Senin, 03 Agu 2020 18:37
  • Home
  • Ragam
  • Pengalaman Wagub Sumut Minum Madu Asli Langsung dari Sarangnya

Pengalaman Wagub Sumut Minum Madu Asli Langsung dari Sarangnya

Simalungun (utamanews.com)
Oleh: Tony
Minggu, 02 Agu 2020 13:12
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut
Kali pertama mencicipi madu asli langsung dari sarang lebah, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah merasakan sensasi yang berbeda. Manisnya madu asli yang istimewa membuat wajah Wagub langsung semringah.

Pengalaman itu dirasakan Wagub Musa Rajekshah ketika berkunjung ke Galeri Lebah milik Badan Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sabtu (1/8). "Rasanya manis sekali, mantap. Biasanyakan hanya minum madu saja, ini sekalian juga sarang dan madunya dimakan, rasanya enak sekali," ungkap Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck mengapresiasi apa yang dilakukan BP2LHK, terkhusus dalam penangkaran madu ini. Apalagi, BP2LHK tidak hanya melakukan penangkaran di lokasi ini saja, namun juga membagikan ilmu dan pengetahuan ternak lebah kepada masyarakat. Sudah banyak kelompok ternak lebah binaan BP2LHK Aek Nauli yang tersebar di sebagian besar daerah di Sumut.

Ijeck melihat penangkaran madu ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Sebab, lebah ini tidak memerlukan perawatan yang banyak dan irit biaya. "Ini satu potensi lebah yang bisa dipelihara tanpa memberi makan, juga dengan perawatan yang rumit. Hanya kita membeli bibit di dalam kotaknya tapi diletakkan di areal yang cocok yang terdapat banyak makanan lebah," ujarnya.


Selain itu, hasil panennya juga tidak begitu lama. Sekitar satu bulan bisa panen dan hasilnya juga dijual dengan harga yang bagus. "Ini salah satu potensi bagi petani, peternak dan masyarakat kita untuk bisa membudidayakan lebah ternak seperti ini," ujar Ijeck.

Diakui Ijeck, madu memiliki potensi yang cukup besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dirinya melihat peluang agar Pemprov Sumut bisa bersinergi dengan BP2LHK Aek Nauli dalam pengembangan penangkaran lebah madu di daerah ini.

"Di Galeri Lebah yang dikelola oleh BP2LHK Aek Nauli ini, kalau memang nanti diziinkan bisa menjadi pusat pelatihan kelompok masyarakat yang ingin beternak lebah. Dengan melihat ini, pastinya kita, Pemerintah Provinsi akan menyusun program kalau memang ini baik dan juga bisa menyejahterakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, kita akan bersinergi dengan Kementerian LHK untuk menggelar pelatihan pemeliharaan lebah," ujar Ijeck.

Tidak sebatas penangkaran lebah, melihat lokasi BP2LHK Aek Nauli yang masih berada di Kawasan Danau Toba, Ijeck juga berharap, sinergitas dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga bisa ikut mendukung pariwisata Danau Toba.

"Saya melihat ini bukan hanya sebatas kerja sama kita dengan LHK. Karena saat ini Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata nasional, hal ini bisa juga mendukung pariwisata kita terkhusus Danau Toba. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga terdapat camping ground di sini, ada rusa, gajah, ada lebah, jadi ada banyak hal yang bisa menjadi pusat edukasi bagi anak-anak kita, bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumut. Mudah-mudahan hal ini bisa menjadi promosi tambahan, menjadi semangat menambah minat orang untuk datang ke wilayah Danau Toba," jelas Ijeck.


Senada dengan Ijeck, Yessy Arina selaku Kepada Sub Bagian Tata Usaha BP2LHK Aek Nauli juga mengatakan bahwa Danau Toba masuk ke dalam Prioritas Nasional BP2LHK dan program-program yang dijalankan ikut mendukung Danau Toba. "Dua tahun yang lalu, kita ada program Prinas atau Prioritas Nasional. Jadi itu semua kegiatan yang masuk ke dalam program Prioritas Nasional ini untuk mendukung Danau Toba," jelas Yessy.

Yessy menambahkan, BP2LHK Aek Nauli mengapresiasi kehadiran Wagub Sumut yang sudah berkunjung ke BP2LHK Aek Nauli. "Alhamdulilah, kami berterima kasih atas kunjungan Wakil Gubernur Sumut Bapak Musa Rajekshah. Terima kasih atas dukungannya untuk BP2LHK Aek Nauli, semoga keinginan untuk bersinergi bersama bisa segera terwujud," ujar Yessy.

