Kamis, 06 Agu 2020 14:14
  • Home
  • Ragam
  • Plt Kalapas IIA Rantauprapat Bina Mental Napi dengan Kegiatan Sosial dan Kerohanian

Plt Kalapas IIA Rantauprapat Bina Mental Napi dengan Kegiatan Sosial dan Kerohanian

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Selasa, 26 Nov 2019 10:16
Istimewa
Menindaklanjuti visi Presiden Joko Widodo terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Plt Kalapas Kls IIA Rantauprapat, M Taviv Pardede menjalankan program bakti sosial dengan masyarakat bekerjasama dengan pemerintahan  kabupaten Labuhanbatu tingkat kelurahan dengan mengajak petugas dan warga binaannya melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan parit sepanjang jalan Ujung Bandar di kelurahan Ujung Bandar kecamatan Rantau Selatan kabupaten Labuhanbatu, Minggu kemarin (24/11/19) sekira pukul 08.00 Wib.

Kegiatan dimaksud bertujuan untuk merealisasikan fungsi pembinaan narapidana/ anak didik dengan melakukan bimbingan sosial/ kerohanian narapidana/ anak didik sebagaimana yang tertuang di tugas pokok dan fungsi lembaga pemasyarakatan.

Sedangkan untuk bimbingan kerohanian Lapas kls IIA Rantauprapat menjalankan program rutin kegiatan wirid yassin setiap malam Jum'at bagi warga binaan yang beragama muslim dan pengajian rutin warga binaan perempuan yang dilaksanakan di mesjid lapas Rantauprapat serta kegiatan kebaktian di Gereja Lapas bagi warga binaan yang beragama Kristen.


Kepada wartawan, Plt Kalapas IIA Rantauprapat menjelaskan, "Kegiatan bakti sosial gotong royong warga binaan lapas kls II A Rantauprapat berkerjasama dengan pemerintahan kelurahan Ujung Bandar sebagai bentuk sinergitas Lapas dan pemerintah setempat.

"Adapun kegiatan yang kita lakukan bergotong royong membersihkan parit dan jalan lingkungan lapas kelurahan Ujung Bandar, juga mengenalkan atau mengintegrasikan WBP dengan masyarakat dengan cara bersama- sama bergotong royong bahu membahu, sehingga masyarakat dapat mengenal WBP secara langsung, dan WBP merasa mereka dibutuhkan kehadirannya di tengah- tengah masyarakat, sehingga kelak setelah mereka bebas, masyarakat dapat menerima kehadiran mereka dan dapat hidup berdampingan dengan masyarakat luas dan ikut berperan aktif dalam pembangunan, artinya mantan narapidana dapat diterima kehadirannya ditengah masyarakat," katanya kepada wartawan.


Hal senada juga disampaikan kepala kelurahan Ujung Bandar, Yussarleni Pohan, Spd. MM. "Sinergitas pemerintah kelurahan dengan Lapas kls IIA Rantauprapat perihal kegiatan sosial gotong royong di lingkungan kelurahan Ujung Bandar ini, adalah langkah yang baik, di samping menciptakan lingkungan yang bersih juga dapat mengenalkan warga binaan dengan masyarakat agar warga binaan tersebut tidak canggung lagi untuk berinteraksi dengan masyarakat apabila mereka telah bebas nantinya", ujar Yussarleni.

Dalam hal ini, lanjutnya, kita sangat mengapresiasi langkah maju yang dibuat bapak Kalapas dengan mengabungkan warga binaan bergotong royong dengan masyarakat khususnya di kelurahan Ujung Bandar untuk membantu menciptakan lingkungan yang bersih sebagaimana perintah bapak Bupati Labuhanbatu, Jum'at bersih, Sabtu Hijau dan Minggu sehat.

"Kegiatan ini sangat positif dan tidak hanya sampai disini saja akan kita lakukan secara berkesinambungan, dan saya melihat warga binaan yang ikut bergotong royong sangat senang dan bahagia", ungkap Yussarlina.

Sementara itu Camat Rantau Selatan, H. Azhar Rambe, SE saat dikonfirmasi awak media melalui selulernya, Selasa pagi (26/11/19) mengatakan, "Kita sangat mengapresiasi kegiatan gotong royong warga binaan lapas kls IIA dengan masyarakat yang di lakukan Kalapas M. Taviv Pardede.

"Ini langkah maju dan sangat bermanfaat yang langsung dapat dirasakan masyarakat dengan kegiatan  membersihkan parit dan jalan di sepanjang jalan Ujung Bandar, dengan bersihnya parit tentunya dapat memperlancar saluran air sekaligus juga mengantisipasi banjir apalagi sekarang musim penghujan", tutur Camat.

"Harapan kita kegiatan ini menjadi motivasi bagi warga binaan yang ikut terlibat dalam kegiatan gotong royong tersebut, sehingga apabila mereka bebas nanti dapat segera berbaur dengan masyarakat dan tidak merasa canggung lagi", tambah Camat munutup komunikasinya.
Editor: Budi

T#g:LapasRANTAUPRAPAT
Berita Terkait
  • Selasa, 04 Agu 2020 19:44

    Kompol Pardamean Hutahaean Coffee Morning dengan Ka Rutan Kls 1 A Medan

    Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahaean SH SIK didampingi anggotanya Bripka W Tamba melakukan Silaturahmi dan koordinasi serta Coffee Morning terkait pelaksanaan kerja ke Rutan Kls 1 A Meda

  • Rabu, 01 Jul 2020 15:21

    Lapas IIA Rantauprapat Terapkan Protokol Kesehatan Saat Menerima 24 Tahanan Baru

    Lembaga pemasyarakatan kls IIA Rantauprapat yang berada di jalan Lobusona kelurahan Lobusona kecamatan Rantau Selatan menerapkan SOP porotokol kesehatan Covid-19 bagi 24 orang tahanan baru, Rabu (01/7

  • Minggu, 07 Jun 2020 10:57

    Twin Seafood & Resto Rantauprapat Sediakan Masakan Cepat dan Segar Memanjakan Lidah Penggila Kuliner

    Salah satu tempat tongkrongan yang asyik bagi keluarga dan remaja adalah Twin Seafood & Resto yang berada di jalan SM Raja simpang Mangga Bawah kelurahan Bakaranbatu kecamatan Rantau Selatan kabup

  • Sabtu, 06 Jun 2020 13:46

    Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP Martualesi Sitepu, Sikat Bandar Narkoba Mantan Residivis

    Sat Narkoba di bawah pimpinan AKP Martualesi Sitepu terus berupaya memberantas pelaku tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran narkotika di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

  • Kamis, 04 Jun 2020 14:44

    Puluhan Pegawai Lapas Tebing Tinggi Jalani Rapid Test

    Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemko Tebing Tinggi melakukan uji cepat pemeriksaan Rapid Test terhadap puluhan pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tebing Tinggi, Kamis (4/6/2020),

  • Minggu, 31 Mei 2020 21:01

    2 Tahanan Lapas Gunungsitoli kabur

    Trisman Boy's Daely (27) dan Harris Gulo (31), dua tahanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, kabur dengan memanjat tembok lapas, Minggu (31/5/2020

  • Senin, 27 Apr 2020 20:27

    Nazaruddin minta Gugus Tugas Covid-19 Labuhanbatu klarifikasi status almarhum anaknya

    Rasa penyesalan dan keresahan orang tua almarhum Ibnu Nasri Dalimunthe memuncak setelah mendapat kabar bahwa anaknya dinyatakan negatif Covid-19 oleh pihak RSUP H. Adam Malik Medan, via WhatsApp.

  • Kamis, 16 Apr 2020 18:46

    Kantor PN Rantau Prapat Ramai, Sempat Saling Dorong. Ini penyebabnya

    Pantauan media keramaian telah terjadi di PN Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu, yang mana warga yang datang adalah kebanyakan hendak mengurus Surat Tidak Pernah dijatuhi Hukum Pidana sebagai syara

  • Senin, 13 Apr 2020 21:03

    Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Sergai Titipkan Tahanan di RTP Polsek Jajaran

    Pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungannya, Polres Serdang Bedagai menitipkan para tahanan dari RTP Polres Serdang Bedagai ke RTP Polsek jajaran, Senin (13/04/2020).

  • Sabtu, 04 Apr 2020 19:34

    Bebas Karena Corona, 146 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Jember Dapat Bantuan Sembako Dari Bupati

    Dalam rangka mencegah potensi penularan Covid-19, Menteri Hukum dan HAM mengatur pelaksanaan pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asilimasi integrasi, termasuk narapidana warga binaan Lapas Kelas IIA Jember.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak