Jumat, 19 Apr 2024 10:08
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY Hadiri Bakar Batu di Kampung Karubate

Papua (utamanews.com)

Oleh: Dian/Rls

Sabtu, 27 Jul 2019 16:27

Puspen TNI
Tradisi bakar batu merayakan kelahiran di Papua
Setiap daerah di Indonesia menyimpan keunikan tersendiri, seperti bahasa daerah, pakaian adat, makanan khas, maupun kebiasaan masyarakatnya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Papua memiliki tradisi yang cukup unik yaitu upacara Bakar Batu.

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY yang dipimpin Mayor Inf Danang Biantoro, S.I.P., M.Si. sebagai Dansatgas, kali ini menghadiri upacara adat tradisional yang penting dilakukan oleh masyarakat lokal, bertempat di Kampung Karubate, Distrik Muara, Kab. Puncak Jaya, Provinsi Papua, Kamis (25/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, Mayor Inf Danang menyampaikan bahwa prajurit Satgas sebagai pendatang di daerah ini sangat menghormati tradisi masyarakat. "Kami merasa terhormat karena ikut diundang oleh warga kampung untuk menghadiri acara tradisi tersebut", ujarnya.
Selanjutnya dikatakannya bahwa dalam acara adat ini diikutsertakan sejumlah 20 personel Satgas dipimpin oleh Lettu Chk Zaenal Arifin, yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Hukum (Pakum) Satgas.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Maleo Wonda salah satu Warga Kampung Karubate menyampaikan bahwa acara ini untuk merayakan kelahiran anaknya, sehingga mengundang masyarakat sekitar untuk datang dan melaksanakan tradisi bakar batu sebagai wujud syukur dan berbagi kebahagian. "Kami warga kampung sangat senang dan antusias apabila ada acara bakar batu karena selain sebagai sarana berkumpul bersama, kami juga dapat mengenal teman-teman dan tetangga," katanya.

"Saya juga mengundang anggota Satgas untuk memperkenalkan kepada mereka acara adat kami. Disini kami memasak babi sebagai hidangan utama, tapi dikarenakan ada masyarakat Muslim yang kami undang maka kami juga menyediakan ayam sebagai tambahan hidangan," ucapnya.
Editor: Herda

T#g:Bakar batuBudayaPapua
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️