Sebelumnya, kehadiran Ijeck langsung disambut Aam Hasanuddin, selaku Teknisi Litkayasa Penyelia BP2LHK Aek Nauli. Dengan memakai baju khusus berwarna putih, Ijeck kemudian diajak melihat proses pemindahan bibit lebah ke dalam sangkar atau kotak madu yang dipandu oleh Aam. Di kotak-kotak ini, lebah-lebah ini akan menghasilkan madu.

Aam juga menjelaskan secara detail kepada Wagub tentang proses demi proses bagaimana lebah-lebah menghasilkan madu. Tidak hanya mengembangkan penangkaran lebah madu, menurut Aam, BP2LHK juga membagikan ilmu dan pengetahuan ternak lebah kepada masyarakat.

"Hingga saat ini sudah banyak kelompok ternak lebah binaan BP2LHK Aek Nauli yang tersebar di sebagian besar daerah di Sumut. Ke depan diharapkan akan semakin banyak masyarakat mau berternak lebah," ujar Aam.

Turut hadir dalam kunjungan di antaranya Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan dan Komisaris PTPN IV Arief Budiono.

Editor: Herda

T#g: Danau TobaLebahIjeckmadu
Berita Terkait
  • Sabtu, 01 Agu 2020 18:01

    Wagub Sumut Takjub dengan Pemandangan Danau Toba dari Tigaras

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah takjub dengan keindahan pemandangan Danau Toba dari Tigaras. Salah satu kawasan pelabuhan yang ada di Danau Toba ini memiliki potensi alam

  • Rabu, 15 Jul 2020 09:15

    Wagub optimis pembangunan Sumut akan lebih baik ke depan

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi hasil kunjungan kerja (kunker) Tim DPRD Provinsi Sumut ke kabupaten/kota terkait Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD

  • Kamis, 09 Jul 2020 20:19

    Pemanfaatan Teknologi Dapat Mengefisienkan Anggaran

    Pemanfaatan teknologi dinilai efektif untuk melakukan efisiensi anggaran di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya di bidang pemerintahan, para pelaku usaha juga diharapkan dapat menerapkan pemanfaatan

  • Rabu, 10 Jun 2020 22:10

    Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, Wagub Harapkan Umat Bersabar dan Berdoa

    Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumatera Utara (Sumut) meminta masyarakat untuk tetap bersabar menyikapi keputusan pemerintah tentang ditiadakannya pelaksanaan ibadah haji tahun 2020. Apalag

  • Senin, 08 Jun 2020 20:08

    Wagubsu tinjau donor darah di Al Jam'iyatul Washliyah Sumut

    Stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan terus menurun sejak pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan berkurangnya keinginan dan minat masyarakat mendonorkan darah mereka. Stok darah PMI Medan

  • Jumat, 05 Jun 2020 06:55

    New Normal, Wagub: Intinya Disiplin Laksanakan Protokol Kesehatan

    Wagub Sumut Musa Rajekshah meminta masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19, terutama menjelang penerapan konsep New Normal (Kebiasaan Baru) yang saat ini

  • Jumat, 08 Mei 2020 07:08

    Bang Ijeck Ajak Milenial Bergerak Bantu Pemerintah Lawan Covid-19

    Wagub Sumut Musa Rajekshah mengajak milenial Sumut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Selain itu, dia juga berharap agar kaum milenial tergerak hatinya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di sekelilingnya.

  • Rabu, 06 Mei 2020 21:06

    Wagub Sumut Ajak PTS Ikut Serta Tangani Covid-19

    Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) di Sumatera Utara (Sumut) harus dilakukan secara komprehensif, tidak hanya ditangani oleh pemerintah, namun harus melibatkan seluruh elemen. Untuk itu, Wakil

  • Rabu, 22 Apr 2020 13:52

    Musa Rajekshah Serahkan Bantuan kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyerahkan bantuan paket bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Rabu (22/4), di Kantor Pemasaran Komplek Cemara As

  • Senin, 20 Apr 2020 15:00

    IPHI Sumut Bagikan 911 Paket Sembako dan Uang Tunai

    Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut memberikan paket bantuan bahan pokok dan uang tunai untuk masyarakat yang terdampak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak