Jumat, 27 Nov 2020 00:44
KPU
  • Home
  • Ragam
  • Status Polsub Sektor Parbuluan akan ditingkatkan menjadi Polsek

Status Polsub Sektor Parbuluan akan ditingkatkan menjadi Polsek

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Jumat, 16 Okt 2020 20:16
Istimewa
Dalam waktu dekat Polsub Sektor Parbuluan yang selama ini dibawah naungan Polsek Sumbul Polres Dairi akan ditingkatkan statusnya menjadi Polsek Parbuluan.

Hal itu disampaikan Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH saat melakukan kunjungan ke Polsub Sektor Parbuluan dan lokasi lahan untuk Asrama Polisi, Jumat (16/10/2020). 

Disebutkannya, perubahan status Polsub Sektor Parbuluan menjadi Polsek atas permintaan masyarakat Kecamatan Parbuluan. Dimana masyarakat melihat bahwa keamanan itu sangat berharga dan penting untuk menciptakan keamanan yang kondusif di wilayah Kecamatan Parbuluan ini. 

"Atas dukungan dan permintaan masyarakat di sini, kita akan mempercepat proses peningkatan Polsub Sektor Parbuluan menjadi Polsek segera terwujud," kata Ferio.

Dengan adanya Polsek ini nantinya, akan menjadi pemicu bagi Polres Dairi dan Polsek bersama-sama masyarakat menciptakan keamanan di Kecamatan Parbuluan menjadi Kondusif, aman dan rukun.


"Kita akan berupaya menekan tingkat kriminalitas dengan melakukan sosialisasi hukum dan penindakan hukum jika ada yang bertentangan dengan hukum. Tujuannya untuk menciptakan keamanan dan kekondusifan itu sendiri," ucap Ferio.

Kapolsek Sumbul, AKP Deddy Syahputra Ginting SH yang ikut mendampingi Kapolres Dairi menyampaikan, perubahan status Polsub Sektor Parbuluan menjadi Polsek Parbuluan kalau dilihat dari segi geografis, jumlah kasus, tata letak dan jumlah penduduk sudah layak.

Untuk jarak tempuh dari Polsek Sumbul ke sini sangat jauh atau sekitar 22 Km. Ditambah lagi dari segi jumlah penduduk di Kecamatan Parbuluan sudah mencapai 16 ribu lebih tersebar di 11 desa. Dari segi kriminalitas, rata-rata sekitar 5 kasus dalam satu bulan. Itu yang melapor, lain lagi dengan perkara-perkara yang diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

"Apalagi Kecamatan Parbuluan juga masuk daerah Kaldera Toba, sehingga menjadi lintas pariwisata dan untuk menghindari tingginya kriminalitas dan angka kecelakaan maka sangat diperlukan pelayanan dari Polri yang lebih intensif," ujar Deddy.

Lebih lanjut dikatakan Deddy, riwayat adanya Polri di wilayah Kecamatan Parbuluan sekitar 12 lalu atas permintaan masyarakat. Dimulai dengan berdirinya Pos Polisi dan tahun 2012 dinaikkan dari Pos menjadi Sub Sektor.


"Ini bukan semata-mata kemampuan Polri, tetapi karena dukungan masyarakat. Yang mana atas swadaya masyarakat dengan memberikan lahan dan bantuan lain, sehingga Kantor Polisi ini bisa berdiri. Jadi keinginan berdirinya Polsek disini merupakan keinginan masyarakat di Kecamatan Parbuluan ini," pungkasnya.

Sementara, Pdt Togar Sigalingging yang juga selaku tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta pemegang hak ulayat di Sigalingging Kecamatan Parbuluan menyambut baik kehadiran Polsek Parbuluan. Dengan hadirnya Polsek di Kecamatan Parbuluan diharapkan masyarakat semangkin menyadari dan mengerti tentang hukum.

"Saya berharap kedepan bisa menciptakan kesadaran hukum dan kenyamanan serta ketertiban dalam berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Pdt Togar Sigalingging juga menjelaskan, lahan yang diserahkan untuk Polsub Sektor seluas 6 rante dan ini telah diserahkan Oppung dan orang tuanya dulu. Karena Polsub Sektor ini sekarang naik status menjadi Polsek Parbuluan, maka dibutuhkan lahan untuk mendirikan Perumahan atas Asrama Polisi.

"Untuk itu kami dari pemegang hak ulayat dan masyarakat yang cinta dengan Kepolisian RI dengan terbuka hati memberikan lahan untuk Asrama Polisi seluas 1 Ha," terangnya.


Atas pemberian tanah yang dihibahkan tersebut, Kapolres Dairi sangat terharu dan mengapresiasi niat baik yang telah dilakukan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat di Kecamatan Parbuluan ini.

"Apa yang mereka lakukan sebagai wujud kecintaan mereka terhadap Kepolisian RI. Ini menjadi beban dan semangat bagi kami untuk bisa memberikan yang terbaik pengabdian kami dalam melaksanakan tugas kepolisian," terangnya.

Hadir dalam kunjungan itu, Kasat Reskrim Polres Dairi, Rasly Alfrianto Turnip, Kepala Polsub Sektor Parbuluan, Iptu Agus Santoso dan Camat Parbuluan Rafael Siringo-ringo
Editor: Ivan

T#g:DairiParbuluanpolsek
Berita Terkait
  • Rabu, 25 Nov 2020 09:15

    Pengendara Honda CB150R Tewas Tabrak Truk Box Colt Diesel

    Kecelakaan lalu lintas antara truk Colt Diesel Box contra sepeda motor di Jalan Runding, Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, mengakibatkan pengemudi sepeda motor tewas.Kapolre

  • Selasa, 24 Nov 2020 21:44

    Kapolres Sergai Pimpin Sertijab Iptu Janson Sagala, Kapolsek Teluk Mengkudu

    Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH. M Hum pimpin serah terima jabatan (Sertijab) Iptu Janson Sagala sebagai Kapolsek Teluk Mengkudu, di Aula Patriatama, Mapolres Serdang Bedagai, Selasa

  • Senin, 23 Nov 2020 20:13

    Pemkab Dairi Terima Bantuan Bibit dan Saprodi Bawang Merah

    Pemkab Dairi menerima bantuan bibit dan Saprodi bawang merah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan stimulus ekonomi ini sumber dana refocussing APBD TA 2020 Ta

  • Kamis, 19 Nov 2020 18:19

    Bupati Dairi Beri Solusi Langsung Pada Sidang Nota Jawaban di DPRD Dairi

    Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjawab langsung serta memutuskan beberapa masukan dan saran yang disampaikan oleh Anggota DPRD Dairi dalam Sidang Dewan dengan agenda penyampaian Nota Jawaban

  • Rabu, 18 Nov 2020 21:38

    Terlindas Mobil Ambulance, Warga Sumbul Tewas di TKP

    Akibat Lakalantas di Jalan Sidikalang -Medan, Desa Tanjung Beringin I, Kecamatan Sumbul, Mariono Berutu (50) pengemudi sepeda motor Suzuki Spin, warga Desa Tanjung Beringin I, Kecamatan Sumbul, Kabupa

  • Selasa, 17 Nov 2020 19:17

    Kapolres Dairi, Bupati dan Dandim Bakti Sosial Berikan Bantuan Sembako dan Masker

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH bersama Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Dandim 0206/Dairi yang diwakili Danramil 02/Sidikalang Kapten Kav Warsimin, Selasa (17/11/2020), melaks

  • Jumat, 06 Nov 2020 16:46

    Sertijab 2 Kapolsek Diwarnai Pemberian Cinderamata oleh Kapolres Labuhanbatu

    Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, S.I.K., M.H serah terimakan jabatan (Sertijab) Kapolsek Panai Tengah dan Kapolsek Aek Natas, Jum'at (6/11/20) sekira pukul 08.30 Wib, bertempat di ruang

  • Rabu, 04 Nov 2020 11:44

    HBB Apresiasi Gerak Cepat Kapolsek Pancur Batu AKP Dedy Dharma

    Pasca ditetapkannya Martin alias Nondok (50) sebagai tersangka dalam kasus pengancaman terhadap Leo Sembiring yang juga seorang wartawan asal Medan, Kapolsek Pancur Batu AKP Dedy Dharma SH dan Kanit R

  • Selasa, 03 Nov 2020 19:03

    Kapolres Binjai Hadiahi HP Android Pada 4 Siswa Berprestasi di Tanjung Pura

    Peduli pendidikan, Kapolres Binjai AKBP Edi Suranta Sinulingga, diwakili Kapolsek Tanjung Pura, Iptu Rudi Saputra SH.MH, memberikan bantuan berupa Hand Phone Android kepada Siswa dan siswi yang berpre

  • Sabtu, 31 Okt 2020 19:21

    Warga Tigalingga Ditangkap Polres Dairi Karena Miliki Sabu

    Melki Tinambunan (28) warga Barisan Tigor, Desa Lau Bagot, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi terpaksa berurusan dengan Polisi. Pasalnya dia ketahuan memiliki narkotika golongan 1 jenis sabu s

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak