Kamis, 13 Des 2018 00:43
  • Home
  • Ragam
  • Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe Tekan Sirine Launching Aplikasi E-APBD (SIANDI) Kabupaten Labuhanbatu

Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe Tekan Sirine Launching Aplikasi E-APBD (SIANDI) Kabupaten Labuhanbatu

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 15 Nov 2018 18:55
Junaidi
Plt. Bupati Labuhanbatu saat menekan tombol menandai di-launching dan dibukanya workshop aplikasi e-APBD Kabupaten Labuhanbatu.
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu me-launching aplikasi E-APBD Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi (Siandi). Launching ditandai dengan penekanan sirine oleh Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT didampingi Setdakab Ahmad Muflih SH, MM, dan Wadir Polmed Ir. Berta Ginting MT, di Ruang Data dan Karya kantor Bupati setempat, Kamis (15/11/2018).

Andi Suhaimi Dalimunthe pada sambutannya mengharapkan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat berkontribusi positif pada acara ini, karena ini merupakan amanat yang sangat penting untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan secara menyeluruh untuk dapat mendorong percepatan aplikasi E-APBD. 

"Sebagaimana kita ketahui, peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2018 pasal 3 menyebutkan bahwa fokus strategi Nasional pencegahan korupsi adalah keuangan Negara, dengan sasaran proses perencanaan, penganggaran, dan kinerja birokrasi, selarah dengan hal tersebut, penerapan aplikasi E-APBD ini bertujuan untuk mencapai penetapan APBD tepat waktu, dan dapat dilaksanakan secara lebih cepat, efektif dan efisien," ujar Andi. 


Lebih lanjut Andi mengatakan, kegiatan launching ini merupakan langkah awal dari suatu proses yang berkesinambungan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik untuk pembangunan daerah di Kabupaten Labuhanbatu. Pemkab telah berkomitmen dengan Kementerian Dalam Negeri membangun Pusat Jejaring  Inovasi Daerah (Puja Indah) guna meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas pelayanan kepada Masyarakat. 

"Saya ingin setiap jajaran Pemkab memiliki komitmen untuk menjalankan tugas, amanah dalam mengelola Pemerintahan dan bekerja keras untuk mencapai yang ingin kita capai, termasuk pencapaian Inovative Goverment Awards (IGA) Tahun 2019, kita bersama-sama meneruskan reformasi birokrasi untuk Labuhanbatu yang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat," kata Plt Bupati. 

Sementara itu, perwakilan dari Politeknik Negeri Medan Wadir 4 Bidang Kerjasama Ir. Berta Ginting MT pada kesempatannya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab, karena telah melibatkan Polmed dalam hal penerapan E-Goverment di Labuhanbatu.

Menurutnya, ini bukan lagi hal yang asing bagi Polmed, karena sudah banyak Kota dan Kabupaten yang telah berkolaborasi dengan pihaknya.

"Berbagai aplikasi telah banyak dihasilkan oleh Polmed, akan tetapi aplikasi yang dihasilkan hanyalah sebuah alat, aplikasi tersebut tidak bermanfaat jika tidak digunakan, untuk itu sangat penting bagi kita untuk berkolaborasi. Kami mengucapkan selamat Kepada Pemkab Labuhanbatu yang pada hari ini telah melaunching Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi (Siandi)," ungkap Berta Ginting. 


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM melaporkan, manfaat penggunaan launching E-APBD ini guna membantu penyusunan perencanaan dan anggaran sesuai substansi dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan, aplikasi dibangun secara terintegrasi serta untuk meningkatkan efisiensi biaya pengembangan dan pengelolaan aplikasi.

Tujuannya adalah untuk menyusun APBD tepat waktu sesuai dokumen perencanaan dan memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh OPD terkait proses integrasi perencanaan dan penganggaran serta penyusunan APBD berbasis elektronik.

Lebih lanjut dijelaskan Hobol Zulkifli Rangkuti, pelaksanaan launching dan workshop E-APBD dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran untuk semua OPD dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 15 s/d 17 November 2018 bertempat di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu dengan peserta sebanyak 130 orang yang terdiri dari Kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu, Tim AD HOC Percepatan pengembangan aplikasi E-APBD di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu dan Kasubbag Program Organisasi Perangkat daerah.

Editor: Boraspati

T#g:aplikasiPolmede-APBDe APBD
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Nov 2018 08:04

    BKD Langkat Launching Aplikasi Berbasis Online "Simple Sikat"

    Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) me-launching Sistem Pelayanan Pensiun Langkat (SIMPEL SIKAT), bertempat di aula kantor BKD Langkat, Jumat, (23/11/20

  • Senin, 17 Sep 2018 08:17

    UMKM Sergai Gunakan Aplikasi 'Kekinian' Untuk Pembukuan Keuangan UMKM

    Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kabupaten Serdang Bedagai mulai masuk babak baru dalam menjalankan usaha. Usaha yang selama ini dilakukan secara konvensional dan hanya untuk membantu mencu

  • Minggu, 17 Sep 2017 12:17

    Berjasa pada Polmed, Tengku Erry Didoakan Kembali Memimpin Sumut

    Kehadiran Gubernur Sumut Tengku Erry di kampus Politeknik Negeri Medan (Polmed) Jalan Almamater No 1 Kampus USU Medan Sabtu (16/9/2017) pagi, disambut hangat oleh keluarga besar Politeknik Negeri Meda

  • Senin, 28 Agu 2017 19:48

    Protes Taksi Ilegal dan Online, Ratusan Supir Taksi Resmi Mogok di Bandara Kuala Namu

    Ratusan supir taksi resmi melakukan aksi mogok di Pool Taksi Bandara Kuala Namu pada Senin (28/8/2017).

  • Minggu, 21 Mei 2017 00:10

    Menristek Dikti & Gubsu Luncurkan SIPATEN

    Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meluncurkan aplikasi Sipaten (Sistem Informasi Kepangkatan Tenaga Dosen).

  • Selasa, 09 Mei 2017 10:59

    Keren, Kini alat untuk merekam pembicaraan di dalam mobil dijual bebas

    Sejumlah produk aksesoris mobil dijual di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran, 27 April-7 Mei 2017. Salah satunya adalah alarm pintar yang sudah terintegrasi dengan handphone.

  • Sabtu, 16 Apr 2016 05:50

    Pemkab Labuhanbatu dan BPKP Sumut Launching Aplikasi Simkeudes

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara, Rabu (13/4) pagi melakukan launching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Desa

  • Kamis, 28 Agu 2014 21:36

    Meipai : Aplikasi Photo dan Video

    Meipai adalah aplikasi pembuatan video lebih mudah dari sebelumnya. Aplikasi ini termasuk dalam Top 1 aplikasi gratis di semua kategori di 6 negara dengan lebih dari 20.000 lima bintang peringkat App

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak