikultura Binjai

    Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deli Serdang, melakukan kunjungan ke penangkaran bibit Holtikultura Binjai, yang berada di jalan Madura, Kecamatan Binjai Utara, Kamis

  • Kamis, 11 Feb 2021 20:01

    Champion Cafe and Resto, sajikan hidangan dan suasana pedesaaan untuk keluarga

    Kabar gembira bagi para pelancong maupun penggemar kuliner nusantara dan mancanegara yang ada di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.Pasalnya, saat ini telah hadir lokasi bersantap sambil bersantai yang

  • Selasa, 09 Feb 2021 23:19

    Koperasi Beringin Jaya LMHAI Lapor Ke Presiden Jokowi, Minta Penyelesaian Konflik Pertanahan Di Perkebunan Kuala Namu

    Pengurus Koperasi Beringin Jaya LMHAI melalui Ketuanya Wagiman dan LMM Batu Bara pada Selasa, tanggal 9 Februari 2021 mengantarkan langsung surat laporan minta penyelesaian konflik pertanahan di

  • Selasa, 09 Feb 2021 20:39

    Diduga Gara-Gara Uang Sampah Tidak Dibayar, Warga Ini Mengaku Tidak Dilayani Aparat Desa

    Herti Pane (40) warga Jalan Pala 16, Perumnas Simalingkar mengeluhkan diduga buruknya pelayanan di Kantor Desa Perumnas Simalingkar Kecamatan Pancur Batu hanya gara-gara tidak bayar retribusi sampah R

  • Kamis, 04 Feb 2021 20:54

    Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (DPN LKLH) Kunjungan Ke TWA Holiday Resort di Labusel

    Dinyatakan oleh M Sofyan Damanik bahwa pihaknya melakukan kunjungan ke Kepala Pengelola TWA Holiday Resort di Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu selatan pada hari Kamis, (04/02/2021). Kat

  • Selasa, 26 Jan 2021 21:26

    4,37 Juta Jiwa (29,5%) Penduduk Sumut Tinggal di Medan dan Deliserdang

    Hasil sensus penduduk tahun 2020 menyebutkan 29,5 % dari 14,8 juta jiwa penduduk Sumatera Utara (Sumut) tinggal di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. Agar sebaran penduduk bisa lebih proporsional,

  • Minggu, 24 Jan 2021 16:54

    Ketua DPD KNPI Deli Serdang Minta Kapoldasu Tutup 2 Diskotik dan Cafe

    Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, OK Alamsyah S.pd, meminta kepada Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sor

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak