Sabtu, 15 Mei 2021 08:22
  • Home
  • Ragam
  • Penutupan Rakor Pembinaan Kediklatan, Pentingnya Kompetensi SDM Sebagai Motor Penggerak Pembangunan

Penutupan Rakor Pembinaan Kediklatan, Pentingnya Kompetensi SDM Sebagai Motor Penggerak Pembangunan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Sabtu, 20 Mar 2021 01:20
Humas Pemprovsu
Peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan motor penggerak dari semua pekerjaan pembangunan oleh pemerintah. Karena itu kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), serta usia pemerintahan di satu daerah tidak menjamin adanya kemajuan dan kesejahteraan.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina pada penutupan acara Rakor Pembinaan Kediklatan Kabupaten/Kota, dan OPD Pemprov Sumut serta Forum Perangkat Daerah tahun 2021, di Kampus Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Jalan Ngalengko Nomor 1 Medan, Jumat (19/3).

BPSDM sebagai badan pengelola kediklatan, kata Sabrina, diharapkan terus membenahi diri agar siap melaksanakan Diklat kapan saja ketika dibutuhkan. Mengingat peranya sangat penting sebagaimana disampaikan Presiden RI Joko Widodo, untuk menjadikan SDM Indonesia unggul. Terutama bagi para ASN yang terlibat langsung dalam proses pembangunan dari hulu ke hilir.

"Kalau semuanya (ASN) diberikan Diklat, tentu penguatan kapasitas aparatur akan tercapai. Dengan kemampuan tersebut, target yang akan dikerjakan bisa diacapai. Untuk itu memang perlu penguatan SDM tadi," jelasnya.

Sebab, lanjut Sabrina, proses pengerjaan pembangunan memang merupakan faktor penting. Namun untuk menjaga agar pelaksanaannya berlangsung sesuai rencana, diperlukan SDM yang menjalankan, mulai dari perencanaan hingga bagian akhir pekerjaan.

"Selama ini kan SDM itu masih bagian lain, yang penting pengerjaan (pembangunan fisik). Semuanya penting, termasuk juga SDM-nya sebagai motor penggerak dari semua pekerjaan," kata Sabrina.

Begitu juga kepada pemerintah kabupaten/kota, kata Sabrina, untuk memberikan Diklat kepada para pejabat (ASN), bisa menjadikan BPSDM Sumut sebagai fasilitator. Karena khusus di Sumut, badan ini yang telah memiliki akreditasi sebagai pelaksana.

"Diklat tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi harus ada badan yang sudah diberi akreditasi melakukannya. Maka kepada kabupaten/kota, kita imbau supaya menyampaikan apa kebutuhan Diklat untuk pegawainya. Apakah itu administrasi atau teknis, bahkan mungkin Diklat fungsional," sebutnya.

Sementara, Kepala BPSDM Sumut Asren Nasution dalam paparannya menekankan bahwa satu negara atau daerah bisa maju, faktor utama di antaranya adalah kemampuan SDM. Termasuk usia pemerintahan atau lahirnya negara tersebut, pun bukan jaminan kemajuan.

"Bapak Gubernur sudah menyampaikan bahwa peningkatan SDM adalah sesuatu yang strategis dan penting. Makanya kita terus memperkuat kapasitas BPSDM Sumut sebagai pelaksana kediklatan di provinsi ini," jelasnya.

Sejumlah peserta Rakor dari kabupaten/kota se-Sumut pun menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Rakor ini. Mereka juga berharap sinkronisasi antara daerah dengan provinsi bisa tercapai sebagaimana diharapkan.

"Harapan kami semoga ASN di kabupaten kota bisa lebih baik, terutama SDM-nya ke depan lebih profesional dan bermartabat," kata Khardalin Sitorus, perwakilan Pemkab Labusel dan sejumlah daerah lain.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Rakor Pembinaan Kediklatan Kabupaten/Kota, dan OPD Pemprov Sumut serta Forum Perangkat Daerah tahun 2021 digelar sejak 17 Maret 2021 lalu dan dibuka Gubernur pada Kamis (18/3).
Editor: Tessa

T#g:Diklat
Berita Terkait
  • Jumat, 23 Apr 2021 13:23

    Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklat Polri Kunjungi Posko Satlak III Elang Latsitardanus

    Kalemdiklat Polri Komjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si bersama Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Malik, S.E kunjungi Posko Satuan Pelaksana III Elang Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) di Taman Cadika Pramuka Cadika, Lubu

  • Rabu, 21 Apr 2021 19:51

    Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel Kunjungi Kegiatan Akhir Latsitardanus di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, menghadiri acara kunjungan Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel SIK MSi, Rabu (21/4) Siang, di Yayasan Putra Anda, Jalan WR Mongonsidi, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota.

  • Rabu, 31 Mar 2021 22:31

    Ketum IKKT PWA Pimpin Penyerahan Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS IX Kodiklat TNI

    Ketua Umum Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (Ketum IKKT PWA) Ny. Nanny Hadi Tjahjanto memimpin acara penyerahan jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS IX Kodiklat TNI dan Serah Terima

  • Senin, 29 Mar 2021 21:49

    Kapoldasu Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi hadir dan membuka pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas, Senin (29/03/21) bertempat di Hotel Radisson Jalan H Adam Malik Medan.Tur

  • Jumat, 12 Mar 2021 19:12

    Kunjungan Kerja Kalemdiklat Polri di Setukpa Lemdiklat, Proses Pendidikan SIP TA 2021 Secara Tatap Muka

    Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi bersama Pejabat Utama Lemdiklat Polri dan Tim Supervisi Protokol Kesehatan Lemdiklat Polri yang dipimpin oleh Brigjen Pol Dra Y Sri Suar

  • Rabu, 13 Jan 2021 22:13

    Rakor Inventarisasi Penyelenggaraan Diklat ASN, Peningkatan Kompetensi Aparatur Disiapkan Satu Pintu

    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Inventarisasi Penyelenggaran Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Aparatur pada Organisasi Perangk

  • Selasa, 08 Des 2020 21:08

    Kodiklat TNI Selenggarakan Sinkronisasi Wargaming Jukgar Opsgab Utama TNI dan Jukgar Kampanye Militer

    Komandan Komando Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI Mayjen TNI DR. Sudirman, S.H., M.H., M.M. membuka secara resmi Sinkronisasi Lanjutan/Wargaming Petunjuk Penyelenggaraan (Jukgar) Operasi

  • Jumat, 04 Des 2020 23:04

    BPSDM Sumut Sudah Bisa Selenggarakan Diklat Penanggulangan Bencana

    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima Surat Keputusan (SK) Akreditasi Pendidikan Kilat Teknis Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulanga

  • Rabu, 21 Okt 2020 08:01

    Pabanlat Sdirum Kodiklatad Pimpin Rakor Rencana Off Road dan Baksos di Jember

    Didampingi Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Kolonel Inf M Yasin Perwira Pembantu Latihan (Pabanlat) Staf Direktur Umum (Sdirum) Komando Pendidikan dan Latihan  Angkatan Darat

  • Minggu, 11 Okt 2020 14:11

    108 Peserta Diklatsar Banser di Palas, Terbanyak Untuk Sumut

    Dengan jumlah sebanyak 108 peserta yang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) Angkatan I PAC GP Ansor Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) Kabupaten

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak