Jumat, 14 Mei 2021 11:53
  • Home
  • Ragam
  • Pendataan Keluarga Serentak Nasional di Kota Binjai Dimulai Dari H Amir Hamzah

Pendataan Keluarga Serentak Nasional di Kota Binjai Dimulai Dari H Amir Hamzah

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Jumat, 02 Apr 2021 21:12
Istimewa
Plt Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, mengawali pencanangan pendataan Keluarga Serentak Nasional di Kota Binjai oleh petugas dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Binjai.

Kegiatan pendataan awal ini diadakan di rumah Plt Walikota, yang beralamat di Jalan Mesjid, Gang Amal Bakti No. 05 Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan, Kamis (1/4).

Turut hadir PKB Ahli Utama BKKBN Pusat Nofrizal SP. MA, Kabid Daldu Apin BKKBN Provinsi Sumut Dra Rabiatun Adewiyah beserta rombongan, Kepala BKKBN Kota Binjai Drg Lilik Rosdewati M. Kes dan sejumlah petugas pendataan.

Kepala BKKBN Kota Binjai Drg Lilik Rosdewati M. Kes, mengatakan, Pendataan keluarga dilakukan serentak setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.


"Pendataan Keluarga tahun 2021, menyediakan profil pasangan usia subur, keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia, dan aspek kesejahteraan keluarga by name by adress yang tidak tersedia secara lengkap pada sumber data manapun," ujarnya.

Lanjutnya, Pendataan Keluarga 2021 akan dilaksanakan pada 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 dan dilakukan oleh kader petugas pendata BKKBN yang sudah terlatih serta penyuluh Keluarga Berencana di seluruh Indonesia. Para petugas akan mengumpulkan data terkait dengan kependudukan, data Keluarga Berencana dan data tentang pembangunan keluarga.

Dalam hal ini, Plt Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, mengatakan, pendataan Keluarga tahun 2021 penting dilakukan untuk memotret dan mengenali keluarga Indonesia.

Selain itu, kata Amir Hamzah, pendataan juga dilakukan untuk mengetahui potensi dan kendala keluarga Indonesia dalam fungsi vital di bidang kesehatan, pendidikan, serta ekonomi.


"Saya sebagai Kepala Pemerintah yang juga sebagai warga, sangat mengapresiasi kegiataan pendataan keluarga 2021 ini. Untuk jadwal dan waktunya, mohon juga di sesuaikan, karena tidak semua masyarakat punya waktu yang sama," ujarnya.

Plt Walikota Binjai juga berpesan agar petugas benar benar bekerja semaksimal mungkin dengan secara cermat mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah.

Lebih lanjut dikatakan Drs H Amir Hamzah, pendataan ini dilakukan untuk validasi data sebagai dasar bagi Pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.  

"Menurut saya, masih terdapat data yang tumpang tindih dan dobel data yang pada akhirnya hal tersebut menyebabkan ketidakakuratan data, validitas dan relevansi yang ada menjadi berkurang," kata Amir Hamzah.


"Ayo sambut petugas pendata yang akan datang ke rumah anda dengan senyuman yang ramah. Berikan data yang benar, akurat dan jelas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," sambung Amir Hamzah. 

Sementara itu, PKB Ahli Utama BKKBN Pusat, Nofrizal SP. MA, mengatakan, pendataan keluarga 2021 serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan diawali dari pimpinan daerah.

"Binjai mendapatkan komitmen yang kuat dari Pak Wali dan Ibu Wali tentang suksesnya pendataan keluarga 2021. Karena pendataan ini bisa menjadi penanggulangan percepatan dan penanganan stanting," ungkapnya.  

Lebih lanjut dikatakan Nofrizal, Pendataan Keluarga Tahun 2021 dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia kepada seluruh keluarga Indonesia yang berjumlah kurang lebih 77,9 juta Kepala Keluarga. Petugas Pendataan Keluarga tahun 2021 terdiri dari Pemerintah dan masyarakat, yakni Petugas Lini Lapangan KB dari BKKBN dan Kader Keluarga Berencana, yang secara nasional terdiri dari: 7.230 Manajer Pengelolaan PK Tk Kecamatan, 7.230 Manajer Data, 83.441 Supervisor Tk Desa, dan 1,2 juta petugas kader pendata.
Editor: Herda

T#g:BKKBNbinjai
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 20:32

    AKBP Romadhoni Sutardjo Pimpin Apel Pengamanan Malam Takbiran di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, memimpin apel pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H di wilayah hukum Polres Binjai, Rabu (12/5) sore, dimulai Pukul 16.00 Wib sampai selesai.

  • Senin, 10 Mei 2021 16:20

    Walikota Binjai dan Stakeholder Terkait Putuskan Tidak Ada Sholat idul Fitri di Lapangan Merdeka

    Akhirnya, Pemerintah Kota Binjai tidak akan menggelar sholat Idul Fitri 1422 Hijriyah, di Lapangan Merdeka Binjai.

  • Minggu, 09 Mei 2021 16:09

    Asia King's Mart Binjai Disinyalir Kangkangi Surat Edaran Walikota

    Guna meoptimalkan Posko penanganan Corona Virus Disease 2019 serta pengendalian penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Binjai, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, mengeluarkan Surat Edaran tentang

  • Minggu, 09 Mei 2021 14:29

    PWI Binjai Terima Bingkisan Lebaran Dari PWI Sumut

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, menyalurkan paket lebaran ke PWI perwakilan Kabupaten/Kota.

  • Sabtu, 08 Mei 2021 16:28

    Danyon Arhanud Letkol (Arh) Rendra isi jam komandan pada calon Satgas Pamrahwan Maluku

    Batalyon Arhanud 11/WBY menyelenggarakan jam komandan, yang dipimpin langsung oleh Letkol (Arh) Rendra Febrandari Suparman S.I.P, serta diikuti oleh seluruh prajurit Yonarhanud, tepatnya di garasi beratap Batalyon, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur,

  • Jumat, 07 Mei 2021 22:37

    Kompol Bernhard Malau Pimpin Pemberian Tali Asih di Masjid Al- Ikhlas, Brimob Binjai

    Bulan suci ramadhan merupakan Bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi kita untuk saling berbagi serta mendapatkan pundi- pundi amal/pahala yang berlipat ganda.

  • Kamis, 06 Mei 2021 21:46

    Warga sepanjang jalan Letnan Umar Baki, Binjai, bertahun-tahun menghirup debu akibat jalan rusak

    Sudah beberapa tahun ini, warga yang berada di sepanjang Jalan Letnan Umar Baki, tepatnya yang berada di Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, sulit untuk menghirup udara segar.

  • Selasa, 04 Mei 2021 14:24

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Cek Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melaksanakan pengecekan persediaan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai yang beralamat di Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (4/5).

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:24

    Buka Bersama, Ijeck Minta Berantas Narkoba Di Binjai

    Kota Binjai merupakan nomor urut ke 2 peredaran Narkoba di Sumatera Utara. Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, agar bersama sama memerangi narkoba di Kota ini.

  • Senin, 03 Mei 2021 22:53

    Rizky Yunanda Sitepu Terima Surat Persetujuan Golkar Sebagai Wakil Walikota Binjai

    Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan tentang persetujuan dan penetapan Calon Wakil Walikota Binjai yang ditujukan kepada H Rizky Yunanda Sitepu STP, yang saa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak