Rabu, 22 Jan 2020 04:34
  • Home
  • Ragam
  • Pilkada Kota Medan 2020 Diharapkan Berlangsung Aman & Lancar

Pilkada Kota Medan 2020 Diharapkan Berlangsung Aman & Lancar

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 23 Okt 2019 05:23
Istimewa
Pemko Medan siap mendukung dan memfasilitasi seluruh komponen yang dibutuhkan terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan Tahun 2020 mendatang. Dukungan ini diberikan, guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang menganut azas langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) di Kota Medan sehingga berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian terungkap dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan di Medan Club, Jalan R.A Kartini Medan, Senin, (21/10).

Rapat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan ini bertujuan untuk menguatkan sinergitas serta soliditas dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pilkada bersama sejumlah stakeholder terkait.

Dukungan tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Medan Musadad Nasution ketika hadir dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan di Medan Club, Jalan R.A Kartini Medan, Senin (21/10).


Rapat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan ini, bertujuan menguatkan sinergitas serta soliditas dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pilkada bersama sejumlah stakeholder terkait.

Pemko Medan yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad Nasution mengatakan, Pemko Medan akan menjalankan tugas, fungsi dan perannya sesuai dengan kapasitas selaku penyelenggara pemerintahan.

Oleh karenanya, melalui rapat koordinasi ini, Musadad berharap seluruh stakeholder terkait dapat menyampaikan dan mencurahkan segala masukan dan gagasan yang dibutuhkan agar Pilkada Kota Medan tahun 2020 dapat berjalan lebih baik dari sebelumnya.

"Kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda dalam menyongsong gelaran Pilkada Kota Medan tahun depan. Kami sangat berharap, kontribusi, dedikasi dan loyalitas dapat kita berikan agar pada pelaksanaannya, Pilkada Kota Medan dapat berjalan dan berlangsung aman dan lancar. Untuk itu, dibutuhkan sinergitas dari kita semua," kata Musadad.

Di hadapan peserta rapat yang terdiri dari unsur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI-Polri, Kejaksaan Negeri (Kejari), perwakilan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Musadad menekankan bahwa hal terpenting yang harus dijaga adalah kekondusifan Kota Medan.

"Euforia Pilkada tidak lepas dari kehadiran masing-masing pendukung calon pasangan kepala daerah nantinya. Tidak jarang, beda pilihan menjadu faktor penyebab keributan. Untuk itu, kami harap semua pihak dapat ikut serta menciptakan dan menjaga kekondusifan di Kota Medan," pesannya didampingi Kaban Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap dan Kabag Tapem Ridho Nasution.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik dalam paparannya menyampaikan ada beberapa poin yang akan dibahas dalam rapat koordinasi tersebut diantaranya terkait pemutakhiran data pemilih, distribusi logistik, keamanan, sistem perekrutan petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara.

Sebab, bilang Agussyah sesuai jadwal Pilkada Kota Medan akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Untuk itu dibutuhkan sinkronisasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing stakeholder agar seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung lancar dan sukses serta potensi masalah yang mungkin terjadi dapat diantisipasi.

"Melalui rapat ini kami berharap, kita semua dapat merancang dan mempersiapkan Pilkada Kota Medan secara matang. Selain itu juga melakukan evaluasi agar setiap kekurangan dan kesalahan penyelenggaraan Pilkada yang akan datang dapat kita minimalisir dan benahi bersama. Untuk itu kami harapkan kerja samanya," ungkap Agussyah.

Selanjutnya, satu persatu peserta rapat diminta untuk menyampaikan ide, masukan, gagasan serta keluhan kepada KPU Kota Medan untuk kemudian dicari solusinya secara bersama-sama. Rapat yang dimulai pukul 15.00 WIB ini berjalan lancar dan interaktif. Ketua DPRD Kota Medan Hasyim juga turut hadir dalam kesempatan tersebut.
Editor: Herda

T#g:KPU MedanPilkada 2020
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Des 2019 21:15

    Antisipasi Konflik Pilkada 2020, Penyelenggara Harus Netral

    Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar mengajak seluruh stakeholder dan elemen masyarakat untuk bersama melawan ancaman Pilkada 2020. Hal itu diungkapkannya di Jakarta, Minggu (15/12/2019)."

  • Sabtu, 30 Nov 2019 07:00

    Dandim 0209/LB Hadiri Apel Danrem dan Dandim Terpusat TA 2019 di Mabesad

    Komandan Kodim 0209/LB Letkol Inf Santoso turut menghadiri acara Apel Danrem dan Dandim Terpusat TA 2019 yang diselenggarakan di Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta, Jumat (29/11/2019).Kegiatan

  • Rabu, 23 Okt 2019 16:33

    H. Ahmad Rizal Munthe serahkan berkas pendaftaran Cabup Partai Nasdem

    H. Ahmad Rizal Munthe beserta tim mendatangi Kantor DPD Partai Nasdem Kabupaten Labuhanbatu Utara yang  beralamat di Jalan Tanjung Sari, Lingkungan II Kel. Aek Kanopan, pada Rabu, (23/10/2019).Ke

  • Selasa, 01 Okt 2019 14:01

    KPU dan Bawaslu Tandatangani MoU Belanja Hibah dengan Pemkab Labuhanbatu

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tandatangani MoU dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu tentang Pelaksanaan dana hibah penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wak

  • Sabtu, 28 Sep 2019 15:18

    Tim Relawan H. Rizal Munthe Ambil Formulir Bakal Calon Bupati Labura

    Tim Relawan H. Rizal Munthe, SH dan HRC H. Rizal Center mendatangi Kantor DPD  Nasdem Labura di Jln. Tanjung Sari l  Aek Kanopan, untuk mengambil Formulir Pendaftaran Bakalan Calon Bupati La

  • Jumat, 27 Sep 2019 09:27

    Sekda Minta Penyusunan Anggaran Pilkada Dikaji Mendalam

    Sebanyak 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 23 September 2020. Ketersediaan anggaran menjadi salah satu faktor penentu keberhasi

  • Senin, 16 Sep 2019 20:06

    Masa Pendaftaran Balon Bupati/Wakil Bupati PDIP Sergai Berakhir, 5 dari 10 Pendaftar Kembalikan Formulir

    Para kandidat yang akan bertarung di pemilihan Bupati Serdang Bedagai pada periode 2020-2025 mendatang sudah mendaftarkan diri ke partai bermoncong putih, PDI Perjuangan.Diketahui Partai PDI-P membuka

  • Senin, 02 Sep 2019 20:12

    PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Balon Wali Kota Medan Pilkada 2020

    Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Medan membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) kepala daerah Pilkada serentak tahun 2020 Kota Medan. "Mulai tanggal 1 S

  • Rabu, 14 Agu 2019 19:44

    Segera Dilantik, KPU Medan Tetapkan 50 Nama Anggota DPRD Medan 2019-2024

    Pemilu legislatif 2019 sudah memasuki tahap akhir. Demikian dikatakan Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik saat membuka rapat pleno terbuka di Hotel Santika Medan, Rabu (14/8/2019)."Bila ka

  • Rabu, 14 Agu 2019 03:14

    Demokrasi dan Kepemimpinan Inteligensia

    Kita tentu kerap melihat para politisi yang ketika kampanye menyampaikan janjinya tampak berbusa- busa di atas panggung, namun faktanya mereka belum tentu bisa menepati janji kampanyenya jika menang d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak